nurfitriani alfaini

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Terciptanya manusia dari tanah

Kita pasti pernah mendengar bahwa manusia pertama yang Allah ciptakan yaitu nabi Adam.

Mengulas buku tentang Penciptaan Manusia menurut perspektif Al Qur'an dan sains.

Setelah menciptakan langit,bumi dan malaikat. Allah hendak menciptakan makhluk lain yang akan dipercaya untuk menghuni dan memelihara bumi ini.

Allah merencanakan penciptaan manusia ini kepada malaikat. Namun malaikat malah khawatir bahwa manusia ini akan mengekang,menghkianati amanah dan membuat kerusakan di bumi. Tapi hanya Allah maha kuasa atas segala sesuatu.

Lalu Allah menciptakan nabi Adam dari tanah liat. Banyak didalam Al Qur'an disebutkan bahwa manusia diciptakan oleh Allah dari tanah liat.

Salah satunya terdapat di surah Al-hijr ayat 26

وَلَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ مِنْ صَلْصَالٍ مِنْ حَمَإٍ مَسْنُونٍ

"Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia (Adam) dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk."

Setelah Allah menciptakan manusia pertama yaitu nabi adam. Allah sudah mengajarkan nama-nama benda yang ada di alam semesta kepada nabi adam.

Kita pernah berfikir kenapa bangku dinamakannya bangku bukan yang lain gitu?

Kenapa batu dinamakannya batu, kenapa gitu?

Kenapa manusia bisa tahu nama-nama benda?

Ternyata Allah sudah mengajarkan nabi Adam nama-nama benda tersebut.

Kemudian Allah memperlihatkan alam semesta kepada nabi Adam dan malaikat dan keduanya disuruh menyebutkan nama-nama benda tersebut. Para malaikat tidak sanggup menjawab nama-nama benda tersebut hanya nabi adam-lah yang sanggup.

Terdapat didalam surah Al-Baqarah ayat 31-33

وَعَلَّمَ ءَادَمَ الأَسْمَآءَ كُلَّهَا ثُمَّ عَرَضَهُمْ عَلَى الْمَلاَئِكَةِ فَقَالَ أَنبِئُونِي بِأَسْمَآءِ هَؤُلآءِ إِن كُنتُم صَادِقِينَ {31} قَالُوا سُبْحَانَكَ لاَ عِلْمَ لَنَآ إِلاَّ مَا عَلَّمْتَنَا إِنَّكَ أَنتَ الْعَلِيمُ الْحَكِيمُ {32} قَالَ يَآءَادَمُ أَنبِئْهُم بِأَسْمَآئِهِمْ فَلَمَّآ أَنبَأَهُمْ بِأَسْمَآئِهِمْ قَالَ أَلَمْ أَقُل لَّكُمْ إِنِّي أَعْلَمُ غَيْبَ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ وَأَعْلَمُ مَا تُبْدُونَ وَمَا كُنتُمْ تَكْتُمُونَ{33}

“Dan Dia mengajarkan kepada Adam nama-nama (benda-benda) seluruhnya, kemudian mengemukakannya kepada para Malaikat lalu berfirman:”Sebutkanlah kepada-Ku nama benda-benda itu jika memang kamu orang yang benar!”, [31] Mereka menjawab:”Maha Suci Engkau, tidak ada yang kami ketahui selain apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami; sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana. [32] Allah berfirman:”Hai Adam, beritahukan kepada mereka nama-nama benda ini”. Maka setelah diberitahukannya nama-nama benda itu, Allah berfirman:”Bukankah sudah Kukatakan kepadamu, bahwa sesungguhnya Aku mengetahui rahasia langit dan bumi dan mengetahui apa yang kamu lahirkan dan apa yang kamu sembunyikan [33]”.

Ada yang mengganjal dari peristiwa tersebut yaitu kenapa malaikat tidak sanggup menjawab perintah Allah dengan menyebutkan nama-nama benda tersebut sedangkan nabi Adam sanggup?

Karena manusia(Adam) terbuat dari tanah. Tanah mengandung banyak atom dan unsur metal atau logam maupun metalloid atau seperti logam yang sangat diperlukan sebagai katalis dalam proses reaksi kimia maupun biokimiawi untuk membentuk molekul-molekul organik yang lebih kompleks.

Unsur-unsur yang ada didalam tanah antara lain besi,tembaga,kobalt,mangan. Dan disamping itu juga ada unsur karbon,hidrogen,nitrogen,fosfor dan juga oksigen. Semua unsur metal maupun metalloid ini berperan sebagai katalis dalam proses biokimiawi untuk membentuk molekul yang lebih kompleks seperti ureum,asam amino atau bahkan nukleotida. Molekul-molekul tersebut disebut dengan molekul organik yang mendukung suatu proses kehidupan. Otak manusia juga terbuat dari unsur tersebut yang berfungsi menyimpan,menerima dan menangkap segala informasi.

Nyatanya manusia yang Allah ciptakan dari tanah tersebut memiliki keutamaan melebihi makhluk bumi yang lain. Yaitu menyimpan memori yang telah diajarkan oleh Allah.

Lalu kenapa nabi Adam dan Siti hawa diturunkan oleh Allah dari surga ke bumi?

Karena manusia ( Adam dan Hawa) terbuat dari tanah maka akan dikembalikan pula ke tanah.

SesungguhnyaAllah telah mengatur segala sesuatu yang ada di alam semesta ini.

Subhanallah !

Allahuakbar !

Semoga bermanfaat :)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Paparan yang mantaps. Sukses selalu dan barakallahu fiik

08 Oct
Balas

Mantap

08 Oct
Balas



search

New Post