Nur Handayani

Guru BK SMA Negeri 9 Yogyakarta...

Selengkapnya
Navigasi Web

ANJAY 2020

#TantanganMenulisGurusiana Hari Ke-228

“Anjay”, kata yang sedang viral di twitter. Hal ini karena larangan menggunakan kata “anjay” dalam perbincangan di media sosial oleh KPAI. Alasan KPAI adalah penggunaan kata “anjay” harus dilihat dari berbagai sudut pandang, tempat, dan makna.

“Anjay” bisa diartikan dengan istilah dari nama salah satu binatang. Menurut KPAI kata “anjay” akan bermasalah apabila digunakan sebagai kata pengganti ucapan salut dan bermakna kagum atas suatu peristiwa, seperti memuji suatu karya atau peristiwa. Kemudian pihak yang menerima ucapan merasa tersinggung, sakit hati, atau dirugikan. Istilah yang juga biasa digunakan adalah keren, kemudian diganti dengan “anjay”, maka dianggap sebagai sebutan untuk merendahkan martabat seseorang.

“Anjay” menurut KPAI merupakan salah satu bentuk kekerasan verbal dan dapat dilaporkan sebagai tindak pidana. Alangkah indahnya akhlak dalam berkomentar di media sosial dikedepankan. Misalnya Ketika menyaksikan keindahan/kebaikan digantikan dengan kata Alhamdulillah, Subhanallah atau keren. Sehingga yang membacanya pun merasa suka dan senang.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Artikel yg upto date dan informatif. Terima kasih bu pencerahan via tulisan ini

01 Sep
Balas

Inggih.. Sami2 pak Warsono

01 Sep

Uptodate Bun,Anak2 muda zaman now yg sering menyebutnya. Alangkah indahnya tuntunan islam dlm berbahasaMantap Bu..

01 Sep
Balas

Inggih.. Betul.. Agama memang tuntunan terbaik

01 Sep

wow...bahasa yg dinamis..gimana dgn lebay, jablay, kokay, dan lebay? ..ulasan yg apik

02 Sep
Balas

Betul Bu

01 Sep
Balas

Maturnuwun bunda

01 Sep

Siapa yang pertama kali menggunakan kata Anjay bu? Keren kok diganti Anjay?

01 Sep
Balas



search

New Post