Nur Handayani

Guru BK SMA Negeri 9 Yogyakarta...

Selengkapnya
Navigasi Web

BILA TWIST TAK SESUAI HARAPAN

#TantanganMenulisGurusiana Hari Ke-220

Membaca pentigraf, cerpen, menonton video pendek, atau film akan kita temui twist dari akhir cerita atau ending yang dibuat oleh penulisnya. Ketika menonton film apabila memiliki akhir atau ending ‘tak biasa’, maka akan membuat film atau buku itu memiliki kesan yang mendalam buat para penontonnya atau pembacanya.

Kadang twist atau ending ceritanya bahagia, tapi bisa juga membuat dada menjadi sesak, ada juga ending yang sedih yang mengakibatkan penonton terkuras air matanya, dan sebagainya. Nah, sekiranya twist dari yang kita baca atau kita tonton tidak sesuai dengan harapan pembaca atau penonton. Maka bisa mengaduk-aduk perasaan pembacanya atau penontonnya. Namun kadang-kadang penulis atau sutradara/penulis skenario justru menginginkan hal tersebut.

Film pendek yang pernah saya tonton dan sedang virak di media sosial adalah film “TILIK”. Sebuah film berbahasa Jawa dengan pengambilan gambar selama perjalanan dari desa di Kabupaten Bantul menuju Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gamping Sleman.

Cerita ini diambil dari kehidupan sehari-hari para emak di desa atau di kota, yaitu obrolan yang berkaitan dengan media sosial dan hoaks. Film ini menggambarkan perjalan sekumpulan emak-emak dari desa di Kabupaten Bantul yang akan menjenguk Bu Lurahnya di rumah sakit dengan menggunakan alat transportasi truk. Terdapat berbagai dialog yang cukup seru antar ibu-ibu penumpang truk pasir. Khususnya karakter bu Tejo yang ditampilkan perempuan penyuka ghibah. Celoteh bu Tejo terlihat memorable dengan mimik yang memeable. Dipadukan karakter Yu Ning yang sangat hati-hati dalam menanggapi berita di medsos supaya tidak terjebak hoaks.

Twist dalam film pendek ini adalah kenyataan bahwa tokoh Dian yang menjadi bahan gunjingan adalah bukan kekasih anak dari bu Lurah, tetapi kekasih gelap bapaknya alias suami bu Lurah. Wah.. kecewa saya, ternyata tokoh bu Tejo yang agak negatif karakternya ada yang membenarkannya. Artinya tokoh Dian memang benar perempuan yang gak benar. Tapi mengapa harus menjadi kekasih gelap suami bu Lurah yang baik hati ? Bikin kecewa, tanya saja pada pengarangnya atau rumput yang bergoyang.

Film pendek ini dapat disaksikan pada link: https://m.youtube.com/watch?v=GAyvgz8_zV8

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kayaknya saya juga pernah nonton TILIK itu he..he., yaah endingnya terserah sutradara bu he..he..

21 Aug
Balas

Ulasan yg apiik,Bu. Ending kadang diserahkan pemirsanya. Salam sukses,Bu.

22 Aug
Balas



search

New Post