Nur Handayani

Guru BK SMA Negeri 9 Yogyakarta...

Selengkapnya
Navigasi Web

DESA POLITAN

#TantanganMenulisGurusiana Hari Ke-232

Jomboran, sebuah desa di Klaten, Jawa Tengah. Desa yang menjadi sentra pertanian padi dan lumbung padi di Kabupaten Klaten. Sehamparan mata memandang adalah persawahan padi yang menghijau dan ada juga yang barusan dipanen.

Tahun 2017 diresmikan sebagai desa politan oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo. Politan (polis) yang berarti kota. Desa politan memiliki makna bahwa desa tersebut berbatasan dengan kota, dalam hal ini kota Klaten. Desapolitan itu diinisiasi oleh Universitas Gadjah Mada, bekerja sama dengan masyarakat Desapolitan Jomboran-Krakitan-Jimbung Klaten, Pemerintah Kabupaten Klaten, Konsorsium Perguruan Tinggi Desa (Pertides), dan Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Mata pencaharian penduduk desa politan , kebanyakan berprofesi sebagai petani dan juga penangkap ikan belut yang banyak terdapat di persawahan. Pagi sampai sore hari waktu yang tepat untuk memanjakan mata melihat hamparan persawahan. Anak-anak yang bermain layangan, mengikuti pusaran angin. Seakan-akan ikut terbang bersama angin. Seperti hati ini yang sudah terbang tiada henti mencari hidayahNya, ridhaNya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Pernah aku ke Jomboran. Yg ada Kafe Tengah Sawah ya bu? Bagus tulisannya bu. Informatif

07 Sep
Balas

Mksih ilmunya say cantiikkkk... Wah sempat salah fokus dg kata metropolitan. Ternyata beda yaa...

07 Sep
Balas

Mantap bun. Sukses selalu

01 Oct
Balas

Quote: Mari kita saling membaca tulisan sahabat literasi kita. Sukses selalu.

07 Sep
Balas

Siap pak. Maturnuwun

07 Sep



search

New Post