Nur Handayani

Guru BK SMA Negeri 9 Yogyakarta...

Selengkapnya
Navigasi Web

HIDAYAH

#TantanganMenulisGurusianan Hari Ke-231

Hidayah, bak nama gadis cantik yang solehah. Berhijab dan santun dalam berkata-kata. Ayah bundanya memberinya nama Hidayah berharap putrinya kan selalu mendapat petunjuk Allah di jalan yang lurus.

'Hidayah' dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah petunjuk atau bimbingan dari Tuhan: Hidayah memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga hidayah dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Asal kata hidayah adalah hadaa, yahdii, hadyan, hudan, hidyatan, hidaayatan. Khusus yang terakhir, kata hidaayatan kalau wakaf (berhenti) di baca : Hidayah, nyaris seperti ucapan bahasa Indonesia. Hidayah secara bahasa berarti petunjuk. Lawan katanya adalah : “Dholalah” yang berarti “kesesatan”. Secara istilah (terminologi), Hidayah ialah penjelasan dan petunjuk jalan yang akan menyampaikan kepada tujuan sehingga meraih kemenangan di sisi Allah.

Hidayah adalah hak perogratif Allah, karena Allah memberikannya kepada siapa saja yang Dia kehendaki. Akan tetapi, tidak berarti bahwa kita pasif dan berpangku tangan menunggu datangnya hidayah. Betapa banyak kisah kesabaran manusia dalam mempertahankan hidayah, karena mereka mengetahui mahalnya nilai hidayah dan besarnya keutamaan orang-orang yang istiqamah di atas hidayah.

Mari berdoa.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren ceritanya bun

04 Sep
Balas

Maturnuwun bunda

06 Sep

Mantap..hidayah..nama sesuai harapan orangtuanya...salam

05 Sep
Balas

Inngih.. aamiin

06 Sep

kakak iparku namanya Hidayati, nama panggilannya Ida. Kakakku dapat hidayah yang cantik he he... Biasanya Hidayah bergandengan dengan Taufik. Jadi besok bu Handa jelaskan tentang Taufik.

05 Sep
Balas

Woo.. iya to.. ok.. insyaAllah sy coba.

06 Sep



search

New Post