Nurhasanah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Tantangan H17-H365, Dramatis

Tantangan H17-H365, Dramatis

8 Juli 2021

Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris

Kata melodramatic dipakai dalam artian melebih-lebihkan suatu fakta sehingga terkesan lebih heboh dan dahsyat.

Kebanyakan orang lebih condong menggunakan kata dramatic untuk mengungkapkan makna dramatis.

Sebenarnya adakah perbedaan antara dramatic dan melodramatic?

Dramatic berasal dari kata drama atau lakon sandiwara, sedangkan melodramatic diambil dari kata melodrama, yaitu sejenis lakon yang romantis dan sensasional Melodrama adalah sandiwara yang diselingi nyanyian dan musik orkestra. Hal ini dimaksudkan untuk memperkuat dialog dan membangun suasana yang lebih dramatis dan spektakuler.

Kesimpulan

Dramatik= bersifat drama

Drama adalah lakon, dimana semua orang sedang pura-pura menjadi pribadi yang lain. Artinya sebuah drama sedikit banyak akan menjauhi realita.

Ciri khas dramatik adalah :

1. Tiba-tiba dan mengagetkan, dalam konteks membuat orang-orang tercengang seperti ketika menonton drama yang seru dan mendebarkan.

Contoh : Peningkatan yang dramatis ( a dramatic increase)

Penurunan yang dramatis ( a dramatic fall )

Perubahan yang dramatis ( a dramatic change)

2. Menggegerkan, dalam artian heboh, gegap gempita, dan penuh sensasi. Hal yang dramatic biasanya selalu mengundang decak kagum dan menarik perhatian.

Contoh : kemenangan yang dramatis ( a dramatic victory)

3. Berlebihan, sehingga terkesan menjauh dari kenyataan atau realita

Contoh : Jangan terlalu berlebihan, dong (don’t be so dramatic)

Rafaelle merentangkan lengannya dengan penuh lagak

(Rafaelle flung out his arms in a dramatic gesture)

Melodramatic= bersifat melodrama

Melodrama adalah lakon yang romantis dan spektakuler, yang saat ini diidentikkan dengan opera sabun atau telenovela, drama serial yang mengumbar emosi dan sensasi. Singkatnya melodrama adalah versi dramatis dari lakon sandiwara atau drama.

Ciri khas melodramatik

1. Spektakuler dan sensasional, sifatnya menebar sensasi dan kegemparan. Sesuatu yang melodramatik, memang dimaksudkan untuk menjadi pusat perhatian, maka itu selalu dilakukan dengan lagak yang berlebihan.

Contoh : kisah yang dramatis dan sensasional mengenai tiga hari bersama para pembajak ( A melodramatic account of three perilous days spent among the pirates)

2. Mengumbar emosi dan menjual romantisme, umumnya mencari perhatian dengan mengumbar emosi dan mempermainkan perasaan.

Contoh : plot dramatis yang dipenuhi intrik dan kisah pembunuhan (a melodramatic plot full of deceit and murder)

3. Berlebihan, biasanyaorang menyukai melodrama karena ia menyajikan versi dramatis dari sebuah peristiwa sederhana. Bila sifat dramatic sudah menjauh dari realita, maka melodramatic lebih mengawang dan menjauhi dunia nyata.

Contoh : apakah kau tidak merasa agak berlebihan? (don’t you think you are being rather melodramatic?)

Ia menghempaskan tubuhnya dengan lagak lelah yang dibuat-buat. (he’d flung himself in a pose of melodramatic exhaustion.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terimakasih Admin

09 Jul
Balas



search

New Post