Nurhasanah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Tantangan H9-H365, Blabbermouth

Tantangan H9-H365, Blabbermouth

30 Juni 2021

Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris

Ember adalah perabot rumah tangga yang memiliki mulut atau bukaan yang lebar. Tetapi mulut ember tidak menunjuk pada orang yang pongah atau bermulut besar, melainkan orang yang gemar membocorkan rahasia orang lain. Orang yang layak dijuluki mulut ember adalah mereka yang terlalu gemar berceloteh sehingga sering keceplosan dan salah bicara. Sesuai dengan nama julukannya, mulut orang-orang ini terlalu lebar sehingga sulit untuk ditutup rapat, artinya mulut tersebut tidak dapat dipercaya untuk memegang rahasia apapun.

Dalam bahasa Inggris, julukan mulut ember ini disebut blabbermouth (blabber+mouth). To blabber berarti berceloteh tak karuan sehingga membuat orang-orang merasa sebal dan jengkel, sedangkan mouth adalah mulut. To blabber berasal dari bahas Jerman Hulu Kuno blabbizon atau to babble yang artinya berceloteh. Kata babble ini mengandung kata babe yang artinya bayi. Orang-orang yang banyak bicara diumpamakan seperti bayi yang berceloteh karena omongannya tidak jelas dan tak bermakna. Kesimpulannya blabbermouth adalah mulut yang gemar berceloteh dan mengumbar cerita, yang tentu saja cerita yang paling menarik untuk diceritakan adalah gosip dan rahasia pribadi orang lain.

Selain blabbermouth, beberapa kosakata bahasa inggris yang menggambarkan sifat si mulut ember adalah:

Talebearer/taleteller, gossip, si pembawa atau pengusung cerita yang suka menyebarkan gosip ataupun menceritakan rahasia pribadi orang lain.

Gossiper/gossipmonger, adalah si tukang gosip yang suka menggunjing urusan pribadi orang lain, kadangkala tidak jarang memuat hal-hal yang bersifat rahasia.

Chatterbox, adalah julukan bagi orang yang ceriwis. Orang yang dijuluki chatterbox terkesan bodoh dan menyebalkan, karena bahan obrolannya hanya berkisar pada hal-hal sepele. Selain gemar berlama-lama dalam mengobrol, kalimat yang diucapkan pun selalu melantur dan bertele-tele. Kata chatterbox juga bisa diartikan membawa kesan sifat kekanakan, dimana biasanya orang seperti ini menandakan keadaan jiwa yang belum matang.

Chatterer, adalah ocehan yang sebenarnya ditujukan bagi bangsa burung, burung atau unggas seringkali mencerocos ataru meleter, persis seperti bunyi ocehan yang tak bermana.

Contoh dalam kalimat

1. My six-year-old daughter is a real little chatterbox

(Putriku yang berusia enam tahun benar-benar sangat ceriwis)

2. Chattering like a flock of birds

(Mencerocos seperti sekawanan burung)

3. I think that she is a blabbermouth

(Aku pikir dia adalah si mulut ember)

4. Why do you tell me that my sister is a gossipmonger?

(Mengapa kamu mengatakan padaku bahsa saudara perempuanku adalah si mulut ember)

Sumber : “How Do you say it in english/Silvia/Kompas Gramedia

Gambar diambli dari vianews.wordpress.com

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

terimakasih Admin

30 Jun
Balas



search

New Post