Nurhasanah

Nurhasanah adalah seorang guru di SDN Grogolbeningsari, Kec. Petanahan. Kelahiran Kebumen, 20 Februari 1978. Masa kecil hingga SMA dihabiskan di Tembilahan, Ind...

Selengkapnya
Navigasi Web
Menumbuhkan Budaya Positif Kebersihan Lingkungan di Sekolah

Menumbuhkan Budaya Positif Kebersihan Lingkungan di Sekolah

Rancangan Tindakan Aksi Nyata Budaya Positif

Menumbuhkan Budaya Positif Kebersihan Lingkungan di Sekolah

Oleh: Nurhasanah

A. Latar Belakang

Budaya positif adalah keyakinan dan nilai yang disepakati yang menjadi kebiasaan bersama yang akan dilakukan dalam waktu lama. Menerapkan budaya positif dapat meningkatkan kesadaran siswa dalam membentuk karakter positif pula. Budaya positif dapat dibuat melalui kesepakatan antara guru dan murid agar murid merasa terlibat dan bertanggungjawab dalam menjalankan disiplin tersebut.

Salah satu budaya positif yang harus ditumbuhkan adalah kebersihan lingkungan sekolah. Murid-murid harus diberikan wawasan untuk selalu menjaga kebersihan diri baik di rumah maupun di sekolah. Kebersihan lingkungan kelas dan sekolah adalah bagian dari kesepakatan kelas, karena ini merupakan salah satu budaya positif yang harus dijalankan dan ditingkatkan.

B. Tujuan Aksi Nyata

Tujuan dari aksi nyata ini adalah untuk:

1. Menciptakan lingkungan kelas dan sekolah yang bersih, indah, rapi, dan sehat.

2. Agar seluruh warga sekolah mencintai lingkungan yang bersih dan indah, sehingga menciptakan suasana sekolah yang sehat dan menyenangkan.

3. Melatih kedisiplinan dan tangung jawab untuk senantiasa melakukan budaya positif sesuai kesepakatan kelas.

C. Tolak Ukur

Indikator pelaksanaan budaya positif kebersihan lingkungan ini telah berjalan dengan baik, yaitu

1. Lingkungan kelas selalu bersih dan rapi

2. Murid menjalankan kesepakatan kelas dengan ikhlas dan bertanggung jawab.

3. Setiap hari melaksanakan piket kelas secara bergiliran

4. Murid mengikuti kerja bakti “Jumat Bersih” bersama warga sekolah.

5. Terjalin komunikasi yang baik antara guru, murid, pedagang kantin, dan seluruh warga sekolah.

D. Linimasa Tindakan yang Dilakukan

A. Perencanaan ( MInggu pertama bulan November 2022)

1. Membuat perencanaan aksi nyata budaya positif “Kebersihan Lingkungan Sekolah” melalui penyusunan kesepakatan kelas.

2. Melakukan sosialisasi rencana aksi nyata kepada Kepala Sekolah, rekan sejawat, wali murid, dan murid kelas VI SDN 1 Banjarwinangun tahun pelajaran 2022/2023

3. Melakukan survei tentang piket kebersihan kelas.

4. Pemberian tugas tentang pembiasaan kebersihan di rumah yang diawasi oleh orangtua.

B. Tindakan Aksi Nyata (Minggu kedua bulan November 2022)

1. Melakukan musyawarah untuk membuat kesepakatan kelas sebagai langkah awal dalam membangun budaya positif di sekolah

2. Guru mengunduh dan menganalisa hasil survei kelas

3. Guru membuat poster kesepakatan kelas.

4. Guru membagikan poster kesepakatan kelas melauli grup WhatsApp untuk kembali disepakati bersama orangtua murid.

5. Guru membuat poster tentang kebersihan lingkungan kelas dan sekolah

6. Guru dan murid berkomitmen untuk melaksanakan kesepakatan bersama.

C. Kegiatan Akhir (Minggu ketiga November 2022)

1. Melakukan evaluasi dan refleksi kegiatan (kegagalan, keberhasilan, dan tantangan)

2. Membuat rencana perbaikan untuk pelaksanaan di masa mendatang

3. Membuat laporan kegiatan aksi nyata

4. Mengunggah laporan aksi nyata di LMS dan blog pribadi

E. Dukungan yang Dibutuhkan

1. Dukungan yang paling utama adalah dukungan dan ijin dari kepala sekolah

untuk memperbolehkan saya melaksanakan aksi nyata ini.

2. Selanjutnya dukungan sepenuhnya dari murid dan seluruh warga sekolah agar

kegiatan “Kebersihan Lingkungan” ini dapar berjalan lancar sepenuhnya.

3. Dukungan orang tua sangat dibutuhkan untuk membantu menciptakan budaya

bersih di rumah masing-masing murid

4. Peran serta walisiswa dalam menciptakan kelas yang bersi, rapi, dan indah

dengan kerja bakti yang dikoordinir oleg POMG kelas VI

5. Tersedianya alat-alat kebersihan yang mencukupi dari pihak sekolah.

Salam dan Bahagia

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ulasan yang informatif. Sukses selalu bu.

26 Oct
Balas



search

New Post