Nurhasanah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Media Pembelajaran Konkret Papan Nilai Tempat Untuk menguatkan Pemahaman Konsep  Peserta
Media Pembelajaran Konkret Papan Nilai Tempat

Media Pembelajaran Konkret Papan Nilai Tempat Untuk menguatkan Pemahaman Konsep Peserta

Media Pembelajaran Konkret Papan Nilai Tempat Untuk menguatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Materi Nilai Tempat Kelas 2 SD al muslim

Oleh : Nurhasanah,S.Ag

A. Perencanaan

Matematika adalah ilmu dasar yang dapat digunakan sebagai alat bantu untuk memecahkan masalah dalam berbagai bidang ilmu dan mengembangkan kemampuan berpikir yang dipelajari mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi.

Salah satu kemampuan berpikir yang harus dikuasai peserta didik adalah kemampuan berhitung. Untuk mengusasi kemampuan ini peserta didik harus memahami konsep nilai tempat bilangan terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan suatu bilangan ditentukan oleh posisi suatu bilangan di antara bilangan yang lainnya.

Dalam pembelajarannya matematika masih dianggap sulit dan kurang disukai bagi sebagian besar peserta didik. Peserta didik yang mengalami kesulitan dalam menentukan nilai tempat bilangan sering kali melakukan kesalahan dalam menyebutkan nama bilangan dan menuliskan lambang bilangan multidigit.

Peserta didik yang belum menguasai konsep nilai tempat bilangan, ia akan mengalami kesulitan dan kesalahan dalam menyelesaikan prosedur yang melibatkan struktur bilangan basis sepuluh seperti menyimpan dan meminjam dalam operasi hitung penjumlahan dan pengurangan. Oleh karena itu dalam belajar matematika peserta didik harus memiliki pemahaman yang benar dan lengkap sesuai tahapan melalui cara dan media yang menyenangkan. Dengan media peserta didik akan merasa senang ketika mengikuti pembelajaran matematika sehingga pembelajaran tidak monoton. Salah satu pilihan media yang digunakan adalah dengan menggunakan media konkret.

Penggunaan media konkret dalam proses pembelajaran matematika pada materi nilai tempat dapat menguatkan pemahaman konsep nilai tempat dan dapat memberikan kesan pada peserta didik sehingga materi dapat diingat lebih lama

Media konkret yang digunakan dalam memahamkan konsep nilai tempat bilangan pada peserta didk kelas 2 Maryam SD al muslim yaitu sedotan 3 warna (sesuai nilai tempat ratusan, puluhan,satuan ) dan botol bekas air mineral.

Perencanaan yang dilakukan oleh guru dalam menerapkan media konkret untuk meguatkan pemahaman peserta didik kelas 2 Maryam SD al muslim adalah sebagai berikut :

1. Menyiapkan konten dan konteks materi pembelajaran seduai dengan KD.3.1 dan 4.1

2. Merancang aktivitas belajar yang menyenangkan sehingga dapat memberikan kesan pada peserta didik.

3. Menyiapkan media papan nilai tempat dengan menggunakan benda konkret yang ada di sekitar.

B. Pelaksanaan

Berikut ini adalah tahapan-tahapan pembelajaran berdasarkan RPP:

1. Guru memberikan apersepsi dan motivasi kepada siswa terkait kompetensi yang diajarkan dengan melibatkan peserta didik.

2. Pemberian rangsangan (Stimulus ) dengan mengajukan beberapa pertanyaan dengan menunjukkan benda konkret yang dibawa.

3. Identifikasi masalah.

Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menulis salah satu angka pada kertas yang dibagikan..

4. Pengumpulan data

guru membentuk kelompok yang terdiri dari 6 peserta didik dan menjelaskan tugas dan penilaian yang akan diterima

Tugas kelompok:

Kelompok diminta untuk membuat bilangan dari angka yang ada.

Kelompok diminta untuk mengidentifikasi nama bilangan.

Kelompok diminta untuk Menyimak video pembelajaran tentang nilai tempat pada aplikasi digis.

5. Pengolahan data

Dengan kelompoknya peserta didik berdiskusi terkait dengan penyelesaian masalah terkait nilai tempat bilangan.

6. Pembuktian

Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi dengan Menggunakan media papan nilai tempat dan meminta kelompok lain untuk menilai kebenarannya.

7. Kesimpulan

Guru mengajak peserta didik untuk menarik kesimpulan dan memberikan penguatan terhadap apa yang telah mereka temukan tentang lambang bilangan dan nilai tempat.

8. Tahap Evaluasi

Guru mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dengan melalui refleksi kegiatan pembelajaran denan Menggunakan apiikasi quizizz .

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

media cocok buat anak usia kelas 2 sd

01 Dec
Balas



search

New Post