Nurhayati

Guru PAI SMPN 8 Banjar Belajar menjadi manusia yang bermanfaat untuk sesama. Mengabdi sebagai pendidik merupakan pekerjaan mulia. Khairunnaas anfa'uhum ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Meneroka Dapur Pentigraf

Meneroka Dapur Pentigraf

Hari Ke 160

Meneroka Dapur Pentigraf

Dalam KBBI V meneroka berasal dari kata teroka. Meneroka artinya membuka daerah atau tanah baru (untuk sawah, ladang, dan sebagainya): merintis; menjelajahi: para transmigran ~ hutan belantara untuk dijadikan kampung. Meneroka dapur pentigraf maknanya adalah membuka seluk beluk pentigraf bersama ahlinya ahli pentigraf. Cekidot.

Pentigraf menurut penemunya suhu Tengsoe Tjahyono dalam materi Belajar Menulis Pentigraf ada beberapa ketentuan yang harus diikuti oleh para penulis. Pentigraf yang baru dari suhu Tengsoe adalah bahwa pentigraf harus fokus pada satu tokoh dan satu tema, elemen narasi dan deskripsi, tetap ada alur, tokoh, latar, dan konflik cerita. Kesemuanya merupakan satu jalinan yang utuh. Berjumlah tiga paragraf sesuai dengan namanya. Pentigraf, cerpen tiga paragraf.

Dalam pentigraf juga harus dikurangi dialog. Ubah dialog menjadi narasi atau deskripsi. Di paragraf akhir usahakan ada kejutan, hal yang tidak terduga, yang menimbulkan suspense atau ketegangan bagi pembaca.

Ukuran panjang paragraf pentigraf sama dengan tulisan yang lain, sekitar 7-11 kata. Tulisan pentigraf maksimal 210 kata, satu halaman A5 cetak buku. Harus cukup satu halaman, tidak boleh lebih, tidak boleh ada halaman berikutnya.

Yang ditulis dalam pentigraf adalah pengalaman pribadi yang dituangkan dalam bahasa tulisan. cerpen tiga paragraf. Kalimat langsung harus efektif, tidak terlalu banyak. Ubah kalimat langsung menjadi sebuah narasi.

Mari mencoba membuat pentigraf sesuai arahan pak suhu pentigraf kita.

Salam literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

210 kata ,bun

23 Jun
Balas

Sudah diganti

23 Jun

Wow, Pentigraf lagi jadi primadona yah Bund. Sukses selalu dan barakallahu fiik

23 Jun
Balas

Aamiin..

23 Jun

WowAjari daku membuat pentugraf, teteh

23 Jun
Balas

WowAjari daku membuat pentigraf, teteh

23 Jun
Balas

Tong nyumput nya

23 Jun

Mantap buk...sedikt koreksi panjang paragraf maksimal 210 kata, kalau lebih sedikit lebih baik. Salam literasi

23 Jun
Balas

Ya itu juga ada katA maksimal pa.. Tolong koreksi lagi. Trims koreksinya

23 Jun

Keren

23 Jun
Balas

Hi...

23 Jun

Mantap bu...Makasih ilmunya

23 Jun
Balas

Mantap juga uiy, jadi reportase nih artikelnya..bermanfaat juga bg yg gak ikut webinar nih..salam

23 Jun
Balas

Ayo belajar bu

23 Jun
Balas

Yuh. Tp tetep harus konsentrasi ya kalo nulis itu

23 Jun



search

New Post