Nurhayati

Guru PAI SMPN 8 Banjar Belajar menjadi manusia yang bermanfaat untuk sesama. Mengabdi sebagai pendidik merupakan pekerjaan mulia. Khairunnaas anfa'uhum ...

Selengkapnya
Navigasi Web
MENULIS ESAI

MENULIS ESAI

Hari Ke 160

Mengerjakan tugas menulis dari pelatih pada hari pertama Kelas Menulis Majalah Literasi Indonesia 1 melalui webinar, membuat kepala agak pening-pening puyeng. Betapa tidak, waktu yang diberikan hanya sekitar empat jam potong masa mandi, solat asar, makan sore, solat magrib. Jam 20.00 harus sudah terkirim. Berpacu dalam waktu.

Tugas hari pertama dari tiga hari jadwal, adalah menulis opini atau esai. Ketentuannya sudah di bagikan. Opini sekitar 500 kata, jumlah tulisan esai lebih sedikit, dikurangi 150 kata, menjadi 350 kata.

Dari paparan Pemred Majalah Mediaguru Indonesia, Mas Eko Prasetyo bahwa antara tulisan opini dan esai itu beda. Berbeda. Jika opini adalah artikel ilmiah, temanya yang sedang populer, sedang tema esai itu bebas. Bebas sebebasnya. Boleh apa saja, yang penting tulisan positif, menarik, tidak mengandung unsur SARAP, jika untuk di posting di majalah Media Guru. Karena majalah ini adalah majalah pendidikan, maka tulisannya juga hanya mengenai pendidikan. Titik. Tidak bisa ditawar.

Cuma 350 sih. Kalau membaca 350 kata itu sangatlah mudah dan sangat cepat. Hanya dalam hitungan menit, ratusan detik nafas bisa selesai. Tapi untuk menulisnya harus dengan segenap perasaan. Tidak boleh ada gangguan sama sekali. Fokus, fokus. Karena harus memilih diksi yang sesuai. Tidak boleh salah. Harus baru lagi. Bukan tulisan di Gurusiana, dikirim ke email Majalah Literasi. Teu kaci.

Pada angka 19.25 terkirim naskah esai. Milih esai saja yang mudah dan sedikit jumlah katanya. Cari aman. Pada pertemuan kedua besok naskah yang masuk akan dibahas. Akan dikuliti, agar layak menjadi tulisan opini atau esai yang pantas tayang di Majalah Literasi Indonesia yang bergengsi.

Karena Suhu MGI, Mas Eko menyebutkan tulisan-tulisan di Gurusiana yang di bagikan di FB MGI masih banyak yang belum layak tayang. Beliau sampai mrebes mili eluhe ketika membaca tulisan Gurusianer di MGI. Ampun suhu.. maafkan muridmu yang bodoh ini.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Aku mengaku, tulisanku tidak memenuhi syarat sedikitpun seperti kata Mas Eko. Karena sifatnya tidak lomba maka semua dengan senang belajar menulis. Klu dikatakan lomba maka MGI tidak akan seramai ini.Maaf, Mas Eko bekas peserta menulis MGI ini belum.sukses..

22 Jun
Balas

Hi... Iyah bun. Saya nulisnya baru ngasal. Smoga hasil platihan bisa,lebih baik.. Barakallah

22 Jun

Hi... Iyah bun. Saya nulisnya baru ngasal. Smoga hasil platihan bisa,lebih baik.. Barakallah

22 Jun

Hi... Iyah bun. Saya nulisnya baru ngasal. Smoga hasil platihan bisa,lebih baik.. Barakallah

22 Jun

Aku mengaku, tulisanku tidak memenuhi syarat sedikitpun seperti kata Mas Eko. Karena sifatnya tidak lomba maka semua dengan senang belajar menulis. Klu dikatakan lomba maka MGI tidak akan seramai ini.Maaf, Mas Eko bekas peserta menulis MGI ini belum.sukses..

22 Jun
Balas

Mungkin tulisanku yang termasuk bikin brebes mili

22 Jun
Balas

Kaka udah ngirim ya semalam ke email

23 Jun

Masih sulit ternyata untuk menulis yang bagusnya, apa karena ilmu saya masih dangkal ??

23 Jun
Balas

Sama bun. Jadi kepingin malu

23 Jun

Lanjutkan bu...Mantap

23 Jun
Balas

Hayu bareng lanjutkan

23 Jun

Kalau dilihat dari tulisan ini,berarti tulisan ku selama ini memang jauh dari ketentuan dan syarat, terimaksih telah berbagi ilmu ya bunda cantik.

23 Jun
Balas

Hiya bucan.. Makanya jadi malu ketika mas Eko bilang spt itu ya. Smoga tulisan kita makin baik, makin bernas

23 Jun

Esai itu seperti tulisan bunda ini ya. Maaf baru tau

22 Jun
Balas

Bukan.. Saya blm bisa tulisan yg bagus. Besok nunggu ulasannya

22 Jun

Bukan.. Saya blm bisa tulisan yg bagus. Besok nunggu ulasannya

22 Jun



search

New Post