Nurhayati

Guru PAI SMPN 8 Banjar Belajar menjadi manusia yang bermanfaat untuk sesama. Mengabdi sebagai pendidik merupakan pekerjaan mulia. Khairunnaas anfa'uhum ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Praktik Membaca Al-Quran di Masa Pandemic

Hari Ke 155

Praktik Membaca Al-Qur`an di Masa Pandemi

Menghadapi tahun pelajaran 2020-2021 yang masih dalam masa pandemic Covid-19, pembelajaran masih harus dilaksanakan di rumah. Pembelajaran dilaksanakan secara daring, jarak jauh. Salah satu alternatif yang diberikan oleh Menteri Pendidikan adalah siswa belajar dalam kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 4-5 orang. Hal ini sebagai antisipasi atau variasi untuk mengatasi kejenuhan para siswa.

Dengan mereka belajar secara kelompok, maka motivasi untuk belajar lebih tinggi, interaksi sosialpun dapat terlaksana meski dalam skala yang kecil. Tentunya protokol kesehatan harus tetap dilaksanakan. Disamping itu durasi waktu belajarnya juga tidak terlalu lama. Bertempat di salah satu rumah diantara mereka yang berdekatan, atau di masjid dan musholla.

Berikut salah satu alternatif belajar siswa dalam pembelajaran PAI materi membaca ayat suci Al-Qur`an dengan system belajar bersama dalam kelompok.

Membaca dan menghafal ayat-ayat Al-qur`an yang berhubungan dengan materi pembelajaran ada pada tiap tingkatan. Tingkat VII, VIII dan IX jenjang SMP, demikian juga pada tingkat X, XI, XII jenjang SMA.

Untuk menguasai kompetensi ini, salah satu model pembelajaran yang tepat adalah model direct instruction (model pengajaran langsung), yang dikenal juga dengan active learning atau whole-class teaching mengacu kepada gaya mengajar pendidik yang mengusung isi pelajaran kepada peserta didik dengan mengajarkan memberikan koreksi, dan penguatan langsung. Model ini dipadukan dengan model artikulasi (membuat/mencari pasangan yang bertujuan mengetahui daya serap peserta didik.

(Buku Guru PAI dan Budi Pekerti, SMP/MTs, VIII : 84)

Sintaks pembelajarannya adalah sebagai berikut :

1 pilih Salah satu siswa diantara mereka yang dianggap fasih bacaannya bertindak sebagi guru atau tutor

2. Tutor memberikan contoh cara membaca ayat Al-Qur`an dengan tartil yang sesuai dengan materi pembelajaran

3 siswa yang lainnya menirukan bacaan tersebut dengan tartil

4. siswa mengulang-ngulang atau berlatih membaca secara kelompok

5. Secara berpasangan mengulang kembali bacaannya dan dapat membaca bacaan tersebut dengan lancar.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sungguh bermanfaat, Bun

18 Jun
Balas

Mantap, salam literasi

18 Jun
Balas

Persis seperti yg sudah saya kerjakan dan sudah dibuat PTK tahun 2017, saya mengistilhkan dg Ruja ( guru remaja ), yang juga telah membawa saya terbang gratis ke Inobel 2018..

18 Jun
Balas

Keren bu sdh aplikasi rpp 1 lmbr...Slmt berjuang

17 Jun
Balas

insyaallh...

17 Jun
Balas

Mantap bun....salam lit3rasi

17 Jun
Balas

Sudah boleh berkumpul dalam kelompok kecil ya Bu?

17 Jun
Balas



search

New Post