Idha Nurhayati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

MENGHADIRKAN PEMBELAJARAN BERMAKNA MELALUI RUMAH BELAJAR

Dalam rangka meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran, seorang guru perlu melakukan upaya kreatif dan inovatif dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya sebagai seorang pendidik. Terdapat banyak cara dan upaya yang dapat dilakukan oleh guru untuk meningkatkan profesionalisme diri dan mewujudkan tujuan pembelajaranya, salah satu diantaranya adalah dengan memanfaatkan Portal Rumah Belajar Kemdikbud.

Portal Rumah Belajar merupakan portal pembelajaran resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yang dikelola oleh Pustekkom sebagai inisiator, fasilitator dan regulator. Portal ini dapat dibuka melalui alamat url : http://belajar.kemdikbud.go.id. Sasaran dari portal ini adalah pendidik, peserta didik dan semua lapisan masyarakat.

Mengapa harus portal Rumah Belajar. Ketika seorang guru hendak meningkatkan profesionalisme diri dan juga berhasil dalam pembelajaranya, Portal Rumah Belajar adalah pilihan yang tepat untuk mencapai tujuanya. Bagi seorang guru, portal ini menjadi : 1) sarana komunikasi dan kolaborasi antar individu pendidik, antar peserta didik, antar sekolah, berbagi ide dan pengalaman, berita, artikel dengan pengguna lainnya melalui fasilitas forum, serta untuk menampilkan profil sekolahnya sebagai subdomain rumah belajar. 2) wahana pengembangan profesionalisme guru, yang meliputi pengembangan rencana pembelajaran di template RPP, bahan ajar yang sesuai kurikulum dan media pembelajaran (gambar, video, animasi, simulasi, audio, dan presentasi). Tidak kalah pentingnya bagi seorang siswa, Portal Rumah belajar merupakan Media dan sumber belajar yang lengkap, portal ini menyediakan materi Pokok; modul Online; pengetahuan Populer; Bank Soal/Uji Kompetensi; Multimedia Interaktif; Video on Demand (VoD), dan dapat di download dan digunakan sesuai kebutuhan belajar.

Untuk dapat memanfaatkan Portal Rumah Belajar, tentunya kita harus mendaftar terlebih dahulu melalaui alamat http://belajar.kemdikbud.go.id. Setelah registrasi dan berhasil mendaftar selanjutnya adalah “login” dengan menuliskan username dan pasword. Jika proses login berhasil, kita akan diajak memasuki menu-menu yang ada di dalam Portal rumah Belajar. Dalam portal ini kita tidak saja menjadi Pengguna tetapi kita juga sebagai Penyedia. Sebagai pengguna kita dapat men-download berbagai content seperti materi, RPP, media pembelajaran berbasis IT dan lain-lain sedangkan sebagai penyedia kita dapat meng-upload berbagai content yang dibutuhkan oleh pengguna. Dengan demikian apa yang terjadi didalam Portal Rumah belajar adalah sharing baik sesama guru maupun guru dengan siswa.

Dengan mencermati berbagai fasilitas dan keragaman content yang tersedia dalam Portal Rumah Belajar, marilah kita sebagai seorang guru yang profesional memahami, mempelajari dan memanfaatkan portal ini. Serta mengajak siswa-siswa kita untuk lebih jauh memanfaatkan portal Rumah Belajar, agar mereka mendapatkan alternatif media dan sumber belajar yang beragam. Pada akhirnya kita dapat menyimpulkan bahwa Portal Rumah belajar hadir untuk memenuhi kebutuhan guru, siswa serta masyarakat luas dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Daftar Pustaka :

Kemdikbud.2017. Rumah Belajar. http://belajar.kemdikbud.goid. diakses tgl 31 Agustus 2017

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post