Nurhijrah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
GURU GURU INDONESIA MARI MENULIS
SUKSES SELALU UNTUK KOMUNITAS KAMI PENGAJAR REGIONAL SULAWESI

GURU GURU INDONESIA MARI MENULIS

MENGAPA GURU HARUS MENULIS

Oleh: Nurhijrah,S.Pd.,M.Pd.(Guru SMAN 3 Takalar)

Pertanyaan besar yang penulis ajukan untuk mengajak kita berpikir secara autokritik melalui tulisan ini adalah  apakah setiap orang  mampu menulis ? Terhusus bagi profesi guru dapat pula kita ajukan satu pertanyaan besar  yakni apakah setiap guru bisa menulis ? Untuk menjawab pertanyaan ini, maka pertanyasn  lain yang juga harus kita ajukan untuk menguatkan alasan yang berpihak pada jawaban  bahwa setiap manusia pada dasarnya punya potensi untuk menulis. 

Harus disadari bahwa kegiatan pertama awal mula manusia belajar di sekolah formal adalah belajar menulis, bukan belajar membaca. Kegiatan membaca hanya terjadi ketika awal mula kita membaca telah terlatih mengenal huruf melalui latihan menulis hingga kita memasuki kegiatan latihan  membaca. Hal ini berarti pada hskikatnya setiap orang berpotensi untuk menulis apa saja yang ada dalam pikirannya  melalui proses mendengar, melihat dan mengalami semua peristiwa yang ada di sekitarnya bahkan  seseorang dapat menulis imajinasi berpikirnya tentang hal hal yang mungkin bakal terjadi di masa depan. Apa yang dibayangkan, dipikirkan  dan direncanakan oleh seseorang dapat menjadi bahan untuk berpikir, mencontoh dan merekayasa bagi orang lain, dan hal itu hanya terjadi secara universal melalui penuangan isi pikiran seseorang melalui tulisan yang dibukukan sehingga terbaca oleh orang lain dalam jumlah dan jangkauan wilayah yang lebih luas. Begitu pentingnya tulisan seseorang untuk diketahui oleh orang lain melalui tulisan yang tersedia, Imam Gazali pernah memotivasi aktivitas untuk menulis dengan kata katanya" Jika kamu bukan anak seorang raja pun bukan seorang anak ulama besar, maka jadilah seorang penulis.

Lalu jawaban atas pertanyaan apakah setiap guru dapat menulis ? Jawabannya pastilah setiap guru dapat melakukannya karena beberapa alasan ini :

1. Setiap hari dalam kegiatan belajar mengajar, guru larut dalam berbagai peristiwa belajar yang dapat dicatat sebagai bahan primer untuk menulis

2. Jika dibandingkan dengan profesi lainnya, maka profesi gurulah yang memiliki peluang untuk mendapatkan ide kepenulisan tang kompleks dan variatif bahkan dapat melahirkan solusi terbaik bagi setiap problem belajar yang ditemukan guru di dalam dan di luar kelas.

3 Kegiatan menulis adalah aktivitas harian setiap guru, sehingga bukan hal yang sulit bagi guru untuk menuangkan ide idenya dalam tulisan.

4. Sangat pantas jika kegiatan kepenulisan dipelopori oleh profesi guru karena dunia literasi sudah menjadi kewajiban moral  setiap guru untuk dikembangkan dalam pembelajaran .

5 Guru dituntut dalam pengembangan diri dan profesionalnya untuk memacu diri menulis.

Sejumlah alasan tersebut di atas, menjadi alasan terkuat bagi seorang guru untuk terus  berlatih meningkatkan kemampuan  menulisnya  hingga secara bertahap mereka sampai pada pencapaian kemampuan menulis terbaiknya  Jangan terpaku pada kata ' tidak bisa menulis',  tapi arahkan pemikiran sebagai seorang guru yang bertekad meneruskan ide ide memajukan pendidikan melalui tulisan.

Salut dengan kegiatan Komunitas Kami Pengajar Regional Sulawesi yang menyelenggarakan Penganugerahan Penulis Guru Indonesia tahun 2023 pada tanggal 1-4 Juni 2023 di BBGP Makassar.. Semoga Ketua KKPRS pak Kusnan selalu sehat dan dianugerahi oleh Allah SWT kekuatan bersama,KKPRS untuk lebih mengembangkan perliterasian di Indonesia, aamiin

 

#Bergerak#serentak#merdeka#

#KKPRS#

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Alhamdulillah kegiatan KKPRS di Makassar pada tgl 1-4 Juni 2023 sudah usai dgn sukses . Untuk itu ucapan terima kasih buat Pak Kusnan .kami turut terinspirasi dengan penganugerahan Penulis Guru Indonesia .Semoga kegiatan seperti juga dapat dilaksanakan oleh komunitas lainnya sebagai wujud pengetahuan atas karya karya anak bangsa

05 Jun
Balas

Alhamdulillah kegiatan KKPRS di Makassar pada tgl 1-4 Juni 2023 sudah usai dgn sukses . Untuk itu ucapan terima kasih buat Pak Kusnan .kami turut terinspirasi dengan penganugerahan Penulis Guru Indonesia .Semoga kegiatan seperti juga dapat dilaksanakan oleh komunitas lainnya sebagai wujud pengetahuan atas karya karya anak bangsa

05 Jun
Balas



search

New Post