Nuriah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Penggunaan Media Dadu Angka pada Materi Nilai Tempat Untuk Meningkatan Kema

A. Tahap Perencanaan

Matematika sebagai salah satu mata pelajaran yang ada pada setiap jenjang pendidikan dari jenjang pendidikan dasar sampai jenjang pendidikan menengah atas ataupun kejuruan. Hal itu mengingat pentingnya matematika untuk kehidupan sehari-hari dan merupakan salah satu wujud nyata yang sering berdampingan dengan kehidupan manusia. Dalam praktek sehari-hari, mata pelajaran yang sering dianggap sulit dimengerti oleh peserta didik, selalu berkaitan dengan angka atau bilangan. Angka atau bilangannya pun bervariasi, semakin tinggi kelasnya, semakin bervariasi angka atau bilangan, membuat peserta didik terkadang kesulitan dalam memahami konsep maupun konteks yang dijelaskan oleh guru.

Sebab kurang bervariasi model pembelajaran maupun media yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan matematis peserta didik dalam memahami konsep angka atau bilangan yang dikaitkan dengan nilai tempat (satuan, puluhan, raturan, bahkan ribuan) khususnya untuk kelas 3. Disamping permasalahan yang ditemukan di kelas, guru merencanakan untuk menggunakan media pembelajaran yaitu Dadu Angka untuk meningkatkan kemampuan matematis peserta didik pada materi nilai tempat kelas 3 sd al muslim. Perencanaan yang dilakukan oleh guru dalam rangka penggunaan media Dadu Angka pada materi nilai tempat untuk meningkatkan kemampuan berpikir matematis peserta didik kelas 3 sd al muslim adalah sebagai berikut :

1. Menyiapkan konten dan konteks materi pembelajaran Matematika sesuai KD 3.1 dan 4.1.

2. Merancang kegiatan atau aktivitas belajar yang mengarah kepada kemampuan berpikir matematis peserta didik.

3. Menyiapkan alat dan bahan serta media untuk peserta didik.

B. Pelaksanaan

Berikut ini adalah deskripsi mengenai setiap tahap dalam pembelajaran berdasarkan RPP.

1) Tahap 1 Apersepsi : Guru memberikan apersepsi yang berkaitan dengan materi pecahan dengan memberikan contoh penggunaan angka atau bilangan dalam kehidupan sehari-hari.

2) Tahap 2 Diskusi Masalah : Guru memberikan kolom bilangan sesuai dengan urutan nilai tempat.

3) Tahap 3 Pengggunaan Dadu Angka untuk media pembelajaran nilai tempat.

4) Tahap 4 Evaluasi Setelah peserta didik mengikuti instruksi yang sesuai dengan penggunaan dadu angka guru memberikan evaluasi dengan bermain bersama peserta didik.

C. Visual Hasil

Berdasarkan hasil dari pelaksanaan dapat diperoleh ;

Guru memberikan apersepsi terlebih dahulu untuk mengingat kembali materi niali tempat yang sebelumnya sudah pernah dipelajari di kelas 2 sd.

Guru mengenalkan media pembelajaran Dadu Angka untuk memahami materi nilai angka dan meningkatkan kemampuan berpikir matematis peserta didik melalui media pembelajaran

Peserta didik ikut berpartisipasi dalam pembelajaran nilai tempat menggunakna dadu angka

Peserta didik secara berkelompok mengerjakan soal lisan dari guru dan menemukan soluasinya dengan media dadu angka

Peserta didik mempresentasikan jawaban dengan menuliskan hasil di papan tulis

D. Tindak lanjut

Kegiatan umpan balik oleh guru dilakukan untuk mengapresiasi kegiatan belajar dengan penggunaan media Dadu Angka pada materi nilai tempat untuk meningkatkan kemampuan berpikir matematis peserta didik kelas 3 sd al muslim sebagai berikut :

1. Setelah melakukan kegiatan belajar dengan menggunakan media pmebelajaran dadu angka pada materi nilai tempat, peserta didik menjadi lebih aktif dalam merespon apa yang disampaikan oleh guru dalam pembelajaran Matematika khususnya materi bilangan.

2. Guru dapat melakukan pembelajaran dengan memberikan soal-soal dengan nilai tempat tertinggi.

3. Selain materi nilai tempat, media pembelajaran Dadu Angka juga dapat menjadi media pembalajaran pada materi lainnya, contohnya seperti membandingkan dan mengurutkan bilangan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya

08 Dec
Balas



search

New Post