UPAYA MENINGKATKAN KEPEDULIAN PESERTA DIDIK KEPADA ORANG TUA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KART
A. TAHAPAN PERENCANAAN
Leadership adalah salah satu mata pelajajaran unggulan yang ada pada yayasan al muslim. Leadership mengajarkan peserta didik untuk menjadi pemimpin yang baik amanah dan fatonah. Di yayasan al muslim pembelajaran Leadership dimulai dari jenjang PG, TK, SD, SMP dan SMA/SMK. Pada mata pelajaran Leadeship terdapat tujuh aspek diantara lain adalah: mengenal diri, komunikasi, menyatu dengan yang lain, belajar untuk belajar, membuat keputusan, mengatur dan bekerja sama dalam kelompok. Dalam pembelajaran Leadership ini sebenernya peserta didik sudah diberikan bekal sejak dini untuk menghadapi kehidupan yang sesungguhnya.
Kali ini saya akan membahas aspek tetang menyatu dengan yang lain. Sebagai pemimpin kita membutuhkan orang lain, untuk itu kita harus kita harus bertingkah laku/berakhlak baik kepada siapa saja. Keterampilan menyatu dengan yang lain adalah keterampilan yang mempelajari dan melatih tentang akhlak yang baik kepada siapa saja sehingga kita menerima dan diterima oleh orang lain. Sebagai pemimpin kita membutuhkan orang lain untuk membantu kita, setelah kita dibantu oleh orang lain ucapkan terima kasih. Tidak hanya disekolah dirumah pun harus seperti itu. Bertepatan dengan hari ayah sedunia, peserta didik kali ini membuat kartu ucapan dengan menggunakan media bentuk yang berbahan dari kertas origami. Di sini peserta didik tidak hanya dilihat dari rasa pedulinya, namun peserta didik dapat mengembangkan kreatifitas bentuk dari kertas origami. Perencanaan yang dilakukan oleh guru dalam rangka upaya meningkatkan kepedulian peserta didik kepada orang tua dengan menggunakan media kartu ucapan pada materi menyatu dengan yang lain kelas 2 sd al muslim adalah sebagai berikut:
1. Menyiapkan konten dan konteks materi pembelajaran Leadership sesuai KD 4.3
2. Merancang kegiatan atau aktivitas belajar yang mengarah kepada meningkatan kepedualian peserta didik.
3. Menyiapkan alat dan bahan serta media untuk peserta didik.
B. PELAKSANAAN
Berikut ini adalah deskripsi mengenai setiap tahap dalam pembelajaran berdasarkan RPP.
1. Tahap 1 Apersepsi: guru memberikan apersepsi yang berkaitan dengan materi menyatu dengan yang lain dan memberikan contoh dalam sehari-hari
2. Tahap 2 diskusi masalah: guru memberikan masalah rasa peduli kepada orang lain.
3. Tahap 3 penggunaan media kertas origami untuk media pembelajaran kartu ucapan
4. Tahap 4 praktek setelah peserta didik mengikuti intruksi sesuai dengan media kartu ucapan, sesampainya di rumah peserta didik memberikan kartu ucapan kepada ayahnya dirummah.
C. VISUAL HASIL
Berdasarkan hasil dari pelaksanaan dapat diperoleh:
Guru memberikan apersepsi terlebih dahulu untuk meningkatkan Kembali menyatu dengan yang lain yang pernah diajarkan waktu di kelas 1
Guru mengenlkan media pembelajaran kartu ucapan untuk memahami materi menyatu dengan yang lain dengan menumbuhkan rasa kepedulian memperingati hari ayah sedunia
Peserta didik membuat sebuah rangkaian kata yang indah sebagai bentuk kepedulian peserta didik untuk memperingati hari ayah sedunia
Peserta didik dapat membentuk kertas origami yang berisi tulisan ungkapan untuk ayahnya sebagai memperingati hari ayah sedunia
Peserta didik dapat mempresentasikan hasil tulisan beserta bentuknnya di depan kelas
Peserta didik memberikan kartu ucapan kepada ayahnya di rumah dan di dokumentasikan.
D. TINDAK LANJUT
Kegiatan umpan balik oleh guru dilakukan untuk mengapresiasi kegiata belajar denngan Upaya meningkatkan kepedulian peserta didik kepada orang tua dengan menggunakan media kartu pada materi menyatu dengan yang lain kelas 2 sd al muslim sebagai berikut:
1. Setelah melakukan kegiatan belajar dengan menggunakan media kartu pada materi menyatu dengan yang lain peserta didik menjadi lebih meningkat rasa kepeduliannya terhadap orang lain dalam merespon apa yang disampaikan oleh guru dalam materi menyatu dengan yang lain
2. Guru dapat melakukan pembelajaran dengan memberikan contoh masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari.
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar