Nur Indah Rakhmawati

Nur Indah Rakhmawati. Seorang guru IPS di MTsN2 Jember Jawa Timur. Lulusan FKIP PDU UNEJ. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
WUJUDKAN CITAMU DENGAN PRESTASI

WUJUDKAN CITAMU DENGAN PRESTASI

Tema: Refleksi, Inovasi, dan Prestasi.

 

WUJUDKAN CITAMU DENGAN PRESTASI

 

 

 

             Kata pepatah mengatakan, “Gantunglah cita-citamu setinggi bintang di langit, dan janganlah cita-citamu setinggi langit-langit!” Jika ingin sukses harus punya cita-cita. Setiap orang memiliki cita-cita atau keinginan yang tinggi dan ingin diwujudkannya. Sejak usia anak-anak sampai dewasa, bahkan orang tua, wajar yang bercita-cita tinggi. Baik dibidang iptek, olahraga maupun seni. Untuk meraih semua itu, seseorang tidak bisa hanya menggantungkan keinginannya. Tapi harus memiliki kemauan, kerja keras dan skill yang memadai. Dengan kemauan yang keras seseorang menjadi tidak mudah putus asa, tidak gampang menyerah  dan selalu ingin berusaha mendapatkan yang terbaik. Kerja keras adalah salah satu langkah yang harus dilakukan secara terus menerus dan kontinyu. Selalu memiliki semangat dan kemauan yang tinggi. Karena kerja keras tidak akan menghianati hasil. Tentu saja juga harus diimbangi dengan keinginan untuk selalu mengasah kemampuan melalui pendidikan dan pelatihan, agar dapat memiliki skill yang mumpuni. Karena dengan skill yang tinggi akan menghasilkan kwalitas yang lebih baik. Dengan demikian anda akan meniti karir sampai ke puncaknya.

 

Ada hal-hal penting yang harus disadari seseorang dalam mewujudkan segala keinginan dan cita-cita. Antara lain adalah refleksi, yaitu tindakan seseorang untuk merenungkan kembali segala yang sudah terjadi. Introspeksi diri, ambil hikmah atau pembelajaran yang lalu, baik itu kegagalan maupun keberhasilan. Kegagalan adalah sesuatu yang biasa. Bahkan kegagalan bisa menjadi guru yang sangat berharga. Apa yang telah terjadi, jadikan tolok ukur  dalam pencapaian yang akan datang agar lebih baik dan berkwalitas, bahkan lebih efektif dan efisien. Kekurangan sebelumnya janganlah  menjadi halangan, rintangan atau rasa pesimis. Tapi justru jadikan pembelajaran, motivasi atau penyemangat dalam diri untuk bangkit dalam meraih kesuksesan.

 

            Hal lainnya yang juga tidak kalah penting dalam upaya meraih keberhasilan adalah Inovasi. Seperti yang ada dalam salah satu sponsor kendaraan bermotor, "Inovasi tiada henti." Inovasi merupakan suatu sikap atau upaya untuk pembaharuan, selalu mengikuti perkembangan mode, trens dan zaman yang terus berubah. Sebagai generasi khususnya generasi muda, biasanya memiliki kemauan dan rasa ingin tahu yang tinggi. Langkah Inovasi merupakan upaya untuk ingin  mencoba dan menciptakan sesuatu yang baru, yang lebih baik dari sebelumnya. Sebagai upaya untuk mengaplikasikan kemampuan dan skill yang telah dimiliki seseorang. Inovasi bisa dilakukan secara berulang-ulang. Sesuatu yang terus menerus dicoba dan dikembangkan, bisa menjadi lebih unggul dan terdepan dari yang lainnya, sehingga memiliki kemampuan untuk bersaing.

 

            Jika segala daya upaya telah dilakukan. Langkah selanjutnya yang diupayakan adalah uji kemampuan, jangan takut untuk berkompetisi dalam meraih prestasi. Kegagalan itu adalah prestasi yang tertunda. Prestasi yaitu keberhasilan atau pencapaian hasil kerja keras yang sudah terencana dan terprogram. Usaha yang sungguh-sungguh dan terus menerus tiada putus asa, akan mampu mewujudkan cita-cita atau keinginan seseorang menjadi nyata. Prestasi merupakan pembuka jalan kesuksesan yang diraih untuk selanjutnya, sebagai puncak kejayaan. Maka wujudkan cita-citamu dengan raih prestasi setinggi-tingginya. Lebih-lebih jika mampu menginspirasi dan bermanfaat untuk banyak orang.

 

 

 

                    

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post