Nur Indriyati, S.Pd.I.

Seorang Guru di MI Darwata Karangasem, Sampang, Cilacap yang tengah belajar menulis. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Warna dan Otak

Warna dan Otak

Warna merupakan suatu proses yang terjadi ketika cahaya mengenai suatu benda. Hadirnya warna tersebut mampu memberikan keindahan dan juga nili estetika. Bahkan keberadaannya bisa berpengaruh terhadap psikologi manusia. Sebuah warna menimbulkan kesan tertentu dalam hal menciptakan suasana yang nyaman dalam suatu ruangan. Penggunaan warna yang tepat untuk suatu ruangan yang ada di sekolah dapat meningkatkan proses belajar mengajar untuk siswa maupun gurunya. Warna juga dapat mempengaruhi jiwa anak-anak secara langsung. Misalkan saja: perasaan senang, nyaman, semangat, gelisah, sedih dan sebagainya.

Warna juga dapat digunakan sebagai alat komunikasi dengan anak karena dapat memudahkan dalam hal menanggapi bahasa. Dengan warna, anak-anak akan belajar untuk mengekspresikan dirinya. Sang anak akan lebih percaya diri dalam berkreasi dengan warna.

Warna tidak hanya memberikan pengaruh pada perasaan dan mood seseorang tetapi warna juga dapat membuat otak bereaksi. Namun, terkadang kita tidak sadar akan efek warna terhadap otak. Warna merah dan biru dapat menimbulkan reaksi otak yang berbead-beda, warna merah mampu meningkatkan konsentrasi otak pada sesuatu yang bersifat detail, sedangkan warna biru dapat memicu daya kreativitas.

Para pelajar mampu mengingat lebih banyak huruf ketika objek tulisan berada pada layar berwarna merah dan seseorang akan meningkat daya kreativitasnya apabila melihat warna biru. Warna merah dapat membuat seseorang mengerjakan sesuatu yang tingkat ketelitiannya lebih tinggi, membantu seseorang untuk mengingat, mengoreksi bacaan, dan peringatan bahaya. Sedangkan untuk warna biru orang-orang akan terasosiasi pada kebebasan, kedamaian, memicu motivasi, dan menumbuhkan kreativitas.

Berikut dibawah ini beberapa jenis warna beserta dengan maknanya:

Pengaruh warna kuning. Warna ini dipercaya mampu menenangkan syaraf dan mampu merangsang aktivitas otot. Pengaruh warna putih. Warna ini melambangkan kedamaian, kegembiraan, dan juga kebersihan. Pengaruh warna biru dapat menandakan sebuah keyakinan, kebijaksanaan serta membantu menenangkan syaraf anak. Pengaruh warna hijau. Warna yang menandakan penyegaran dan menyalakan harapan anda. Warna ini sangat cocok untuk anak yang memiliki perasaan rendah diri. Pengaruh warna merah. Warna ini menandakan gagah, keinginan dan dapat membuat anak anda menjadi lebih semangat. Warna ungu. Warna ini menandakan sebuah kekuasaan, kemewahan dan juga royalti apabila muncul dalam nuansa yang lebih gelap. Warna ini dapat membantu membangkitkan rasa frustasi dan juga kesedihan pada anak. Warna coklat dan juga abu-abu. Warna ini sangat cocok untuk anak yang hiperaktif dan juga penuh energi. Warna oranye. Percaya diri, ramah dan penuh dengan keceriaan. Warna hitam. Bila anda menyukai warna hitam berarti anda tipe orang yang kuat dan agresif.

Setelah kita mengetahui pengaruh terhadap otak dan psikologi anak, kita bisa memanfaatkan dengan memilih warna yang tepat dalam proses pembelajaran, pembuatan media pembelajaran, mendekorasi ruang kelas , dan sebagainya.

Referensi:

http://www.duniapsikologi.com/pengaruh-warna-dalam-perkembangan-otak-anak/

#Tagursiana hari ke-14

Kalisalak, 13 Oktober 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen tulisannya, Bunda. Sukses selalu. Salam literasi

13 Oct
Balas

Terima kasih Pak Dede .... sukses juga untuk Bapak

14 Oct

Mantul Bunda... Tulisan yang sangat memukau dan menginspirasi.. salam literasi dari Bali... Bangga sebagai followers nya.

15 Oct
Balas

Terima kasih Pak, sudah berkenan singgah di sini... sukses selalu

17 Oct

Terima kasih Pak, sudah berkenan singgah di sini... sukses selalu

17 Oct



search

New Post