NURIN NUZULIA

Guru PAUD di ujung Barat Kabupaten Bojonegoro, tepatnya di TK Islam An Nuur Kecamatan Purwosari. Ingin berlatih menulis dan menulis, karena dengan menulis bisa ...

Selengkapnya
Navigasi Web
PR ala PAUD

PR ala PAUD

PR ala PAUD (seri 1)

Setelah memasuki hari kelima adanya himbauan belajar di rumah, ternyata keluar lagi surat edaran belajar di rumah diperpanjang sampai satu minggu ke depan. Padahal hari ini, Senin, sudah membayangkan bersama anak-anak lagi. Apalagi setelah beberapa foto dan audio masuk di HP ku. Kelucuan, keceriaan, kepolosan yang terlihat di foto semakin membuat ingin bersama mereka lagi.

Alhamdulillah, atas kerjasama dengan orang tua, komunikasi melalui WAG kelas tetap terjalin. Memang selama situasi lockdown saat ini, sebagai pendidik PAUD juga memanfaatkan teknologi untuk tetap menjadi mitra para orang tua dalam mengamati atau memantau pertumbuhan dan perkembangan anak-anak yang telah diamanahkan di lembaga.

Di lembaga PAUD, kami juga membuat surat pemberitahuan kepada wali murid yang isinya antara lain mendampingi anak-anak belajar melalui bermain di rumah (sesuai surat edaran dari dinas terkait). Himbauan adanya tugas di rumah ini biasanya disebut dengan Pekerjaan Rumah (PR). PR di PAUD tentunya kami buat berbeda dengan “PR” di tingkat pendidikan dasar dan menengah. “Ah ada-ada saja, PAUD diberi PR apa?”, mungkin ada yang berfikir demikian. Eiit...jangan dikira ya para pendidik PAUD tidak bisa memberikan “PR ala PAUD”. Pendidik PAUD InsyaAllah telah teruji kreatifitasnya, yang tentunya dibuat kegiatan yang melibatkan orang tua dalam mengerjakannya. Nah inilah bedanya, kalau di pendidikan dasar dan menengah mungkin diharapkan hanya berapa persen saja keterlibatan orang tua.

Sebagaimana di lembaga kami, sudah biasa memberikan “PR”, tapi bukan setiap hari lho...melainkan “PR Liburan” saja. Biasanya liburan di semester satu dan liburan di Bulan Ramadhan sampai hari raya yang pernah menyambung dengan liburan semester dua. Seperti apa ya kegiatannya?

Untuk saat ini, PR nya adalah menindaklanjuti materi Parenting yang telah dilaksanakan bersama nara sumber M. Nafik Palil dari The Naff Sidoarjo yaitu membuat mind map juz 30. Membuat peta konsep/pemetaan juz 30 yang terdiri atas 37 surat, dengan tujuan antara lain agar anak bersama orang tua memahami yang telah dihafalkan setiap hari. Dari nama surat, jumlah ayat dan boleh orang tua bercerita tentang apa saja dari juz 30 ini. Teknisnya adalah, orang tua membuat bersama anak, dengan berbentuk bebas, hasilnya dikirim ke WAG kelas berupa foto bersama ortu dengan memegang mind mapnya (seperti terlihat dalam foto).

Selain itu juga mengingatkan orang tua untuk tidak lupa mengajak anak sholat lima waktu, karena di sekolah setiap hari sudah dilatih dengan sholat Dluha dan sholat Dluhur. Tidak lupa juga untuk memantau/mengamati akhlaq keseharian anak di rumah, baik ucapan atau perilakunya. Semoga kegiatan ini merupakan ikhtiar untuk semakin dekat dengan Yang Maha dari Segala Maha, di saat kita mendapat ujian dari Allah SWT , virus covid-19.

Beginilah contoh “PR ala PAUD” dari lembaga kami. Seri pertama ini adalah contoh yang sangat penting, Hal-hal pertama untuk dilanjutkan di rumah yang pernah dibiasakan di lembaga PAUD (akhlaq atau adab dan ibadahnya). Selamat menikmati hari-hari bersama ananda, pastikan ananda merasa sangat nyaman ketika belajar melalui bermain bersama ayah bunda di rumah, seperti merasa nyaman saat bersama para pendidik di lembaga PAUD. May useful. EnNuzul. Senin,23032020/28Rjb1441

#TPA-KB-TK ISLAM AN NUUR Purwosari-Bojonegoro

#Instagram : mzahranafiq_nurin

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post