Nurin Nuzulia

Seorang Guru PAUD di Bojonegoro bagian Barat, tepatnya di YPI AN NUUR Purwosari (TPA-KB-TK-SDIT). Rumah di desa Banjarjo (mBaru) Padangan. Ingin terus berlatih ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Ngaji Ahad legi di

Ngaji Ahad legi di "Wisata Rohani"

Pagi yang cerah di desa Padangan dan sekitarnya menambah semangat para bapak dan ibu untuk melangkahkan kaki menuju masjid yang terletak di timur perempatan Padangan Bojonegoro. Alhamdulillah kabar banjir mulai tenang, sehingga ngaji di Ahad Legi tetap penuh dihadiri pasangan tua ataupun muda. Ada yang berboncengan motor, ataupun jalan kaki telah menghiasi jalanan menuju masjid.

Pengurus ta'mir masid Darul Muttaqin memberi istilah pengajian ini dengan "Wisata Rohani", kemungkinan dikarenakan para Kyai sebagai nara sumbernya adalah dari berbagai luar kota Bojonegoro, dari Rembang, Sragen, Lamongan dan Surabaya. Untuk Ahad pagi ini tadi, yaitu Bapak KH Ahmad Hasan Fahmi dari Lamongan. Kyai Fahmi menyampaikan materi ngaji yang singkat, padat tapi sangat enak dicerna karena berkaitan dengan ibadah atau amalan sehari-hari.

"Jagalah delapan kalimat ini, maka Allah akan menjaga diri kalian", apakah itu?

1. Ketika sholat, jagalah hatimu

Nah bagaimana menjaga hati?diuraikan oleh Kyai Fahmi yaitu diawali dengan menjaga wudlu, karena wudlu merupakan kuncinya sholat (Al wudlu'u miftahus sholat). Kemudian merapikan sandal. Setelah membahas tentang sandal yang ada di masjid, Kyai Fahmi mengajak jama'ah, apabila kehilangan sandal bisa atau tidak untuk mengatakan "Alhamdulillah, yang jadi maling sandal kok bukan saya..".

2. Ketika berada di rumah orang lain jagalah matamu

3. Ketika berkumpul dengan orang banyak, jagalah lisanmu

4. Ketika ada kumpulan makanan-makanan jagalah perutmu

5. Selalu ingat untuk berdzikir kepada Allah SWT

6. Selalu mengingat kematian

7. Selalu mengingat ketika berbuat salah kepada orang lain

8. Selalu mengingat kebaikan orang lain kepada kita

Hanya satu jam ngaji Ahad Legi ini, sehingga sangat tepat bagi bapak atau ibu yang menikmati hari libur setelah lima atau enam hari bekerja, dan bermanfaat pula bagi para ibu yang akan bepergian ke pasar untuk rutinitas profesinya sebagai pedagang ataupun hanya sekedar akan berbelanja. May useful.

#catatanahadpagigurupaudpurwosaribjn,25022018#

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post