Nur Khamimah

"Beruntung menjadi seorang guru karena selalu berprinsip learning by example, menjadi orang yang ingin mengubah dunia tanpa melupakan mengubah dirinya sendiri...

Selengkapnya
Navigasi Web
Bagaimana Tips Mengatasi Siswa yang Suka Tidur di Kelas?

Bagaimana Tips Mengatasi Siswa yang Suka Tidur di Kelas?

Fenomena tidur di kelas sewaktu jam pelajaran bukanlah fenomena yang asing lagi, terutama bagi siswa yang berasrama atau siswa yang tinggal di pondok pesantren,atau siswa yang bekerja maupun siswa yang keranjingan sama ponsel. Hal tersebut dikarenakan padatnya aktivitas mereka yang sangat larut. Beberapa tips yang mungkin berguna untuk mengatasi siswa yang suka tidur di kelas:

1. Bangunkan perlahan, suruh berwudhu

2. Berikan motivasi dan kisah inspiratif sebelum memulai pelajaran

3. Berikan penyegaran disela-sela pelajaran

4. Mengajarlah dengan memperhatikan gaya belajar.

Jika sebuah kelas yang kita ajar memiliki siswa yang heterogen, maka kita dapat mengkombinasikan metode pembelajaran kita yang mencakup gaya belajar visual, auditory dan kinestetik. Dengan demikian kebosanan siswa yang berujung pada masalah tidur di kelas bisa dikurangi.

5. Mengajarlah dengan tempo "naik turun"

Maksudnya dalam mengajar adakalanya kita serius adakalanya santai. Santai bertujuan untuj memberikan istirahat sejenak setelah mereka berfikir dan menerima materi.

6. Buatlah Evaluasi yang Menarik

Biasanya menggunakan tes tulisan, atau bisa juga bentuk cerdas cermat,game strategi, atau bentuk lisan untuk mengukur sejauh mana siswa kita mampu menyerap materi pelajaran tersebut.

Semoga bermanfaat Ustadz/ah😊

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Maturnuwun Ustadzah, terus berkarya

07 Nov
Balas



search

New Post