Nur Khamimah

"Beruntung menjadi seorang guru karena selalu berprinsip learning by example, menjadi orang yang ingin mengubah dunia tanpa melupakan mengubah dirinya sendiri...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kisah sang Rasul

Kisah sang Rasul

*Kisah Manusia Sempurna*

Andai bumi bisa berevolusi ke arah sebaliknya, melesat mundur 1.446 kali mengelilingi matahari. Maka kau akan dapati, seorang bayi kecil merah yang dinantikan jagad raya telah lahir ke dunia.

Waktu itu hari Senin, 4 April tahun 571, di Kota Makkah.

Kota yang begitu bersahaja di tengah gurun pasir. Tidak ada deretan gedung pencakar langit, hotel mewah bintang lima, apalagi gemerlap lampu di malam hari, seperti saat ini.

Tepat 1400-an tahun yang lalu. Bumi begitu indah. Burung-burung menari indah di langit kota, berkicau bersahutan. Pohon-pohon kurma yang selalu kering, hari itu berbuah dengan lebat. Semilir angir berhembus menyejukkan.

Semesta menyambutnya.

Api yang selama ini kaum Majusi sembah pun padam, tak mau dihidupkan.

Mahligai Kisra bergoncang, 14 tiang megahnya runtuh.

Pasukan gajah gagah berani, Abrahah, yang menyerang Ka'bah, dipecundangi Burung Ababil yang melempari batu panas.

Tak hanya bumi. Langit pun berguncang. Malaikat berkumpul, saling memberi salam bahagia. Setan-setan panik, tak menyangka hari itu tiba juga.

Manusia yang akan menyempurnakan risalah Islam telah lahir di bumi! Manusia paling berpengaruh, yang membuat 2 miliar penduduk bumi saat ini merasakan indahnya Islam.

Keturunan bangsawan. Satu garis keturunan dari Nabi Ibrahim dan putri Raja, Hajar. Manusia sempurna ini berdarah biru, terhormat, terpandang, agung luar biasa.

Namanya Muhammad.

Ia manusia pertama yang menggunakan nama itu.

Saat ini? Menjadi nama yang paling banyak digunakan manusia.

Masa mudanya gemilang.

Sedang apa kau di usia 7 tahun?

Main petak umpet?

Rasulullaah Muhammad sudah menggembala ratusan kambing. Selalu kembali lengkap, utuh, sehat, dengan perut kenyang.

Sedang apa kau saat umur 12 tahun?

Mengerjakan PR matematika?

Rasulullaah Muhammad sudah ikut ekspedisi dagang eksportir bersama dengan pamannya, Abu Thalib, ke Syam, Irak, Yordania, Bahrain, Suriah dan Yaman.

Sedang apa kau di umur 17 tahun?

Terjebak romansa cinta SMA?

Rasulullaah Muhammad sudah mengambil alih seluruh bisnis pamannya. Memimpin perjalanan ratusan unta penuh harta dagangan ke berbagai negara.

Sedang apa kau di umur 25 tahun?

Melamar kerja?

Rasulullaah Muhammad sudah melamar seorang wanita dengan mahar paling tinggi di dunia. 20 ekor unta betina! Kendaraan terbaik pada zamannya. Jika kita konversi saat ini, nilainya setara dengan 60 milyar.

Fantastis!

Bahkan hadiah Pangeran Inggris, William, untuk istrinya, hanya jam tangan merk Cartier Ballon Bleu De seharga USD 5.950 atau sekitar Rp 68 juta. Duit negara pula.

Akhlaknya begitu agung.

Dulu wanita hanya dijadikan status sosial, direndahkan hingga titik nadir. Banyak uang berarti banyak wanita. Kau bisa main sepuasnya.

Tapi tidak dengan Rasulullaah Muhammad, ia mengangkat tinggi wanita dengan akhlak mulianya.

Ia cerdas luar biasa. Kalau kau percaya sebelum kenabiannya ia buta huruf, berarti kau harus baca sejarah lagi. Ia seorang bankir, tempat kaum Quraisy menitipkan harta, pedagang ulung kelas internasional.

Hingga umurnya genap 40 tahun. Kehidupannya berbalik 180 derajat. Hidup matinya hanya untuk Allah Subhanahu wa ta'ala, untuk Islam, untuk umatnya.

Hartanya yang melimpah terkuras. Waktunya, tenaganya, semuanya ia korbankan.

Rasulullaah Muhammad hanya butuh 20 tahun untuk menancapkan Islam menghujam, mengakar di bumi. 20 tahun, 27 pertempuran. Menaklukkan Makkah bersama ratusan ribu umat Islam. Mendirikan negara. Mengelola kekayaan negara dengan baik. Rakyat aman, makmur, sentosa.

Tak terbayang pengorbanan dan besarnya jasamu, wahai Baginda Besar Rasulullaah Muhammad Shallallaahu 'alaihi wassalam.

Bahkan di detik-detik kematiannya, di pangkuan Aisyah, di tengah rasa sakit yang luar biasa, yang ia pikirkan adalah umatnya. _"Ummati...ummati...ummati..."_, ucapnya lirih.

30 tahun setelahnya, Islam berkembang pesat, hingga Eropa, Asia, dan Afrika. Membuat Romawi dan dan Persia tekuk lutut. Tak menyangka kekuatan hebat berasal dari manusia-manusia padang pasir.

Dan hingga hari ini, nikmat ber-Islam bisa dirasakan 2 miliar penduduk bumi.

_"Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya."_

(QS. Al-Azhab: 56)

Salam hormat bagimu ya Rasulullaah.

Maafkan kami yang belum mampu menjalankan dan mensyiarkan Islam dengan baik.

Maafkan kami yang kerap pura-pura rindu bertemu denganmu.

Semoga kelak Allah Subhanahu wa ta'ala sertakan kami dalam barisanmu di hari akhir nanti.

Aamiin

.....

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ ، اللَّهُمَّ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ ، وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

_"Ya Allah, berilah shalawat kepada Muhammad dan kerabatnya karena engkau memberi shalawat kepada Ibrahim dan kerabatnya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia. Ya Allah, berilah keberkahan kepada Muhammad dan kerabatnya karena engkau memberi keberkahan kepada Ibrahim dan kerabatnya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia."_

(HR. Bukhari. No. 3370)

(إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا. (الأحزاب: ٥٦

_"Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya."_

(QS. Al-Ahzab [33] : 56)

مَنْ صَلَّى عَلَىَّ وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرًا

_"Barangsiapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat kepadanya sepuluh kali."_

(HR. Muslim. No. 408)

Shollu alannanbiy Muhammad

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post