Nur Komar

Menjadi sebaik-baiknya manusia dan terus belajar dari kekurangan...

Selengkapnya
Navigasi Web

Jelajah matematika

"Matematika itu beda dan mengasyikan"

Oleh : Nur Komar

Matematika...?

pusing, bete, seram dan ungkapan sinis lainnya yang dilontara oleh para siswa bahkan orang yang awam pun sama jawabannya.

Tapi tidak bagi siswa yang menyukainya adalah petualangan.

Kok petualangan..?

Memangnya naik gunung atau jelajah keluar masuk hutan..!

Matematika itu susah, bikin kepala pusing.!

Mengapa komentar itu selalu keluar dari mulut para siswa..?

Karena mereka mendapatkan matematika dengan cara yang menakutkan dan dengan suasana yang menegangkan.

Belum lagi pengajar nya sudah pasang muka seram alias sangar tanpa senyuman masuk ke ruang kelas,nerakalah bagi siswa.

Di dalam kelaspun tanpa basa basi pengajarnya langsung menyampaikan materi tanpa harus mengkondisikan kelas agar kondusif agar menyenangkan bagi siswanya.

Siswa yang tadi otaknya terbuka lebar mendadak menutup kembali otaknya ketika menghadapi pengajar yang demikian.

Alhasil siswapun di landa suasana yang tegang dan takut dan pada akhirnya mereka tak mengerti apa materi yang di sampaikan oleh gurunya.

Saya banyak belajar dari para senior dari cara mereka menyampaikan materi yang terkesan kaku.

Dan saya coba mengubah cara pandang siswa terhadap matematika.Saya kondisikan kelas yang menyenangkan agar materi bisa mereka terima dengan baik dan cara menyampaikan tidak kaku.

Akhirnya mereka bisa bertahan di dalam kelas tanpa ada rasa beban, takut kepada matemaika.

Dengan matematika para siswa berpetualang dari soal-soal yang mudah hingga yang sulit. Ada keceriaan di wajah mereka bila mereka bisa menjawab soal-soalnya. Otak mereka berpacu satu sama lain penuh keceriaan dan kegembiraan.

Jangan pernah kaku dalam mengajar di kelas..!

Ubah pola dalam mengajar kita..

Buat para siswa betah dan bertahan di dalam kelas yang menyenangkan.

Keberhasilan dalam penyampaian materi,terletak pada diri kita sebagai pendidik.

Dan bersiap-siaplah anda akan di senangi dan di kagumi para siswa..!

Dan akhirnya matematika itu mengasyikkan.....

@My little notes

catatan kecil seorang pendidik matematika

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post