Laporan Pembuatan Alat Peraga
LAPORAN PEMBUATAN ALAT PERAGA
VIDEOSCRIBE SISTEM PENGELUARAN
Nama Guru : Nurlaelati
NIP : 196912071991032005
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 MAJA
JL. KEBON KALAPA DESA MAJA KEC. MAJA KAB. LEBAK
LEBAK 2016
IDENTITAS GURU
1.
Nama Sekolah
:
SMP NEGERI 1 MAJA
2.
Nama Guru
:
Nurlaelati, M.Pd.
3.
NIP/No. Seri Karpeg
:
196912071991032005/E.781714
4.
NUPTK/NRG
:
15397476483000013
5.
Sertifikat Pendidik
:
06280212400001
6.
Jabatan/Golongan Guru
:
Pembina Tk. I/Guru Madya
7.
Alamat Sekolah : Jalan
§ Kabupaten, Provinsi
§ Telpon/Fax/e-mail
:
:
:
Kebon Kalapa Desa. Maja Kecamatan Maja
Lebak, Banten
8.
Mengajar Mata Pelajaran
:
IPA
9.
SK Pengangkatan
a. Sebagai CPNS
§ Pejabat yang mengangkat
§ Nomor SK
§ Tanggal SK
a. Pangkat Terakhir
§ Pejabat yang mengangkat
§ Nomor SK
§ Tanggal SK
:
:
:
:
:
:
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Drs. H. Saleh Yusupadi)
0997/I02.Kep/C.PB.1.1991
30 Agustus 1991
Gubernur Banten (Hj. Ratu Atut Chosiyah)
823.4/KEP.262-BKD/2012
09 Mei 2012
10.
Alamat Rumah: Jalan
§ Kabupaten, Provinsi
§ Telpon/Fax/HP
:
:
:
:
Siliwangi Komp. BPP Blok A4 No 4 Rangkasbitung
Lebak
087772989305
LAPORAN PEMBUATAN ALAT PERAGA
VIDEOSCRIBE SISTEM PENGELUARAN
Nurlaelati, M.Pd.
NIP. 196912071991032005
Disyahkan oleh :
Kepala Sekolah, Koordinator PKB
H. Sudirman, S.Ag. M.Si Nurlaelati, M.Pd.
NIP. 196210151985031020 NIP. 196912071991032005
SURAT PERNYATAAN
Yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan bahwa karya inovasi media pembelajaran yang berjudul
Videoscribe Sistem Pengeluaran
adalah
1. karya inovasi media pembelajaran yang ASLI dibuat oleh NURLAELATI. M.P.d.
2. sudah diimplementasikan dalam pembelajaran dan didiseminasikan kepada insan pendidikan;
3. belum pernah diusulkan untuk kelengkapan kenaikan pangkat sebelumnya
Lebak, 18 Agustus 2016
Kepala Sekolah Pembuat,
SMP Negeri 1 Maja,
H. SUDIRMAN, S.Ag. M.Si NURLAELATI, M.Pd.
NIP. 19621015 198503 1 020 NIP. 19691207 199103 2 005
KATA PENGANTAR
Dengan mengucap syukur Alhamdulillah disampaikan kepada Allah SWT yang telah memberi kesempatan dan kemampuan lahir dan batin sehingga penulis dapat melaksanakan dan menyelesaikan laporan Media pembelajaran Videoscribe Sistem Pengeluaran.
Media pembelajaran dibuat untuk meningkatkan komptenensi guru dalam melakukan inovasi dalam pembelajaran. Penulis berharap bahwa media ini dapat bermanfaat bagi dunia pendidikan dan menjadi inspirasi bagi rekan-rekan guru untuk melakukan dan mengembangkan media ini. Penulis menyadari benar bahwa laporan ini masih jauh dari kata sempurna, oleh sebab itu penulis sangat terbuka untuk menerima saran dan kritik dari para pembaca.
Akhir kata penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada keluarga, suami dan anak-anak tercinta yang telah memberi peluang dan kesempatan peneliti untuk mengembangkan potensi. Kepada Bpk. H. Sudirman, S.Ag. M.Si. selaku Kepala Sekolah dan Dewan Guru, serta Staf TU SMP Negeri 1 Maja, dan siswa-siswi Tahun Pelajaran 2016/2017 serta berbagai pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu yang telah memberikan bantuan baik secara moril maupun materil. Semoga segala bantuan yang telah diberikan mendapat balasan yang sesuai dari Allah SWT. Amiin.
Maja, Agustus 2016
Peneliti
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL ……………………………………………………………...
1
IDENTITAS GURU ………………………………………………………………
2
HALAMAN PENGESAHAN …………………………………………………...
3
HALAMAN PERNYATAAN KEASLIAN ……………………….....................
4
KATA PENGANTAR …………………………………………….........................
5
DAFTAR ISI ……………………………………………………………………….
6
A. NAMA ALAT PELAJARAN/MEDIA .………………………………..
7
B. TUJUAN ...…………..…………………………………….………………
8
C. MANFAAT ……………………………………………………………….
8
D. RANCANGAN/DESAIN ALAT PELAJARAN ...……………………
9
E. PROSEDUR PEMBUATAN ALAT PELAJARAN/PERAGA ………
9
F. PENGGUNAAN ALAT PELAJARA/PERAGA DI SEKOLAH ...…..
12
A. NAMA ALAT PEMBELAJARAN/MEDIA
1. Videoscribe
Videoscribe adalah software yang dapat digunakan dalam membuat disain animasi berlatar putih dengan sangat mudah. Software ini dikembangkan pada tahun 2012 oleh sparkol (salahsatu perusahaan yang ada di Inggris). Dan tepat setahun setelah dirilis dan dipublikasikan, software ini sudah mempunyai pengguna sebesar 100.000 orang lebih.
Sparkol dalam videoscribe mengatakan bahwa: Bagi orang yang belum tahu, untuk membuat whiteboard animation mungkin mengira bahwa dirinya harus pandai dalam hal design, photoshop, dreamweaver dan apapun itu yang berkaitan dengan animasi. Akan tetapi dengan adanya videoscribe-sparkol ini kriteria yang dikiranya tersebut bisa dibantahkan.
Videoscribe berguna untuk :
a. Keperluan bisnis online. Ide marketing bisa diaplikasikan lewat videoscribe
b. Pendidik/Guru atau Dosen sebagai pengantar pembelajaran
c. Media presentasi
d. Menunjukan kemampuan berpikir dan mengkombinasikannya melewati video animasi.
e. Dan masih banyak lagi eksperimen-eksperimen yang dapat digunakan dengan software ini
Fitur-fitur yang disediakan dalam videoscribe diantaranya - Full HD output - Fast rendering - Use the output (whole or part) commercially - No watermarks or branding - Use your own hands - Output to QuickTime movie or Flash Video - Create PNG & JPG image sequences - All updates & upgrades as they come out - Commercial use of the full image library - Commercial use of the full music library - Commercial use of the full font library - Resell the output as yours (as long as you have an active Pro account).
2. Videoscribe materi sistem pengeluaran
Videoscribe materi sistem pengeluaran merupakan media videoscribe yang berisi materi-materi yang berhubungan dengan sistem pengeluaran pada manusia diantaranya definisi eksresi, sekresi, dan defekasi, bagian-bagian dan fungsi ginjal, bagian-bagian dan fungsi kulit, bagian-bagian dan paru-paru, bagian-bagian dan fungsi hati serta gangguan dan penyakit yang berhubungan dengan alat-alat dan fungsi pengeluaran pada manusia.
B. TUJUAN
1. Untuk meningkatkan hasil belajar IPA dalam materi sistem pengeluaran
2. Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam materi sistem pengeluaran
3. mempermudah guru dan juga siswa dalam memahami suatu materi pembelajaran.
C. MANFAAT
1. Manfaat bagi siswa
a. Meningkatkan hasil belajar IPA
b. Meningkatkan aktivitas belajar
c. Mengetahui dan memahami tentang videoscribe.
d. Membantu siswa dalam memahami materi
2. Manfaat bagi guru
a. Guru dapat memanfaatkan videoscribe untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
b. Guru dapat memanfaatkan videoscribe untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa.
c. Guru dapat menggunakan videoscribe dalam materi yang lain.
d. Meningkatkan kinerja guru.
e. Meningkatkan profesionalisme guru dengan menggunakan berbagai macam media pembelajaran.
3. Manfaat bagi sekolah
a. Meningkatkan mutu pendidikan khususnya mata pelajaran IPA di sekolah.
b. Memberikan sumbangan yang positif dalam kegiatan pembelajaran di sekolah.
D. RANCANGAN
Sebelum membuat videoscribe kita dapat memilih materi yang akan dibuat ke dalam videoscribe beserta urutan materinya.
E. PROSEDUR PEMBUATAN
Sebelum kita membuat media videoscribe ini terlebih dahulu kita harus menginstal aplikasi autoplay ini, syarat agar software ini berfungsi dengan baik pastikan computer yang kita gunakan memiliki spesifikasi minimal yaitu : An X86-compatible prosesor or Intel Atom 1.6 GHz, 1 Gb of RAM, windows Vista or higher, a screen that can handle 800x768 resolution.
Setelah itu kita dapat membuat videoscribe sesuai dengan yang kita inginkan dengan langkah-langkah sebagai berikut :
Gambar 1. Membuka aplikasi videoscribe
Gambar 2. Membuat layar baru
Gambar 3. Memilih layar untuk dikerjakan
Gambar 4. Layar baru siap untuk diisi
Gambar 5. Mulai memilih gambar, teks, atau suara
Gambar 6. Mempublish hasil videocribe
Gambar 7. Menutup aplikasi
Gambar 8 hasil akhir videscribe
F. PENGGUNAAN ALAT PELAJARA/PERAGA DI SEKOLAH
Videoscribe materi sistem pengeluaran telah digunakan dalam proses pembelajaran di kelas 9 H SMP Negeri 1 Maja dan telah didesimininasikan dalam kegiatan MGMP IPA SMP Wilbi 2 Kabupaten Lebak (berita acara dan daftar hadir terlampir).
Untuk menggunakan videoscribe ini diperlukan sumber listrik dan LCD Projector untuk menayangkannya.
Gambar 2.1 Contoh Tampilan Videoscribe
Gambar 9,10, dan 11 contoh tayangan videos
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar
terimakasih bu Laela....