Nurleini,S.S

NURLEINI,S.S lahir di Tanjung Balit Kecamatan X Koto Diatas, Kabupaten Solok,Sumbar.Sekarang mengajar bidang studi bahasa inggris di MTsN 7 Solok yang dulu nama...

Selengkapnya
Navigasi Web
Buah Naga Hasil Tanaman Sendiri

Buah Naga Hasil Tanaman Sendiri

Tantangan Hari Ke-84

#Tantangan Gurusiana

 

 Buah Naga Hasil Tanaman Sendiri

 

Hari minggu saatnya kita bersih-bersih,baik itu rumah maupun taman. Dan kebetulan di halaman rumah ku ada buah naga yang siap untuk di panen. Aku menanamnya  sebagian di pot  dan sebagian di tanah. Pohon naga atau dragon fruit yang kutanam ada delapan batang tapi tidak semua yang berbuah. Buah naga bisa berbuah setelah 7 -10 bulan. Jika beruntung 5 bulan sudah berbuah.Tapi sayang nya pohon naga yang kutanam baru berbuah setelah berumur 9 -10 bulan itu pun tidak merata, tidak semua yang berbuah,malahan ada 2 batang yang baru mulai berbuah sudah berumur 12 bulan. Buah nya pun tidak banyak lebat. Kata orang itu kurang perawatan pada pohon naga tersebut.Mungkin ada benarnya juga karena sebenarnya aku dan pak suami termasuk orang yang kurang telaten sama tanaman serta kurangnya waktu untuk itu karena kesibukan sehari-hari dan ditambah karena tanahnya kurang subur, dan memang tanah dirumahku tanahnya merah   bukan tanah hitam yang mengandung humus.

Hari ini ada 2 batang pohon naga yang sedang berbuah yang ditanam di pot. Buahnya sudah matang dan siap untuk dipanen.Ciri-ciri buah naga yang sudah siap panen adalah :

1.       Buah naga dapat dipetik setelah 30-50 hari setelah muncul bunga.

2.       Kulit buah mengkilat dengan adanya perubahan warna dari hijau menjadi merah.

3.       Pada mahkota buah ukurannya mulai mengecil.

4.       Pada kedua ujung pangkal buah menjadi kering dan keriput.

5.       Buah naga yang sudah matang memiliki kulit buah berwarna terang dan merata. Jika pada kulit ditemukan banyak bercak gelap, serupa dengan memar pada buah apel, kemungkinan buah naga tersebut sudah terlalu matang. Namun, bercak gelap seperti ini normal jika hanya ditemukan beberapa.

Demikian ceritaku hari minggu ini,semoga ada yang termotivasi dengan menanam pohon  naga di pot dan memberi ide cara perawatannya yang lebih mudah dan tidak memakan waktu.

Tantangan Hari Ke-84

#Tantangan Gurusiana

Panen Buah Naga Hasil Tanaman Sendiri

@Gonting Bangun, Solok, 9 Agustus 2020

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wah, senangnya melihat hasil tanam sendiri yah Bund. Sukses selalu dan barakallahu fiik

09 Aug
Balas

Iya bun, terimakasih,salam sukses selalu ya

09 Aug

Wah senang ya bisa panen naga nanti

09 Aug
Balas

Ayuk bun ke TB ikutan panen

09 Aug

Senangnyaaa.... memetik buah hasil menanam sendiri. Ibu rajin banget yaa...

09 Aug
Balas

Iya bun, terimakasih salam sukses

10 Aug

Keren Bunda. Smngat trus bercocok tnmnya

09 Aug
Balas

Terimakasih,salam sukses selalu ya

09 Aug

Keren Bunda. Jadi pengen merasakan buah naga dari kebun Bunda. he he

10 Aug
Balas

Ayok kesini bun,

10 Aug

Masya Allah serasA pingin ikut ke kebun. Memetik buah naga. Barokallah ibu. Salam kenal

09 Aug
Balas

Terimakasih,salam kenal kembali

09 Aug

Tanaman pengobat ketika letih ya bu, pulang sekolah di pandang tanaman Apalagi sudah berbuah, nyaman dan aman.

09 Aug
Balas

Iya bun,terimakasih

10 Aug

Hmmm... enaknya..

09 Aug
Balas

Terimakasih,salam sukses

09 Aug

Inovatif!

09 Aug
Balas

Terimakasih ya

10 Aug

Senangnya bisa panen buah di rumah sendiri. Salam literasi.

09 Aug
Balas

Iya bun, terimakasih, salam sukses

09 Aug



search

New Post