Nurlia Fauzi

assalamualaikum salam kenal saya berasal dari sumatera utara kabupaten langkat semoga bisa saling belajar dan berbagi ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Jurnal Refeleksi Dwi Mingguan Modul 2.2 CGP Angkatan 7

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN

MODUL 2.2

CGP ANGKATAN 7

KAB.LANGKAT

Melakukan refleksi dan menuliskannya dalam Jurnal merupakan suatu kebutuhan bagi para Calon Guru Penggerak (CGP), setiap selesai mempelajari satu modul agar dapat mengukur sejauh mana pemahaman CGP terhadap modul tersebut. Pada Jurnal Refleksi Modul 2.2, yaitu tentang Pembelajaran Sosial dan Emosional (PSE), saya menggunakan model 4F (Facts, Feelings, Findings, Future)

Peristiwa (Facts)

Pada modul 2.2 mengenai pembelajaran sosial emosional disajikan definisi pembelajaran sosial dan emosional, kompetensi sosial dan emosional, kesadaran penuh (mindfulness) sebagai dasar penguatan 5 kompetensi sosial dan emosional serta implementasi pembelajaran sosial dan emosional di kelas dan sekolah.

Pembelajaran sosial emosional sangat lah penting untuk dipahami dan diterapkan karena proses pembelajaran murid tidak tergantung pada aspek intelegensi atau kemampuan kognitif saja tetapi juga dipengaruhi oleh aspek-aspek lain seperti aspek perkembangan sosial dan emosinoal.

PSE adalah pembelajaran yang dilakukan secara kolaboratif oleh seluruh komunitas sekolah. Proses ini memungkinkan murid dan guru di sekolah memperoleh dan menerapkan pengetahuan, ketrampilan dan sikap positif mengenai aspek sosial dan emosional agar dapat:

· Memahami, menghayati, dan mengelola emosi (kesadaran Penuh)

· Menetapkan dan mencapai tujuan positif (pengelolaan diri)

· Merasakan dan menunjukkan empati kepda orang lain ( Kesadaran sosial)

· Membangun dan mempertahankan hubungan yang positif (Ketrampilan berelasi)

· Membuat keputusan yang bertanggungjawab (pengambilan keputusan yang bertanggungjawab)

Perasaan (Feelings)

Proses pembelajaran yang saya dapatkan pada modul 2.2 membuat saya semakin bersemangat. Saya senang mendapatkan ilmu-ilmu baru yang tadinya Sebelum mempelajari modul kompetensi sosial emosional saya berpikir bahwa pembelajaran sosial dan emosional itu tidak terintegrasi dengan praktik pembelajaran di kelas sehingga pelaksanaannya rumit dan memakan waktu. Namun setelah mempelajari modul ini, ternyata pembelajaran sosial dan emosional sebetulnya sederhana dan dapat terintegrasi dalam pembelajaran.

Dengan mempelajari modul 2.2 ini pembelajaran sosial dan emosional saya semakin memahami bahwa keterampilan sosial dan emosional muridpun perlu dilatih agar mereka siap dalam kehidupan ke depannya. Baik itu dalam kesadaran diri, manajemen diri, kesadaran sosial, keterampilan berelasi dan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab.

Pembelajaran (Findings)

Setelah mempelajari modul 2.2 ini saya memahami bahwa tujuan pembelajaran sosial emosional adalah memberikan pemahaman, penghayatan dan kemampuan untuk mengelola emosi, menetapkan dan mencapai tujuan positif, merasakan dan menunjukkan empati kepada orang lain, membangun dan mempertahankan hubungan yang positif serta membuat keputusan yang bertanggung jawab. PSE akan menjadi panduan guru untuk menanamkan dan membiasakan murid melakukan kebaikan. PSE mengarahkan murid untuk berkibenkaan global dimana murid mampu hidup berkopetensi dan berkompetisi dengan lingkungan.

Perubahan (Future)

Setelah mempelajari modul 2.2 ini saya ingin melakukan perubahan dalam penerapan pembelajaran dikelas dengan :

· Menerapkan pembelajaran sosial dan emosional dalam pembelajaran baik secara eksplisit terintegrasi dalam kurikulum akademik maupun iklim dan budaya sekolah.

· menerapkan PSE dengan harapan dapat melakukan perubahan positif pada manajemen diri saya dan murid

· menjadi teladan dan contoh baik bagi murid maupun bagi lingkungan belajar.

· Kolaborasi dengan rekan sejawat dalam mewujudkan sekolah menjadi tempat yang ramah dan nyaman bagi murid. Menciptakan suasana yang nyaman juga untuk kesejahteraan psikologis seluruh warga sekolah (well-being)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sangat bermanfaat refleksi ini bu, ternyata PSE sangat membantu kita mewujudkan pembelajaran yang nyaman dan menyenangkan.

04 Mar
Balas

terimakasih bu

04 Mar



search

New Post