Nurul Kumala Azzahra

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
(85). PANGGILAN ILAHI
Gambar ilustrasi : Google

(85). PANGGILAN ILAHI

eps. PERSIAPAN & PEMBINAAN

Oleh: NURUL KUMALA SARI

***

Untuk kesempurnaan pelaksanaan Ibadah haji diperlukan bekal ilmu tentang tata cara ibadah haji dari awal hingga akhir, kesehatan lahir dan bathin serta kemampuan finansial. Oleh karena itu, Dinas Kesehatan dan Kemenag Kabupaten mengadakan pembinaan pada Calon Jamaah Haji yang saya singkat CJH beberapa bulan sebelum hari keberangkatan ke tanah suci.

Dinas Kesehatan melalui Puskesmas di setiap desa / kelurahan memberikan sosialisasi tentang pelaksanaan ibadah haji pada CJH di desa/kelurahannya, memeriksa secara teratur kesehatan CJH, melakukan tes fisik dengan mengukur kemampuan dan kekuatan CJH ketika jalan kaki yang dilakukan satu bulan satu kali. Juga dilakukan general cek up untuk mengetahui kesehatan CJH. Jika hasil pemeriksaan menunjukkan gejala penyakit tertentu, CJH langsung dirujuk ke dokter spesialis. Kondisi kesehatan CJH selalu dipantau oleh petugas Puskesmas.

Sedangkan Kemenag kabupaten melakukan sosialisasi pada seluruh CJH kabupaten Bondowoso tahun 2019 yang jumlahnya sekitar 550 an orang. Paspor dan Visa juga menjadi tanggung jawab Kemenag. Pembinaan Ibadah haji diberikan setiap Ahad sejak dua bulan sebelum keberangkatan.

Akan tetapi, CJH harus bergabung dengan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) yang ada di masyarakat untuk membentuk regu dan rombongan yang nantinya disatukan dalam kloter. Saya bergabung dengan KBIH At-Taqwa yang mengadakan kegiatan bimbingan ibadah haji di Masjid Agung At-Taqwa. Bimbingan dilaksanakan sejak akhir bulan Januari 2019 sampai bulan April 2020 setiap hari Ahad. Selama mengikuti manasik haji ini, mental CJH sudah dilatih.

***

(BERSAMBUNG)

Taman Mutiara, 10 Juli 2020

#taGur ke-85

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

MasyaAllah bu...

11 Jul
Balas

Infonya sangat bermanfaat

10 Jul
Balas

Iya Bu. Terima kasih sudah singgah.

10 Jul

Bagus ulasannya bu. Semoga saya bisa ke sana Aamiin

10 Jul
Balas

Aamiin. Semoga ibu segera dipanggil.

10 Jul

Keren Bu tulisannya ...jadi pingin cepat ke Mekkah

10 Jul
Balas

Kapan bisa kesana ya.

10 Jul
Balas

Semoga Allah memanggil Ibu untuk beribadah ke Tanah Suci. Aamiin.

10 Jul

ulasannya keren bu.

10 Jul
Balas

Trimakasih infonya, slm literasi

10 Jul
Balas

keren bun, salam sukses selalu

11 Jul
Balas



search

New Post