Nurmalia Siregar

👤Guru bahasa Inggris di SMA Negeri 2 Tambang Jl. Bupati Kec. Tambang kab. Kampar Provinsi Riau . 📝Menulis di akun media sosial: ✔Instagram ▶...

Selengkapnya
Navigasi Web
CANTIK ADALAH...

CANTIK ADALAH...

TENTANG KECANTIKAN

Pada suatu masa, aku penah merasa sangat insecure dengan bentuk tubuh dan penampilanku.

Ketika melihat wanita bertubuh tinggi semampai, lantas akupun membandingkannya dengan tubuhku yang pendek.

Di saat aku melihat perempuan berkulit putih bersih, flawless dan glowing aku pun membandingkannya dengan warna kulitku yang sawo matang.

Ketika melihat rambut seseorang yang panjang, subur dan hitam kemilau, aku pun membandingkannya dengan rambut pendekku yang kaku dan susah diatur.

Dikala ku melihat wanita berhidung mancung dan indah menawan, lantas aku pun membandingkannya dengan hidungku yang pas-pasan.

Melihat kesempurnaan orang-orang dan membandingkannya dengan kekurangan-kekurangan fisikku membuatku jatuh ke dalam kubangan rasa tidak percaya diri.

Berbagai pertanyaan memenuhi benakku; Akankah ada seseorang yang akan mencintai dan menyayangiku apa adanya?. Adakah seseorang yang menilai seseorang tidak hanya dari penampilan fisiknya saja? Adakah seseorang yang akan memandangku dan hanya memperhatikan kecantikan jiwa dan kepribadianku saja?

Lalu suatu saat aku disadarkan oleh suatu realita. Aku bertemu dan kemudian bersahabat dengan seorang perempuan yang mempunyai fisik dan wajah teramat biasa namun kepribadian, kebaikan hati, kelembutan jiwanya, budi pekerti dan amal shalihnya sungguh luar biasa. Sehingga semua keindahan yang ada dalam hati dan jiwanya memancar dari teduh wajahnya; memukau dan membuatku begitu terpesona.

Dear me

Yang dinamakan "wanita" itu adalah cantik; bagaimanapun bentuk tubuhnya. Jadi jangan pernah merasa insecure, tetapi tetaplah bersyukur.

Jangan pernah merasa tidak berharga, karena di dalam dirimu terletak bakat yang luar biasa.

Dan ada hal yang harus engkau ketahui bahwa cantik bukan hanya tentang rupa;

Tetapi cantik yang sebenarnya, ketika kamu mampu menjaga setiap tutur kata yang keluar dari mulutmu yang indah.

Cantik adalah ketika engkau mampu menjaga akhlakmu, menjadikan dirimu sebagai seseorang yang dapat bermanfaat bagi sekelilingmu.

Cantik itu adalah ketika engkau menerima dan mencintai dirimu apa adanya, tanpa membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain, berbahagia dengan segala yang telah Rabb semesta karuniakan kepadamu, menerima segala kekuranganmu dan mensyukuri serta mengoptimalkan segala kelebihanmu.

Cantik itu adalah ketika engkau merasa puas dan bahagia dengan kehidupan yang engkau miliki. Bersyukur dan qona'ah atas segala rezeki dan rahmat pemberian Allah serta sabar dan tabah dengan segala ketentuan Allah.

Cantik itu adalah ketika engkau senang melihat orang lain senang, berbahagia di saat orang lain berbahagia dan ikut berempati ketika orang lain berduka.

Cantik itu adalah ketika engkau disayat duka lara dan tenggelam dalam nestapa, namun tak lantas membuatmu berkubang dalam lautan air mata dan penyesalan yang tak berkesudahan, hingga membuatmu patah harapan dan berputus asa.

Cantik itu adalah ketika engkau berbahagia atas limpahan rezeki dan karunia Rabb penguasa jagad raya tapi tak lantas membuat engkau jumawa, pongah dan terlalu euforia hingga lupa diri.

Cantik itu adalah ketika engkau mencintai orang lain di sekitar kita, seperti halnya engkau mencintai dirimu sendiri. Ketika engkau selalu berusaha menjaga lisan kita dari kata-kata yang menyakiti orang lain serta menjaga perbuatan dan tingkah lakumu dari mengganggu dan mengusik orang lain.

Cantik itu adalahl ketika kesombongan dan keangkuhan terkikis habis dari hatimu. Ketika ketamakan dan kekikiran musnah tak bersisa dari jiwamu.

Dan cantik itu adalah engkau yang mampu menjadi dirimu sendiri, tanpa harus repot-repot menjadi orang lain.

Ketahuilah, wajah yang cantik akan sirna, tubuh yang elok akan menua, namun kecantikan hakiki adalah kecantikan yang berasal dari lubuk terdalam sukma dan terpancar dari palung jiwa, sebab kecantikan sejenis ini akan selalu ada dan abadi di sana, takkan lekang digerus massa, takkan musnah dimakan usia.

Dear me,

Yakinlah engkau cantik dengan menjadi dirimu sendiri.

.

.

.

.

.

_________________________

📝Nurmalia Siregar

Pekanbaru, 25.06.2016

Saturday, 06.00 AM

.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post