Nur Melianty. S

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Tempoyak itu ya Durian ...

Durian, salah satu jenis buah yang menjadi favorit hampir sebagian masyarakat di Indonesia bahkan hingga mancanegara. Tekstur daging buahnya yang lembut, dengan rasa khas yang tidak bisa dijelaskan mampu membuat pencinta buah durian ini tak pernah kapok untuk memakannya. Di Provinsi Jambi durian dapat ditemukan hampir disetiap kabupaten, apalagi memasuki musim durian. Sepanjang jalan di pinggir bahkan di tengah kota dapat kita jumpai pedagang yang menjajakan buah durian. Paling enak menikmatinya bersama keluarga dan teman-teman,di pinggir jalan sambil menikmati lalu lalang kendaraan jalan yang melintas.

Di Jambi, durian tidak hanya dapat dinikmati dengan memakan buahnya saja. Biasanya para orang tua zaman dulu lebih sering memakannya dengan ketan, biasanya kami menyebut dengan lemang durian. Setiap musim durian tiba, banyak juga pedagang yang menjual lemang sekaligus dengan duriannya. Terkadang para pedagang lemang ini hanya duduk di sebelah pedagang durian. Kelezatan durian tidak hanya dirasakan oleh penikmat buah ini saja, melainka para pedangan durian bahkan pedagang kue tradisional ikut turut meningkatkan pendapatan mereka.

Durian, selain dinikmati dengan lemang di Provinsi Jambi durian diolah menjadi makanan lezat lainnya. Ya, Tempoyak. Tempoyak adalah makanan khas Provinsi Jambi, khususnya daerah Bangko dan Bungo. Para nino nino biasanya sering menyajikan makanan ini di rumah ketika musim durian tiba. Durian yang busuk atau hambar, biasanya tidak laku untuk dijual. Nah, dari durian yang tidak dimakan inilah biasanya tempoyak dihasilkan, tetapi tidak hanya dari durian yang tidak laku dijual. Untuk menghasilkan tempoyak yang berkualitas dan lezat, durian dari daging buah terbaiklah yang paling bagus untuk menghasilkan tempoyak. Tempoyak ini dihasilkan dari daging buat durian yang telah difermentasi dengan baik.

Tempoyak adalah makanan khas Provinsi Jambi yang banyak digemari oleh pecinta durian. Biasanya tempoyak dimasak bersama ikan, ada juga yang mengolah tempoyak menjadi sambal cengeh. Sambal cengeh merupakan sambal tempoyak yang dimasak bersama ikan teri.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post