Nurokhim Sag

Nurokhim, S. Ag. S. Kons. adalah seorang Motivator & Trainer Pendidikan, Pembicara Seminar Parenting, Guru Bimbingan Konseling, Dosen, danPenggiat Pen...

Selengkapnya
Navigasi Web
RENUNGAN TULISAN HARI KE-877  RAKER UNTUK EVALUASI DAN RANCANGAN PROGRAM

RENUNGAN TULISAN HARI KE-877 RAKER UNTUK EVALUASI DAN RANCANGAN PROGRAM

Oleh: Nurokhim, S. Ag. S.Kons.

Menyambut Tahun Ajaran 2022/2023 yang tinggal beberapa hari lagi, Yayasan Nurul Hidayah Al-Faz telah melakukan serangkaian persiapan. Disamping mempersiapkan ruang serbaguna untuk persiapan aktivitas kegitan PAUD, juga mengadakan rapat kerja (raker) bersama kepala sekolah dan para guru yang merupakan agenda rutin setiap tahunnya.

Topik penting yang di bahas adalah evaluasi program kerja Tahun Ajaran 2021/2022 yang telah berlangsung, pembagian tugas guru dan pembahasan rancangan program kerja serta presentasi program kerja untuk tahun ajaran baru 2022/2023 serta persiapan sebagai sekolah percontohan dengan pembelajaran bermuatan “Melesat” (Matematika, Existence, Literascy. Engineering, Science, Art dan Tecnology).

Pembelajaran bermuatan “Melesat” melelalui Project Based Learning dengan media Loose Part dengan dukungan Coaching dan Parenting mendapat dukungan penuh dari Sapu Lidi 12, sebuah Lembaga Reseach Training & manajement Early Childrood Education and Development di bawah Yayasan Pelangi Nusantara di bawah pimpinan Bunda Dian Anshoriah, M.Pd. Dan suatu kebanggaan bagi Yayasan Nurul Hidayah Al-Faz bahwa Ibu kepala sekolah PAUD Nurul Hidayah, Bunda Mufarihah, S. Ag sendiri merupakan personal dari Sapu Lidi 12.

Mengawali pembukaan rapat, sebagai ketua yayasan Nurul Hidayah Al-Faz, saya menyampaikan sambutan sebagai motivasi guru untuk terus bekerja penuh semangat dan keikhlasan untuk memberikan pendidikan yang terbaik bagi menghasilkan peserta didik AUD sehingga menghasilkan generasi Islam Rabbani dimasa depan. Adapun isi sambutan yang saya sampaikan sebagai berikut:

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Tiada kata yang paling indah untuk kita ucapkan kecuali ucapan puji syukur yang tak terhingga kita panjatkan pada Allah SW, yang telah, sedang dan terus memberikan kesehatan dan keselamatan serta petunjuk dan perlindungan-NYA sehingga kita dapat menjalankan aktivitas sehari-hari. Amin.

Begitu pula tak lupa kita sampaikan salawat kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW beserta keluarga, sahabat dan kita semua selaku umatnya yang selalu setia mengamalkan ajaran-ajaran agama Islam yang dapat memanusiakan manusia yang sampai saat ini kita rasakan mafaatnya.

Kita sebentar lagi berada di awal Tahun Pelajaran 2022-2023. Semoga Tahun Pelajaran 2022/2023 menjadi titik awal semangat baru untuk kita melangkah bersama pembangunan seluruh aspek perkembang kita semua secara seimbang, berkesinambungan sehingga menghasilkan individu-individu insan kamil yang akan menjadi generasi Islam Rabbani dimasa depan.

Perubahan dunia pendidikan di Indonesia dengan merdeka belajar membawa angin segar bahwa pendidikan literasi, numerasi dan karakter yang selama ini telah kita jalankan adalah solusi dari berbagai permasalahan yang ada, dan kita sudah mengawalinya jauh-jauh waktu sebelum pemerintah menggulirkan merdeka belajar dengan Profil Pelajar Pancasilanya. Kita berkomitmen dengan muatan melesat datau STEAM yang sudah kita lakukan bersama akan menghasilkan insan insan kamil sebagai generasi Rabbani dimasa depan. Semoga usaha dan jerih payah para guru senantiasa mendapatkan kemudahan dari Allah SWT.

Percayalah, tidak ada energi dan sumberdaya yang tersia-sia. Apa yang telah kalian para guru lakukan adalah sebuah kebaikan yang akan berbalas kebaikan pula. “Hal Jazaaul Ihsan Illal Ihsan”.

Percayalah, kesadaran para pengambil kebijakan ternyata sejalan dengan apa yang telah kita terapkan di lembaga sekolah kita yakni mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berahklaq mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kitis, dan keratif.

Pada tahapan pembelajaran saat ini, PAUD dan TK Nurul Hidayah pun masih terus menata segala sesuatunya menjadi lebih baik dan, memenuhi harapan menjadi sekolah percontohan bermuatan STEAM atau Melesat. Tentu hal ini dibutuhkan motivasi, kerja keras dan keikhlasan dari para guru untuk berkomitmen mewujudkan semua cisi dan misi lembaga PAUD dan TK yang berada di bawah Yayasan Nurul Hidayah Al Faz.

Bagaimanpun ikthtiar para guru di sekolah, kesuksesan pendidikan siswa dan anak-anak kita adalah hasil komitmen dan sinergi kita bersama, sekolah, orangtua dan lingkungan. Dengan demikian harapan kita kerjasama harmois ini dapat terus ditingkatkan dimasa yang akan datang, dan orangtua mengambil porsi yang terbesar dalam interaksi positif membangun karakter anak. Untuk itu menjadi penting bagi kita menyamankan visi dan misi perndidikan.

Kami ucapkan terimakasih yang mendalam atas kerja keras dan semangat untuk terus melakukan perubahan menuju sekolah yang lebih baik, walau kamipun menyadari banyaknya kekurangan dan perbaikan yang masih perlu dilakakukan. Kami harapkan kelapangan hati semua untuk memaafkan dan melengkapi kekurangan.

Wassalamu’alaikum.Wr.Wb.

Nah, inilah sambutan yang saya berikan untuk memotivasi para guru dalam kegiatan raker menjelang tahun ajaran 2022/2023. Mudah-mudahan evaluasi dan rancangan program yang dihasilkan dari raker bisa membawa perubahan yang lebih baik bagi lembaga dan bagi pengembangan peserta didik anak usia dini di PAUD Nurul Hidayah. Aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post