Nursaniah Pasri

Nursaniah Pasri lahir di sebuah kota kecil Padangsidimpuan 46 tahun yang lalu. Selain mengadu kepada Allah, pensil dan kertas adalah sahabat setia saat didera s...

Selengkapnya
Navigasi Web
Galau
Januari 2023

Galau

Saat mengalami berbagai masalah yang diakibatkan berbagai hal, hati kita akan terasa galau. Galau sendiri bisa diartikan sebagai perasaan sedih, gelisah, bingung maupun bimbang. Untuk siswa sebagai ABG kegalauan terberatnya saat mereka sedang merasakan dijauhi orang-orang terdekatnya.

Sebaik-baik obat pencegah kegalauan adalah berserah diri kepada Allah, tempat berkeluh kesah dan mengadu. Buat kita sebagai pendidik mungkin hal itu mudah kita lakukan tapi bagi peserta didik kita yang masih berusia menginjak remaja, menepis kegalauan adalah PR berat yang akan menghadirkan kelesuan dan dropnya semangat sepanjang hari yang akan berdampak terhadap hasil belajar mereka.

Untuk itu sebagai pendidik yang notebenenya menjadi fatner interaksi terdekat mereka dalam durasi waktu yang cukup lama di sekolah, kita perlu membekali diri dengan sikap serta perbendaharaan kata yang dapat menguapkan sedikit demi sedikit kegalauan mereka meskipun tidak akan berhasil secara instan.

Menyediakan diri sebagai tempat berkeluh kesah sudah pasti hal terbaik yang kita harus lakukan. Memupuk kedekatan akan membuat siswa merasa nyaman menumpahkan unek-uneknya pada kita, baik yang ringan maupun berat. Hal ini biasanya berlaku bagi siswa tidak terlalu dekat dengan orangtua.

Memberi nasehat sudah pasti kewajiban berikutnya. Agar tidak terkesan kaku, pilihlah kalimat-kalimat ringan yang terkesan indah dan menarik untuk diingat. Berikut kalimat nasehat yang dapat digunakan saat merespon balik curhatan para peserta didik.

1. Orang baik akan bersanding dengan orang yang baik pula.

2 Saat menoleh ke belakang, jangan berharap untuk kembali, tapi berjanjilah untuk bisa melangkah lebih baik.

3. Tak selamanya keinginan hati tak harus selalu dituruti. Ada saat di mana kita

harus menggunakan logika agar tidak terluka.

4. Saat kamu berani mengucapkan selamat tinggal, kehidupan baru akan

memberikanmu hal yang lebih indah.

5. Saat seseorang menyayangimu dia akan pulang, bukan hilang.

6. Jangan terlalu memaksakan diri untuk kembali ke masa lalu, karena di sana

tetap tidak akan ada hal baru yang akan kau temukan.

Semoga bermanfaat.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap dan keren Bund ulasannya. Sehat selalu

25 Jan
Balas

tksh bunda....sehat bersama ya bun

25 Jan

Mantap dan keren Bund ulasannya. Sehat selalu

25 Jan
Balas

terimakasih apresiasinya bunda...salam literasi

25 Jan

mantap keren cadas...ulasan keren menewen, inspiring...salam literasi sehat sukses selalu bunda Nursaniah Pasri bersama keluarga tercinta

25 Jan
Balas

tksh pak, salam sukses kembali

25 Jan



search

New Post