Nursaniah Pasri

Nursaniah Pasri lahir di sebuah kota kecil Padangsidimpuan 46 tahun yang lalu. Selain mengadu kepada Allah, pensil dan kertas adalah sahabat setia saat didera s...

Selengkapnya
Navigasi Web
Hujan
01 Februari 2023

Hujan

Hujan masih mengguyur kotaku. Batam yang biasanya bersuhu 31-33 derajat Celcius, akhir-akhir ini hanya berputar di titik suhu 21 sampai 24 derajat Celcius. Hujan yang turun sejak tanggal 22 Januari hingga saat ini masih mengakibatkan rendahnya suhu dan tingginya kelembapan udara yang berpengaruh terhadap aktivitas penduduk, terutama bagi petani dan nelayan sehingga berakibat naiknya harga ikan serta sayur mayur di pasaran.

Selain di Batam curah hujan tinggi juga terjadi di berbagai wilayah Indonesia. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui buku "Prakiraan Musim Hujan 2022/23 di Indonesia" telah memperkirakan sejak awal September 2022 lalu, bahwa puncak musim penghujan terjadi di bulan Desember 2022 dan Januari 2023. Puncak musim hujan ini ditandai dengan jumlah curah hujan tertinggi untuk akumulasi tiga dasarian (waktu satuan meteorologi) berturut-turut. Satu dasarian lamanya sepuluh hari. Jika tiga dasarian tersebut berada pada bulan yang berbeda, bulan yang dinyatakan sebagai puncak musim hujan adalah di mana dua dasarian tersebut berada.

Melalui akun twitter resminya, BMKG menginformasikan bahwa potensi hujan lebat akan melanda sejumlah wilayah di Indonesia selama akhir tahun 2022 dan menjelang tahun baru 2023. "BMKG memprakirakan seluruh wilayah Indonesia berpotensi dilanda hujan lebat hingga sangat lebat selama periode Natal 2022 dan Imlek 2023,"(@InfoHumasBMKG) # Menurut BKMG Prediksi puncak musim hujan di Indonesia berdasarkan Zona Musim (ZOM) setiap pulau di Indonesi sebagai berikut : # 1. Pulau Sumatera - Puncak musim hujan: November 2022 - Akhir musim hujan: Mei 2023 # 2. Pulau Jawa - Puncak musim hujan: Januari 2023 - Akhir musim hujan: April 2023 # 3. Pulau Kalimantan - Puncak musim hujan: November 2022 - Akhir musim hujan: Maret 2023 # 4. Pulau Bali dan Nusa Tenggara - Puncak musim hujan: Januari 2023 - Akhir musim hujan: Maret 2023 # 5. Pulau Sulawesi - Puncak musim hujan: Januari 2023 - Akhir musim hujan: Maret 2023 # 6. Pulau Maluku & Papua - Puncak musim hujan: Februari 2023 - Akhir musim hujan: April 2023 # Semoga prediksi puncak musim hujan semoga dapat membantu perencanaan kita dalam melakukan perjalanan maupun aktivitas lainnya

Sumber : Twitter BMKG

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ulasan yang informatif. Makasih, Bun

02 Feb
Balas

tksh kembali bunda, salam literasi

02 Feb

Semoga hujan yang membawa barokah. Salam kenal

03 Feb
Balas

Aamiin, tksh kunjungannya pak...

03 Feb

Hujan yang barokah bu Saniah salam kenal ijin follow dan follow back ya terima kasih

03 Feb
Balas

tksh pak, sy follow juga....

04 Feb

Salam kenal

01 Feb
Balas

salam kenal kembali bunda....sukses selalu

01 Feb

Salam kenal

01 Feb
Balas

Salam kembali bunda

02 Feb

Informasinya sangat bermanfaat bu. salam kenal follow back bu

04 Feb
Balas

tksh bunda, salam literasi

08 Feb

Sudah saya follow kembali ya bun...

08 Feb



search

New Post