Nursaniah Pasri

Nursaniah Pasri lahir di sebuah kota kecil Padangsidimpuan 46 tahun yang lalu. Selain mengadu kepada Allah, pensil dan kertas adalah sahabat setia saat didera s...

Selengkapnya
Navigasi Web
Remaja dan Kamus Bahasa Gaul
22 Februari 2023

Remaja dan Kamus Bahasa Gaul

Gaya hidup generasi jaman now alias kaum milenial secara tidak sadar telah mengiring kita untuk mengikuti arus perubahan dalam kehidupan sehari-hari. Termasuk gaya berkomunikasi. Sebagai orangtua sekaligus pendidik penting bagi kita membekali diri dan beradaptasi terhadap berbagai trend yang tengah gandrung di kalangan remaja, dengan harapan akan memberi kemudahan saat menjalin komunikasi sebagai self control terhadap pergaulan mereka disamping upaya-upaya pendekatan lainnya.

Kenyamanan dalam berkomunikasi termasuk hal penting dalam penetrasi prilaku dan etika positif di kalangan remaja. Untuk itu memahami bahasa gaul yang mereka pergunakan sehari-hari diharapkan dapat merekatkan rasa dengan kita orangtuanya, tentu saja setelah melalui filter kelas terbaik. Berikut kutipan bahasa gaul ala Kids jaman Now.

A. Kata Gaul Dari Gabungan Dua Kata

1.Bucin atau Budak Cinta

Sebuah kata gaul yang sering kali diberikan kepada para muda mudi yang sedang dimabuk asmara. Bagi mereka yang sedang jatuh cinta dan akan melakukan apapun untuk orang yang dicintainya,

2. Baper atau Bawa Perasaan

Kata ini biasanya ditujukan bagi seseorang yang merasa terbawa perasaan saat ada yang memperlakukan mereka dengan cara istimewa atau berbeda dari yang lain. Bisa juga diperuntukkan bagi mereka mereka yang berjiwa sensitif maupun mudah tersinggung.

3. Curcol atau Curhat Colongan

Kata curcol atau curhat colongan ini biasanya dipakai ketika hendak curhat diam-diam kepada seseorang.

4. Gabut atau Gagal Berbuat

Umumnya terjadi pada orang yang sedang bosan melakukan rutinitas dan ingin sesuatu yang baru. Sehingga mereka justru malah tidak melakukan apapun

5. Gaje atau Gak Jelas

Gaje merupakan gabungan dari kata gak jelas. Kata ini biasanya dilontarkan oleh seseorang ketika mereka tidak paham dengan maksud dari orang lain. Atau bisa jadi digunakan untuk seseorang yang berprilaku aneh atau diluar kebiasaan.

6. Gercep atau Gerakan Cepat

Kata ini biasanya akan dipakai ketika ada seseorang yang tanggap dalam melakukan sesuatu. Tanpa menunggu lama, ketika sudah ada sesuatu yang mesti dilakukan, mereka akan segera melakukannya. Orang-orang semacam itulah yang akan dibilang gercep oleh orang lain. Bisa juga diberikan kepada mereka yang melakukan sesuatu lebih cepat dari biasanya.

7. Japri atau Jalur Pribadi

Kata ini biasanya digunakan untuk orang yang memiliki urusan secara pribadi. Jika ingin dihubungi secara personal melalui media sosial, mereka akan meminta dijapri saja

8. Jadul atau Jaman Dulu

Jadul biasa digunakan untuk menyebutkan sesuatu yang berbau jaman duluatau dianggap tidak up to date dari fashion, adroid maupun peralatan penunjang yang digunakan,

9. Mager atau Malas Gerak

Kata berikutnya yaitu males gerak atau mager. Kata ini diciptakan untuk para kaum rebahan yang cenderung malas untuk melakukan sesuatu. Karena ada banyak kemudahan yang bisa dilakukan lewat media sosial, seperti membeli sesuatu secara online atau membeli makan melalui delivery.

10.Mantul atau Mantap Betul

Mantul atau mantap betul digunakan untuk untuk memberikan pujian bagi orang lain.

11. Modus atau Modal Dusta

Kata ini akan diberikan kepada mereka yang hanya memberikan dusta atau kebohongan ketika melakukan sesuatu, alias tidak ihklas.Modus ini biasa dipakai ketika ada seseorang yang berusaha mendapatkan hati dengan cara tak biasa atau berpura-pura.

12. Pansos atau Panjat Sosial

Pansos ini biasa diberikan kepada mereka yang suka mencari perhatian banyak orang melalui media sosial. Baik yang mengupload konten-konten buruk atau sebaliknya untuk mencari perhatian dan biasanya mencari kesempatan dalam kesempitan.

B. Kata Gaul dari Bahasa Asing

1. Anw atau anyway = ngomong-ngomong

2. BTW atau by the way = ngomong-ngomong

3. AKA atau as known as = alias

4. FYI atau For Your Information = sekedar pemberitahuan

5. OOTD atau Outfit of the Day = dress code/ seragam

6. OTW atau On The Way = sedang dalam perjalanan

7. Kepo atau Knowing Every Particular Object

= sering bertanya-tanya dan serba ingin tahu

8. PAP atau Post a Picture = kirim foto sebagai bukti

9. CMIIW atau Correct Me If I’m Wrong = maaf jika saya salah

10. TGIF atau Thank God It’s Friday = semangat berakhir pekan

11. LOL atau Laugh of Loud = tertawa terbahak-bahak

12. GWS atau Get Well Soon = semoga lekas sembuh

C. Kata Gaul dari Singkatan

1. Cans atau cantik banget

2. Gans atau ganteng banget

3. Gils atau gila banget

4. Goks atau gokil, lucu banget

5. Leh uga atau boleh juga

6. Ntaps atau mantap

7. Halu atau berhalusinasi

8. Monmaap atau mohon maaf

9. Yauds atau yaudah

10.Jamber atau jam berapa

11.Komuk atau Kondisi Muka

12.Manjiw atau Mantap Jiwa

13.PHP atau Pemberi Harapan Palsu

D. Kata Gaul dari Kata yang dibalik dan lainnya

Ngab = bang

Sabi = bisa

Kuy = Yuk

Woles = Slow

Santuy = Santai

Rempong = Repot

Garing = tidak lucu

Memahami bahasa remaja bukan berarti kita harus ikut arus, namun hanya sebagai sarana pendekatan yang lebih ringan terhadap remaja kita. Adapun tentang manfaat yang kita peroleh, diserahkan kembali pada pribadi masing-masing. Demikian kata gaul yang sedang trend di tengah remaja kita. Semoga bermanfaat.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Zaman dulu bahasa gaulnya beda lagi ya hehe.... Keren, Bun. Informatif

23 Feb
Balas

iya bun...hehehe

23 Feb

Wah keren nih bun

27 Mar
Balas

tksh bunda, salam literasi

01 Aug

Terima kasih ulasannya, Bu. Salam bahagia.

23 Feb
Balas

salam bahagia juga bu Cicik, sukses selalu

23 Feb

serasa menjadi anak muda juga bu. ternyata itu ya artinya

02 Mar
Balas

Benar bun, biar ga terlalu bingung saat ngumpul ma anak-anak...haha

02 Mar

Mantap ulasannya. Itulah anak sekarang. Senggol dong. Hahahaha

27 Mar
Balas

hahaha...mksh pak, sekali sekali harus ikut gaul juga

01 Aug

Semoga bermanfaat

22 Feb
Balas



search

New Post