Nursaniah Pasri

Nursaniah Pasri lahir di sebuah kota kecil Padangsidimpuan 46 tahun yang lalu. Selain mengadu kepada Allah, pensil dan kertas adalah sahabat setia saat didera s...

Selengkapnya
Navigasi Web
Semangat Berbatik PGRI
25 Januari 2023

Semangat Berbatik PGRI

Setiap tanggal 25 setiap bulannya seluruh guru Indonesia disarankan menggunakan seragam batik PGRI bermotif Kusuma Bangsa. Tanggal 25 dilandasi dengan pelaksanaan kongres pertama PGRI tanggal 25 November 1945 di Surakarta, Jawa Tengah.

Seragam nasional batik PGRI motif Kusuma Bangsa mengandung beberapa makna yang berfilosofi pada perjuangan PGRI dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Setiap gambar yang tersirat dalam motof batik memiliki beragam makna yang saling mendukung dan berkaitan. Adapun rincian makna yang terkandung pada motif batik Kusuma Bangsa sebagai berikut :

1. Gambar bunga yang berada pada urutan teratas mengandung arti bahwa guru sebagai pendidik yang baik akan menjadikan generasi yang akan mengharumkan bangsa dan negara.

2. Gambar sawat/pita disimbolkan sebagai sayap yang akan membawa generasi penerus terus maju ke puncak teratas yang pada akhirnya tercapai satu kemajuan bagi bangsa dan Negara.

3. Gambar undakan melambangkan tingkat satuan pendidikan dari TK, SD,SMP, SMA/SMK serta perguruan tinggi daun divisualisasikan sebagai pucuk yaitu cikal bakal dari bunga yang akan menjadi buah, dari sebuah daun akan tumbuh bunga yang harum dan berbuah kesuksesan.

4. Gambar rantai sebagai ikatan yang kuat dan saling mendukung bersatu padu untuk mencapai semua tujuan dengan baik yang dilandasi dengan kasih sayang.

5. Gambar bunga wijaya kusuma disimbolkan sebagai bunga yang selalu mekar tanpa dapat diketahui, begitupun tugas mulia mulia guru, sosok pahlawan tanpa tanda jasa yang sepantasnya dihargai dan dihormati oleh semua pihak, karena guru adalah pelopor yang akan mencerdaskan tunas bangsa kearah yang lebih baik.

6. Gambar hitam berupa ujung tombak mengarah kebawah dikelilingi oleh liris, terdapat gambar bintang dengan tangkai yang mengarah ke segala arah, mengandung makna sebagai umat beragama yang sangat menjunjung tinggi Ketuhanan Yang Maha Esa dengan agama yang beragam, yang tersebar diseluruh pelosok Indonesia, yang merupakan satu kesatuan yang bersatu dalam satu tujuan untuk mencerdaskan bangsa, dengan akar dan fondasi yang kuat yang akan menjadikan generasi penerus sebagai cikal bakal pemimpin yang kuat, kokoh dan berkharisma yang akan membawa bangsa ke arah kemajuan.

Mengenakan batik PGRI sebulan sekali akan senantiasa mengingatkan kita akan tugas mulia kita sebagai guru, sekaligus menanamkan kebanggan dibalik solidaritas dan keikhlasan hati membawa generasi penerus bangsa menuju cita-cita mulia mempertahankan keutuhan NKRI serta menjaga kewibawaan Indonesia.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya, Bun

28 Jan
Balas

tksh bun, salam sukses...

02 Feb

Keren ulasannya Bunda. Sukses selalu Bunda.

25 Jan
Balas

tksh bunda, salam sehat selalu...

26 Jan

Ulasan yang sangat bermanfaat. Salam sukses selalu, Bu.

25 Jan
Balas

tksh apresiasinya bunda...salam sehat slalu

26 Jan

Keren ulasannya bunda. Salam sukses selalu bunda.

25 Jan
Balas

tksh kunjungannya bunda, salam sehat dan sukses

25 Jan

Informatif bundaSalam literasiFollback bun

25 Jan
Balas

tksh bunda, salam sehat slalu...

26 Jan

Semoga bermanfaat

25 Jan
Balas



search

New Post