Nursaniah Pasri

Nursaniah Pasri lahir di sebuah kota kecil Padangsidimpuan 46 tahun yang lalu. Selain mengadu kepada Allah, pensil dan kertas adalah sahabat setia saat didera s...

Selengkapnya
Navigasi Web
Uniknya Si Air Mata
hari ke 41

Uniknya Si Air Mata

Pernahkah anda menangis? Sebuah kalimat retoris yang sebenarnya tidak perlu dijawab. Menangis adalah luapan emosi saat seseorang merasa sedih atau bahagia. Menangis merupakan ungkapan hati yang tak bisa disembunyikan dari siapapun. Saat  tegang menunggu keputusan penting dalam hidup kita, air mata dengan setia turut menemani Jika hasilnya membahagiakan  maka tangis bahagialah pengiringnya, sebaliknya saat kecewa yang menjelama  tangisan kecewa pula yang hadir bersama.

Menangis adalah suatu proses alami yang terjadi pada manusia sejak dilahirkan.  Dengan menangis kita dapat  mentransfer emosi secara biologis menjadi air mata. Airmata yang kita keluarkan ternyata tidak sia-sia. Allah telah menganugerahkan semua yang melekat pada raga kita dengan membawa manfaat masing-masing. Airmata yang keluarpun memiliki fungsi yang berbeda. Yuk kita lihat beberapa jenis dan fungsi air mata.

Air mata emosi adalah air mata yang  keluar karena adanya tekanan emosi yang dialami seseorang. Air mata ini mengandung kadar zat pembuat stress yang tinggi, seperti adenokortikotropin (ACTH) dan kortisol yang  dapat memberi sinyal emosi kepada orang lain. Jadi jika Anda menangis saat sedang stress, Anda membantu mengeluarkan kedua zat kimia penyebab stress tersebut sehingga perasaan kita jauh lebih baik setelah menangis.

Air mata basal adalah air mata yang selalu ada di dalam mata karena berfungsi untuk melembapkan, menutrisi, dan melindungi mata. Kelenjar lakrimal yang berada di sisi terluar bagian mata atas selalu memproduksi cairan yang mengandung protein dan antibakterial. Cairan ini mengalir dari bola mata bagian luar menuju kornea dan melumasi seluruh permukaan mata setiap kali kita berkedip.

Air mata reflek adalah air mata refleks berfungsi untuk melindungi mata dari iritasi, seperti iritasi yang disebabkan oleh debu, asap, maupun bawang. Diproduksi secara otomatis saat mata merasakan adanya gangguan atau ancaman yang mengganggu kenyamanannya.

Adapun  fungsi air mata adalah sebagai pengantar oksigen dan zat gizi pada organ optik, serta mengeluarkan produk sisa yang sudah tidak terpakai oleh organ optik kita, hampir sama seperti fungsi darah pada tubuh. Air mata juga meningkatkan citra yang terbentuk pada retina dengan menghaluskan penyimpangan yang ada pada permukaan bola mata. Hal itulah yang menyebabkan pandangan kita  kabur saat mata kita sedang kering.

Air mata juga merupakan mekanisme pertahanan tubuh karena air mata mengandung antibodi, enzim dan komponen kekebalan tubuh lainnya. Zat ini membantu melindungi mata dari mikroorganisme. Oleh karena itu, kita sangat membutuhkan air mata karena fungsi air mata yang sangat banyak.

Setelah mengetahui fungsi serta manfaat mengeluarkan air mata, boleh saja menangis, tapi jangan terlalu lama, sebab jika terlalu lama menangis enzim dan zat antibodi bisa mengering dan mengganggu kelembapan mata.

 

Refr : Buku Ajar Kesehatan Mata

Airlangga University Press, Sjamsu Budiono

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Artikel yg bagus, Bunda. Salam santun, smg sukses...

12 Sep
Balas

Tksh bunda, semangat berliterasi..sukses selalu

12 Sep

Tulisan keren Bu. Suka membacanya. Sukses Bu.

12 Sep
Balas

Tksh bunda, senang sdh brkunjung, salam literasi

12 Sep

keren bunda

12 Sep
Balas

Tksh bun sudah sudi berkunjung, sukses selalu....

12 Sep

Sangat informatif, keren bunda. Salam litarasi.

12 Sep
Balas

Tksh bunda, salam literasi

12 Sep

Sangat informatif, terima kasih

12 Sep
Balas

Tksh bunda untuk apresiasi dan kunjungannya

12 Sep

Dapat ilmu...luar biasa...barakallah

12 Sep
Balas

Tksh pak, semangat berliterasi

12 Sep

Menangis juga menyehatkan ya Bunda. Semangat berliterasi, semoga sukses selalu. Amin.

13 Sep
Balas

Bener pak.... asal jangan kelamaan, hehe... tksh kunjungannya...

13 Sep

Terima kasih ilmunya bunda, sukses selalu

13 Sep
Balas

Tksh bun, semangat ber literasi...

13 Sep

Terimakasih ilmunya Bu..sukses selalu

12 Sep
Balas

Sama sama bunda, senang jika bemanfaat, salam literasi

12 Sep

Tulisan yang super Bunda. Terima kasih ilmunya. Barokallahu fiik

12 Sep
Balas

Alhmdulillah jika bermanfaat, salam sukses selalu bun...

12 Sep

Mantul Bu, edukatif. Andai saja kita menangis hanya karena bahagia ya Bu.Salam literasi,Tetap Semangat!

12 Sep
Balas

Aamiin... smg tangis bahagia yg slalu hadir bun... Salam sukses...

13 Sep

Menangis membuat hati lega dan dada yang sesak terasa lapang, keren ulasannya bunda, sukses selalu.

12 Sep
Balas

Tksh bunda...semangat berliterasi, sukses slalu...

12 Sep



search

New Post