Nur Solisoh, SP.d

Guru SMP Negeri 1 Kertanegara, kabupaten Purbalingga Jawa Tengah, pernah kuliah di IKIP Negeri Jakarta ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Strategi Pembelajaran Tata Surya

Strategi Pembelajaran Tata Surya

Materi IPA kelas IX pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) semester genap adalah Tata Surya.

Tidak seperti biasa pelajaran IPA khususnya Fisika, harus banyak menjelaskan berbagai karakteristik benda langit beserta faktor pendukung lainnya.

Harus ngomong dua jam full, sampai berbusa busa ?

Tentu tidak. Guru IPA harus bisa mencari strategi mengajar yang pas beserta media dan model yang membuat anak didik lebih tertarik dan tertantang.

Bisa dibayangkan seandainya guru hanya menjelaskan " ini lho ... Merkurius merupakan planet paling dekat dengan matahari, Venus yang di beri julukan bintang timur" dan seterusnya. Lama kelamaan anak menjadi jenuh dan ujung - ujungnya mereka pada bercerita satu sama lain. Belum lagi yang ngantuk dan tertidur mendengarkan guru bercerita.

Dengan menggunakan media pembelajaran LCD dapat untuk menayangkan Vidio tentang tata Surya. Mulai dari planet terdekat Sampai planet terjauh beserta karakteristik.

Proses terjadinya siang dan malam akan lebih jelas terlihat, perbedaan waktu untuk beberapa daerah yang terpisah oleh garis bujur ,gerak matahari yang seolah - olah bergerak dari timur ke barat semua itu sebagai akibat dari rotasi bumi, akan terasa lebih nyata dan jelas jika dibandingkan dengan penjelasan tanpa media.

Penayangan seperti itu saja barangkali tidak cukup, lagi - lagi anak akan bercerita dan ribut sendiri. Maka langkah berikutnya ajaklah anak - anak ke lapangan untuk bermain peran.

Tentunya sudah diinformasikan terlebih dahulu,bahwa nanti akan dilakukan permainan bermain peran sebagai anggota tata surya.sehingga diharapkan masing - masing anak akan berusaha memperhatikan ,agar jangan sampai terjebak tidak bisa menjawab.

Setelah itu sekiranya anak dianggap sudah menguasai materi,tiba saatnya bermain kuis yang menantanh..sehingga kita tahu seberapa persen materi yang sudah terserap anak didik.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post