NURUL FAIZAH, S.Pd.M.Si

Tempat kerjaku di SD Negeri Rowosari Kec Limpung Kabupaten Batang Provinsi Jawa Tengah Lahir di Batang, 13 Pebruari 1967 Tempat tinggal di Limpung Kabupaten B...

Selengkapnya
Navigasi Web
Daring KTI Menjadi Buku

Daring KTI Menjadi Buku

Tantangan hari ke-81

#TantanganGurusiana

Senin, 11 Mei 2020 ada tiga agenda penting yang tidak dapat kutinggalkan. Pada jam, hari dan tanggal yang sama kegiatan itu bersamaan. Yaitu undangan pengurus KKKS, penyempurnaan SPJ bantuan KSN di Dinas Pendidikan Batang dan kegiatan daring KTI 3.

Harus pandai mengatur waktu dan siasat agar semuanya tercover. Dari ketiga kegiatan tersebut akhirnya saya harus mengorbankan salah satu. Yaitu pertemuan pengurus KKKS se-Kabupaten Batang tidak saya ikuti. Dengan pertimbangan sudah ada ketua dan bendahara yang mengikutinya, sehingga masih ada perwakilan dari Kecamatan Limpung.

Menjelang pukul 09.00 WIB saya sudah memasuki ruangan Dikdas dimana SPJ itu harus disempurnakan terkait dengan pencairan bantuan, sebelum digandakan. Sambil melengkapi kekurangan tersebut saya membuka aplikasi Zoom Cloud Meetings untuk mengikuti kelas daring KTI. Walaupun sebenarnya kurang fokus tapi lumayan daripada tidak mengikuti sama sekali.

Saya pun harus mengikuti kegiatan dengan menggunakan handphone dan laptop. Dengan menggunakan handphone itu fleksibel karena bisa dibawa kesana kemari. Sedangkan dengan laptop, lebih jelas karena gambar, tulisan dan suara lebih jelas. Semua itu saya lakukan karena tidak mau ketinggalan pada materi hari ini, yaitu bab 3 dan 4 penulisan KTI menjadi buku.

Fokus pembahasan bab ini adalah hasil penelitiannya. Bab 3 tidak disertakan hanya diringkas sebagai pengantar bab 4. Uraian pengantar tersebut setidaknya meliputi uraian singkat tentang latar belakang dan masalah penelitian, analisis data penelitian, dan setting penelitian.

Dalam kesempatan itu juga dipaparkan berbagai contoh metode penelitian diantaranya, action research dan research and development. Action research atau penelitian tindakan merupakan salah satu bentuk rancangan penelitian, dalam penelitian tindakan peneliti mendeskripsikan, menginterpretasi dan menjelaskan suatu situasi sosial pada waktu yang bersamaan dengan melakukan perubahan atau intervensi dengan tujuan perbaikan atau partisipasi.

Sedangkan research and development, penelitian dan pengembangan atau Litbang adalah kegiatan penelitian dan pengembangan, dan memiliki kepentingan komersial dalam kaitannya dengan riset ilmiah murni dan pengembangan aplikatif di bidang teknologi.

Disampaikan juga, teknik pengumpulan data dengan kuesioner, observasi dan wawancara. Kuesioner: bila responden jumlahnya besar dapat membaca dengan baik dan dapat mengungkapkan hal-hal yang bersifat rahasia. Observasi: bila objek penelitian bersifat perilaku manusia, proses kerja, gejala alam, dan responden kecil. Wawancara: bila ingin mendapatkan hal-hal dari responden secara lebih mendalam serta jumlah responden sedikit.

Pelatihan Daring Mengubah KTI menjadi buku pertemuan yang kedua ini fokus dengan pembahasan tugas hari pertama. Dan untuk tugas berikutnya dibahas pada pertemuan selanjutnya. Dilanjutkan dengan pembimbingan selama satu bulan melalui grup WhatsApp.

Selasa, 12 Mei 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap, semoga semua lancar dan semakin membahana di Kabupaten Batang.Saya ikut senang dan bangga punya yunior yang melebihi senior.hhhhh.Luar biasa semangatnya.Salutttt

12 May
Balas

Terimakasih Mb

12 May

Luar biasa pokoke... Is the best

12 May
Balas

Matur suwun yaa

12 May



search

New Post