NURUL FAIZAH, S.Pd.M.Si

Tempat kerjaku di SD Negeri Rowosari Kec Limpung Kabupaten Batang Provinsi Jawa Tengah Lahir di Batang, 13 Pebruari 1967 Tempat tinggal di Limpung Kabupaten B...

Selengkapnya
Navigasi Web
Di Rumah Aja Dengan Menyusun PTS

Di Rumah Aja Dengan Menyusun PTS

Tantangan hari ke-73

#TantanganGurusiana

Dengan merebaknya Covid-19 ini, di rumah aja menjadi alternatif yang paling aman dalam menekan penyebaran virus yang sangat berbahaya ini. Sesuai protokoler kesehatan dalam pencegahan penyebaran Corona juga sudah tepat diantaranya stay at home, home learning, work from home, social distancing dan physical distancing. Begitu juga dengan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah wilayah di Indonesia.

Apalagi wabah Corona belum tahu kapan akan berakhir. Dan sekarang waktu belajar maupun bekerja dari rumah diperpanjang lagi sampai dengan tanggal 29 Mei 2020. Itu artinya kita semakin banyak tinggal di rumah, yang kalau tidak ada kegiatan jadi jenuh dan bosan.

Sangat beruntung dengan adanya kegiatan yang diprakarsai oleh Media Guru yang dimotori oleh Bapak Mohammad Ihsan bekerja sama dengan Indosat Ooredoo mengadakan kegiatan Webinar 1 dan 2. Kegiatan itu sangat bermanfaat sekali terutama bagi bapak dan ibu guru yang selama ini bekerja dari rumah. Ditambah lagi kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu mengubah KTI menjadi buku secara online angkatan III.

Disamping kegiatan yang tersebut di atas, saya juga memilih kegiatan untuk menulis karya tulis ilmiah sebagai pengembangan keprofesian, dalam hal ini adalah dengan menyusun laporan penelitian tindakan sekolah (PTS). Dengan pertimbangan bahwa karya tulis ilmiah diperuntukkan sebagai salah satu syarat yang harus dipenuhi dalam kenaikan tingkat bagi ASN.

Sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Negara Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Guru dan Angka Kreditnya, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Pengembangan Profesi bagi Guru sebagai salah satu unsur utama dalam kenaikan pangkat dan pengembangan karirnya selain kegiatan/pembimbingan dan tugas tambahan lain yang relevan dengan fungsi sekolah yang diberikan angka kredit untuk kenaikan pangkat/jabatan fungsional guru.

Karya ilmiah adalah laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan (Wikipedia).

PTS adalah suatu penelitian yang dilakukan oleh kepala sekolah. Berupa laporan hasil penelitian. Laporan hasil penelitian adalah publikasi ilmiah berisi laporan hasil penelitian yang dilakukan guru/kepala sekolah pada bidang pendidikan yang telah dilaksanakan di sekolahnya dan sesuai dengan tupoksinya.

Dalam PTS ini, penulis mengambil judul Pengaruh Kepemimpinan KS Memotivasi Disiplin dan Kinerja Guru. PTS dilaksanakan dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.

Kepemimpinan kepala sekolah dalam suatu lembaga pendidikan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam upaya peningkatan kinerja guru. Kepala sekolah yang diberi tugas tambahan untuk memimpin sekolah dasar (Permendiknas Nomor 28 tahun 2010), maka kepemimpinan kepala sekolah adalah Cara atau usaha kepala sekolah dalam mempengaruhi, mendorong, membimbing, mengarahkan, dan menggerakkan guru, staf, siswa, orang tua siswa, dan pihak lain yang terkait, untuk bekerja/berperanserta guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Berada dan bekerja dari rumah ini memang betul-betul saya manfaatkan untuk membuat laporan PTS yang saya targetkan pada awal Juli harus sudah selesai. Dengan harapan semoga wabah ini akan segera berlalu. Sehingga pertengahan Juli sudah kembali bekerja lagi diawal tahun pelajaran. Rencananya pada minggu ketiga bulan Juli bisa melaksanakan seminar hasil penelitian sekolah.

Limpung, 4 Mei 2020

BIODATA PENULIS

Penulis dilahirkan dengan nama Nurul Faizah di Batang, 13 Pebruari 1967. Setiap hari bekerja sebagai Kepala Sekolah di SD Negeri Limpung 01 Jln. Jenderal Soedirman No 87 Limpung Batang Jawa Tengah. HP 082323615358. Akun FB: Nurul Faizah, Email: [email protected]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semoga dan disemogakan masuk,semangat dan terus berkarya.

04 May
Balas

Aamiin, matur suwun mb

04 May

Semoga sukses PTS-nya Bu. Salam sehat selalu

04 May
Balas

Aamiin, terimakasih Bu

05 May



search

New Post