NURUL FAIZAH, S.Pd.M.Si

Tempat kerjaku di SD Negeri Rowosari Kec Limpung Kabupaten Batang Provinsi Jawa Tengah Lahir di Batang, 13 Pebruari 1967 Tempat tinggal di Limpung Kabupaten B...

Selengkapnya
Navigasi Web
PTS Bagian dari PKB

PTS Bagian dari PKB

Tantangan hari ke-83

#TantanganGurusiana

Tak terasa kenaikan tingkat IV/b sudah dua tahun berjalan, terhitung mulai 1April 2018. Itu artinya bahwa saya sudah bisa mengajukan kenaikan tingkat lagi yaitu ke IV/c. Mestinya dengan syarat-syarat yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah harus mempunyai tiga laporan penelitian tindakan atau biasa disebut PTK/PTS. PTK/PTS adalah merupakan komponen dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB). Komponen PKB meliputi: pelaksanaan pengembangan diri, publikasi ilmiah, dan karya inovatif.

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) adalah pengembangan kompetensi guru yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan, secara bertahap, berkelanjutan untuk meningkatkan profesionalisme guru. PKB dilaksanakan agar guru dapat memelihara, meningkatkan dan memperluas pengetahuan dan keterampilannya untuk melaksanakan proses pembelajaran secara profesional. Pembelajaran yang berkualitas diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap guru.

Guru merupakan pendidik profesional yang mempunyai tugas, fungsi dan peran penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Profesi guru perlu dikembangkan secara terus menerus dan proporsional menurut jabatan fungsional guru. PKB guru merupakan kendaraan utama dalam upaya mrmbawa perubahan yang diinginkan berkaitan dengan Kebersihan siswa agar siswa mempunyai pengetahuan lebih, keterampilan yang lebih baik, dan menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang materi ajar serta mampu melakukannya.

Kembali ke pokok permasalahan yaitu persiapan dengan menyusun laporan PTS. Yang harus dipersiapkan adalah proposal PTS. Karena laporan PTS berpijak pada proposal. Proposal merupakan paparan rencana kegiatan penelitian berupa tindakan untuk memecahkan masalah di sekolah. Cikal bakal laporan PTS meliputi: menyusun proposal PTS, menyusun instrumen dan perangkat pembelajaran, memvalidasi instrumen, melaksanakan penelitian dalam beberapa siklus, menyusun laporan PTS, dan melaksanakan desiminasi/seminar hasil penelitian.

Kegiatan seminar dilaksanakan di sekolah yang pesertanya guru dan kepala sekolah minimal 15 orang. Dengan pelaksanaan seminar hasil penelitian sangat bermanfaat bagi guru dan juga menjadi wahana berbagi pengalaman antara guru/kepala sekolah baik guru satu sekolahan maupun dengan sekolah lain. Semoga yang saya agendakan dapat terwujud dengan memanfaatkan situasi yang seperti sekarang ini.

Kamis, 14 Mei 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Artikelnya kerenn

14 May
Balas

Terimakasih Bu, telah hadir

14 May

Terimakasih Bu, telah hadir

14 May

Mantaaappp..saya sukaaaa

14 May
Balas

Terimakasih Bu

14 May

Salam kenal nggih Bundaa

14 May
Balas

Nggih,. Salam kenal kembali dengan senang hati

14 May

Sukses selalu semoga meraih IV e.Pak Blangkon br IV aSalam kenal

14 May
Balas

Aamiin, terimakasih Pak, salam kenal kembali

14 May

Mantap lanjut ke IV C semoga sukses

14 May
Balas

Aamiin, matur suwun mb

14 May



search

New Post