NURUL FAIZAH, S.Pd.M.Si

Tempat kerjaku di SD Negeri Rowosari Kec Limpung Kabupaten Batang Provinsi Jawa Tengah Lahir di Batang, 13 Pebruari 1967 Tempat tinggal di Limpung Kabupaten B...

Selengkapnya
Navigasi Web
Saat yang Tepat Untuk Daring

Saat yang Tepat Untuk Daring

Tantangan hari ke-71 #TantanganGurusiana

Sejak wabah melanda negeri ini kegiatan daring seperti Webinar menjadi solusi yang tepat dalam kegiatan pengembangan diri bagi guru-guru di Indonesia. Webinar 2 ini dilaksanakan pada hari Kamis, 30 April 2020 pukul 09.00 - 12.00 WIB. Kegiatan ini diselenggarakan atas kerja sama Media Guru Indonesia dengan Indosat Ooredoo.

Sejak pukul 08.30 WIB sudah standby di depan laptop dan handphone selalu disandingnya. Baru saja selesai mengisi form pendaftaran pelatihan mengubah KTI menjadi buku lewat daring Angkatan III. Sambil menunggu waktu bersama kakak senior saya di Gurusiana, menyelesaikan perubahan RKAS yang hari itu adalah batas terakhir untuk mengumpulkan tagihan tersebut. Begitu melihat jam di dinding sudah lebih 30 menit berselang, artinya kita ketinggalan sekitar setengah jam.

Mau masuk mengikuti kegiatan Webinar 2 Sulitnya bukan main. Sampai beberapa kali Nomor ID dan password kumasukkan gagal terus. Ulang lagi gagal lagi. Akhirnya saya mengikuti lewat live streaming channel YouTube dengan laptop. Sambil kucoba lagi barangkali bisa masuk.

Lain dengan saudara Yayuk Kaniyah begitu ngeklik ID dan password langsung ok, mungkin karena Dia sudah pernah ikut di Webinar 1. Jadi lancar masuknya.

Tetapi saya tidak patah semangat. Kucoba lagi dan lagi. Walaupun sambil melihat tayangan live streaming di laptop. Atas usaha yang sungguh-sungguh akhirnya pukul 10.30 WIB bisa masuk, dan bisa mengikuti Webinar 2 sampai selesai. Tidak sia-sia usaha yang saya lakukan.

Untuk memperdalam materi yang kemarin yang kurang konsentrasi, saya buka YouTube.

Memang luar biasa kegiatan yang diprakarsai oleh Media Guru. Seperti apa yang disampaikan oleh Bapak Mohammad Ihsan selaku pimpinan. Beliau akan mengadakan secara berkala kegiatan yang seperti ini.

Beliau mengatakan bahwa banyak dijumpai guru sebagian besar enggan untuk menulis, merasa malas dan tidak mampu. Atas dasar itulah lantas Beliau mempunyai gagasan pertama kali membuka kelas menulis, satu buku satu kelas. Bisa dibayangkan kelas sejumlah 45 peserta hanya menghasilkan satu buku. Akhirnya berkembang membuka kelas yang sekarang ngetrend "Sagusabu", satu guru satu buku.

Lambat laun, sekarang banyak sekali yang menjadi penulis yang sudah menerbitkan buku. Bahkan satu penulis bisa menerbitkan puluhan buku. Ternyata kemampuan guru dalam menulis buku patut diacungi jempol. Melihat dinamika dan antusias Gurusianer yang selalu ingin mengembangkan diri, tiba-tiba berbagai pelatihan dihentikan dengan adanya wabah Pandemi Corona, sejak tanggal 16 Maret 2020. Tidak tahu akan sampai kapan. Semoga cepat berlalu.

Kita tidak boleh putus asa harus tetap berkarya di tengah Corona. Apalagi Media Guru sudah memfasilitasi dengan berbagai pelatihan- pelatihan lewat daring. Luar biasa yang dilakukan oleh Media Guru, misalnya dengan pelatihan mengubah KTI Menjadi buku dan pelatihan "SasiSabu", Satu siswa satu buku. Dengan pelatihan ini guru dan siswa bisa saling belajar. Untuk KTI Daring menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meetings yang jadwal pelaksanaannya mulai Kamis, 7 Mei 2020, Senin, 11 Mei 2020 dan Kamis, 14 Mei 2020, pukul 09.00 - 11.30 WIB. Kegiatan ini merupakan Angkatan III.

Alangkah indahnya dunia pendidikan kalau semua kalangan pendidik untuk selalu berinovasi dalam mengembangkan ilmunya. Sehingga pendidik betul-betul profesional di bidangnya.

Limpung, 2 Mei 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Saya ikut jadi Artis nie....

02 May
Balas

Ben tambah kondang

02 May

Tambah manteebbbb tulisane, tmbh kondang penulise. .. Goodluck...! !

02 May
Balas

Kondang in

02 May



search

New Post