Nurul Hidayaeni

Khairun nnaasi anfauhum linnaasi "sebaik baik manusia adalah bagi yang bermanfaat bagi manusia lainnya." #Semangat ! tebar kebaikan dan menjadi orang yang...

Selengkapnya
Navigasi Web
Belajar Tahsin Tilawah Al Qur'an Al Haqq

Belajar Tahsin Tilawah Al Qur'an Al Haqq

📖Belajarlah selagi masih ada kesempatan.💝

📖Belajarlah selagi masih bernafas.💝

***

"Belajar Tahsin Tilawah Al Qur'an Al Haqq"

Suatu kesempatan yang luar biasa bisa bergabung di lingkaran Majelis Tahsin Al Haqq Berau. Alhamdulillah 🤲🏻

Tahsin ini di gagas oleh Yayasan Al Haqq Indonesia. Berpusat di Balikpapan Kaltim. Buku Tahsin dari ust. Saiful Anwar, MA. Yang menjadi Direktur LTTQ (Lembaga Tahsin & Tahfidzul Qur'an) Ar Rahmah.

Saya berada di lingkaran tahsin ini, bermula mendapat japrian Wa dari Ustadzah Salikah, Waka Al Qur'an Sdit Ash Shohwah. Beliau berkata: 

"Asatidzah ini ada Tahsin dari Al Haqq, jadi tujuan mengikuti pelatihan ini, untuk memperbaiki bacaan, bukan kita untuk mengganti metode, karena ini InSyaaAllah, bersanad hingga ke Rasulullah SAW, cukup bagus Tahsinnya, maka ana tawarkan ke Ustadzah yang mengajar Al Qur'an"

Beliau pun memperlihatkan bannernya.

Dalam hati  saya berkata: ini kesempatan memperbaiki Makhorijul huruf, bacaan, yang terkadang khilaf pada saat membaca, kita tidak merasa. 

Maka perlu lebih mendalami lagi Tahsin, Teori Tajwid dan mempraktekkan bacaan Tajwidnya secara baik dan teliti, di bacaan yang terpotong-potong maupun ayat Al Qur'an.

Sebelum bergabung Tahsin, para peserta yang mendaftar, akan di seleksi melalui via zoom, yang di dalamnya ada para pembina Al Haqq.

Sungguh deg degan,.. Alhamdulillah di lancarkan tes bacaannya dan saya bergabung dengan kelompok Tahsin Asasi 2, dan mencari waktu bisa hadir dalam satu kelompok. 

Alhamdulillah bersyukur ada hari Sabtu sore, hari itu saya isi waktu free saya dengan belajar Tahsin Al Haqq.

Pembimbing Asasi 2 Sabtu, oleh ustadzah Lena. Kebetulan sudah lama ingin kenalan dengan beliau.

Qadarullah, dipertemukan di Tahsin Al Haqq dan di bimbing oleh beliau.

Senang bertemu dan berkenalan dengan Ustadzah Lena.🥰

Ustadzah Lena, dalam membimbing sangat ramah, teliti dalam menyimak dan menegur pada saat peserta membaca dengan salah, demi perbaikan bacaan yang lebih baik ke depan.

Membaca buku praktis Tilawah, pertama di talaqqi, dibacakan dan peserta mengikuti. Setelah itu, baca secara bergantian.

Ketika ada peserta yang tidak hadir, maka di ganti dengan secara online via zoom, Vidcall dan mengirimkan audio suara.

Selama satu semester, tak terasa dan buku Tahsin selesai terbaca dan mendekati ujian akhir. Sebelum ujian, kami berlatih membaca berulang, bacaan yang sudah di baca.

Yang selalu dipesankan adalah konsisten pada Panjang pendeknya, dengungnya dan mengingat tanda (ا   و  ي) tidak bersukun, bertemu tanda ini di baca Panjang 2 harakat. 

Bacaan Tahsin ini mendalami penulisan Al Qur'an pada Rosm Ustmani.

Oleh karena itu, kami di suruh membawa Al Qur'an yang tulisannya Rosm Ustmani.

Sangat bersyukur, Alhamdulillah . . . Bisa mempelajari bacaan Rosm Ustmani, yang dahulu, penasaran  ini tanda apa, kenapa tidak ada sukunnya. Dan kenapa ada yang bersukun? Jawabannya sudah saya temukan dalam lingkaran Tahsin ini.

MaaSyaaAllah . . .

Pada lingkaran INDAH  ini, di taman surga-Nya dunia. Saya mendapat pengetahuan tambahan tentang ilmu Al Qur'an, khusus nya mushaf Utsmani.

Kembali mendekati ujian Tahsin pada hari Ahad tanggal 6 Maret 2022. Jam 09.00 sampai selesai. Via online zoom meeting.

Seluruh kelompok Tahsin ikut ujian, yang di mulai dari hari Sabtu-Minggu.

Jadwal kelompok saya hari Minggu. Melihat jam mendekati ujian, saya udah bersiap-siap duduk, menunggu sambil mengulang bacaan Tahsin, jantung ikut memberi irama "deg degan". Ketika tiba nama saya dan masuk Room zoom, pengujinya Asatidzah dari LTTQ pusat Balikpapan, membaca memperhatikan dengan seksama bacaan di layar zoom.

Bismillah... Membaca sambil memperhatikan huruf yang baru terlihat akan penggalan bacaan. Alhamdulillah . . . Allah bantu, bacaannya Lancar. Dalam hati berdoa semoga Lulus dan lanjut level.

Pada tanggal 9 Maret 2022, jam 20.00 WITA. Pengumuman hasil ujian Tahsin.

Mendapat Japrian dari Ustadzah Lena, kabar gembira, Alhamdulillah 🤲🏻 lanjut di level Tamhidi.

Mengutip kata kata Indah dalam japrian Beliau:

Alhamdulillaah...

Yang terpenting adalah bahwa hati kita selalu terikat dengan AlQur'an. 

Kita tetap mencintainya, cinta untuk mempelajarinya, cinta untuk terus memperbaiki bacaannya, cinta untuk memahaminya & mengamalkannya.

Orang yang belajar itu ibarat sedang berada di taman Surga. Maka nikmatilah...

Nikmati hingga الله mencukupkannya bagi kita. 

Tetap semangat & istiqomah ya Ukhti fillah.. 💝🌹

MaaSyaaAllah. . . Pada malam itu, ana bersilaturahmi ke rumah ustadzah Nur Hasanah, Ikhtiar terapi. turun hujan berkah, mendapat japrian  kata kata yang INDAH. 

Alhamdulillah..

 Hujan turun hanya sebentar, ana pun bisa pulang dan tidak basah. 

Suatu kenikmatan luar biasa berada di taman surga, di majelis ilmu ini, berusaha terus belajar, Ikhtiar, akan INDAH pada waktunya.

Ada Doa yang sangat menenangkan hati, doa ini dibaca sebelum memulai belajar Tahsin.

اللّٰهُمَّ اجْعَلِ الْقُرْآنَ الْعَظِيْمَ رَبِعَ قُلُوبِنَا وَنُوِرَ صُدُوْرِنَا وَجَلاَءَ أَحْزَانِنَا وَذَهَابَ غُمُوْمِنَا وَهُمُوْمِنَا

"Ya Allah... Jadikanlah Al Qur'an Yang Agung sebagai penyejuk hati kami, cahaya bagi dada kami, pelipur kesedihan kami, dan pengusir gunda gulana kami." Aamiin . . .

Jazakillahi Khairan Katsiir Wa Syukron, Ustadzah Lena, yang telah sabar membimbing kami, ada di antara kami yang masih perlu banyak berlatih, terimakasih bimbingan dan ilmunya. Semoga kehidupan para Asatidzah pembimbing Tahsin Al Haqq dalam keadaan sehat Wal'afiat, berkah dan bahagia keluarganya, bertemu dan berkumpul di Jannah-Nya... Aamiin ya Robb 🤲🏻

Jazakumullah Khairan, pengurus LTTQ ALHAQ kab. Berau, semoga semakin sholid persaudaraan dan istiqamah di jalan Al Qur'an, melahirkan masyarakat yang cinta Al Qur'an dan Fasih, baik, Indah bacaan ayat-ayat suci-Nya. . . Aamiin 🤲🏻

Jika pendaftaran di buka, angkatan ke 2, Ayuukk bergabung belajar Tahsin Al Haqq. 

Belajarlah selagi masih diberi kenikmatan waktu dan masih bernafas.

Tidak ada yang tahu kapan panggilan-Nya.

Jika merasa bacaan sudah bagus, tetaplah belajar dan belajar. Ilmu perlu di dalami, di ulang-ulang dan dipraktekkan dengan baik dalam kehidupan ini.

Salam Ukhuwah.Salam Cinta Karena Allah.💝

***

_Nurul Hidayaeni.

 🌹🌹🌹🌹🌹

_Berau, 12. Maret 2022. Sabtu

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post