Lembar Observasi Pembelajaran Differensiasi PPG Daljab Angkatan 3
LEMBAR OBSERVASI GURU
TAMAN KANAK-KANAK Plus AT TAQWA
Nama : Nurul Hidayati, S.Pd
Kelompok/Kelas : B-1/Al Malik
Hari/Tanggal : Senin, 29 Januari 2024 ,
Semester/TP. : 2/2023-2024
No.
Aspek yang di amati
Keterangan
Catatan
Terlaksana
Tidak terlaksana
A. KEGIATAN PAGI
1.
Guru memandu anak dalam kegiatan senam bersama
√
2.
Guru menyiapkan dan melaksanakan kegiatan Itaka Hasima untuk membangun konsep keaksaraan
√
3.
Guru mengajak anak berbaris sebelum masuk kelas dengan rangkaian ice breaking dan membaca ikrar bersama-sama
√
4.
Pembukaan :
a. Guru mengajak anak untuk berdoa sebelum kegiatan dengan adab yang baik dan benar
√
b. Guru memberi kesempatan dan membimbing anak untuk menjadi leader Greeting dalam 3 bahasa (Bahasa Jawa, English and Arabic) secara bergantian
√
c. Guru mereview hafalan/tahfidz surat Adh-dhuha dengan murojaah dan ziyadah
√
Tahfidz surat diralat, yaitu surat Al Insyiroh
d. Guru mengajak anak melantunkan tahfidz hadits larangan terburu-buru, tahfidz doa memakai dan melepas pakaian sesuai dengan bacaan dan lagu yang benar (metode WAFA)
√
e. Guru memimpin lantunan 99 Asmaul Husna
√
Ralat: melantunkan 25 Asmaul husnah dan artinya
f. Guru mendampingi anak mengaji yang dipimpin guru Al Qur’an (metode WAFA)
√
5.
Guru memberikan apersepsi pada anak secara keseluruhan (membuat kontrak belajar, menyanyi lagu tentang profesi, tepuk profesi, menyampaikan topik belajar, dst)
√
6.
Menonton video tentang profesi orang tua
√
7.
Diskusi/Sharing tentang macam-macam profesi dan tempat kerja orang tua
√
B. KEGIATAN INTI
Tahap pertama
1.
Guru menyiapkan bahan, media dan peralatan belajar dengan cermat
√
2.
Guru menyajikan kegiatan sesuai materi/topik pembelajaran
√
3.
Guru menjelaskan ragam kegiatan dengan runtut beserta proses cara pengerjaannya sesuai dengan prinsip pembelajaran berdiferensiasi.
√
4.
Guru memberikan kesempatan pada anak untuk menyampaikan pertanyaan jika belum memahami langkah-langkah dan cara menyelesaikan kegiatan sebagaimana penjelasan guru
√
5.
Guru memberikan penguatan atas pernyataan/pertanyaan yang disampaikan oleh anak.
√
Tahap kedua : Mengorganisasikan anak untuk belajar
6.
Guru membagi anak ke dalam 3 kelompok yang terdiri dari 6-8 anak untuk melaksanakan kegiatan sesuai ragam pilihan yang disediakan
√
7.
Guru melakukan demonstrasi juknis kegiatan pada masing-masing ragam pilihan yang disiapkan.
√
Tahap Ketiga: Membimbing kegiatan
8.
Guru membimbing anak dalam kegiatan pembelajaran (bagi yang membutuhkan)
√
9.
Guru memberikan dukungan kepada anak supaya percaya diri menyelesaikan tugasnya
√
Tahap Keempat : Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
10.
Guru menggunakan memberikan kesempatan secara acak pada maisng-masing anak untuk mempresentasikan hasil karyanya.
√
11.
Guru menilai presentasi anak dengan memberikan apresiasi yang dapat memotivasi anak lebih giat lagi dalam belajar
√
C. PENUTUP
1.
Guru bersama anak menyimpulkan tentang pembelajaran yang sudah dilaksanakan
√
2.
Guru melakukan review melalui quis yang menyenangkan
√
3.
Guru menyampaikan pesan terkait pembelajaran yang akan dilaksanakan esok hari.
√
4.
Guru menutup kegiatan pembelajaran
√
Brondong, 29 Januari 2023
Observer
Silviana, S.Pd
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar
Terimakasih bun
Sangat inspiratif bunda
Luar biasa