Nurul Qomariyah

Guru di TK Negeri Pembina Sampang, Madura. Alumni UNESA, aktivis di organisasi internal kampus (BEM), dan organisasi eksternal (HmI) selama menjadi mahasis...

Selengkapnya
Navigasi Web
TANGAN KANANTangan Bagus?
#BDR #origami

TANGAN KANANTangan Bagus?

Origami merupakan seni melipat kertas yang berasal dari Jepang. Kegiatan tersebut umum dilakukan dalam pembelajaran di taman kanak-kanak (TK). Melipat adalah salah satu kegiatan untuk melatih keterampilan motorik halus. Agar anak terbiasa mengkoordinasikan mata dengan tangan kanan dan tangan kiri.

Sebagaimana kegiatan saya sebagai guru dalam mengajak anak dan orang tua belajar di rumah saja. https://youtu.be/AQJeH1f4NYg

Selama ini yang saya dengar, orang tua lumrah menyebut atau memberitahu anak bahwasannya tangan kanan sebagai tangan yang bagus, sedangkan tangan kiri adalah sebaliknya. Contoh percakapannya seperti berikut:

Ayah: "Nak, ini jajan buat kamu", kata ayah sambil menyodorkan jajan pada anaknya.

Anak: "terimakasih ayah", sambut putranya dengan gembira sambil mengambil jajan yang disodorkan oleh ayahnya menggunakan tangan kiri.

Ayah: memukul pelan tangan kiri anaknya seraya berkata, "gak boleh, itu tangan jelek, pakai tangan yang bagus".

Hal ini menurut saya kurang tepat karena dapat mempengaruhi persepsi anak tentang baik dan buruk. Karena di dunia ini ada orang yang kidal. Allah SWT menciptakan kedua tangan untuk kepentingan manusia, tidak baik bukan mencela ciptaan Tuhan?

Dalam kehidupan sehari-hari, manusia yang memiliki kedua tangan sempurna tidak mungkin hanya menggunakan satu tangan kanannya saja atau tangan kirinya saja. Ada kalanya digunakan secara bergantian, ada kalanya lebih dominan tangan kanan atau kebalikannya, ada saatnya digunakan bersamaan.

Sesuai ajaran agama Islam dan adat ketimuran, tangan kanan digunakan untuk makan dan minum, tangan kiri untuk membersihkan setelah buang air kecil (BAK) atau buang air besar (BAB). Namun ketika kita berhadapan dengan orang yang mempunyai kepercayaan dan budaya yang berbeda, alangkah baiknya jika kita menghargainya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap bu. Sangat menginsipirasi.

02 Jun
Balas

Masih belajar Bu hehehehe, terimakasih komentarnya sangat memotivasi..

03 Jun

Terima kasih renungannya bu

02 Jun
Balas

Berusaha menyatakan Pak hehehehe, terimakasih kembali..

03 Jun



search

New Post