Nurul Swandari

Mengabdi di PP Bahrul Ulum Jombang. Karena kau menulis. Suaramu takkan padam ditelan angin, akan abadi sampai jauh di kemudian hari. (Pramoed...

Selengkapnya
Navigasi Web
Peran Perpustakaan dalam Mendukung Gerakan Literasi Sekolah
Kegiatan Musyawarah Pustakawan Sekolah yang dihadiri oleh Bu Atuh Khumairoh, S.IP dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Jombang.

Peran Perpustakaan dalam Mendukung Gerakan Literasi Sekolah

Kegiatan Musyawarah Pustakawan Sekolah (MPS) pada hari Rabu, 23 Januari 2019 di MTs Fattah Hasyim Tambakberas Jombang mulai pukul 08.00-12.15 WIB dapat terlaksana dengan lancar. MPS yang beranggotakan kurang lebih 60 pustakawan dari SMP/MTs dan SMA/MA se-Kab Jombang selalu memberikan kesempatan bertukar ilmu kepada sesama pustakawan. Sehingga setiap kendala yang muncul dalam pengelolaan perpustakaan dapat diatasi dalam wadah MPS.

Mengajak perpustakaan untuk menjadi salah satu unsur penggerak kegiatan literasi di sekolah merupakan inti kegiatan diskusi MPS hari ini. Dengan mengoptimalkan fungsi dan keberadaan perpustakaan akan mempermudah sekolah mewujudkan generasi literat.

Atuh Khumairoh, S.IP dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jombang, sebagai narasumber dalam kegiatan ini mengungkapkan bahwa perpustakaan berpeluang besar dalam mendukung gerakan literasi di sekolah. Terkait dengan hal itu, ada beberapa hal penting yang harus dimiliki oleh perpustakaan sekolah, antara lain: (1) Tersedianya koleksi yang sesuai dengan kebutuhan kurikulum sekolah yang dikelola dengan sistem yang sudah standar, (2) Staf perpustakaan yang profesional. (3) Fasilitas yang memadai. (4) Usaha promosi agar perpustakaan dimanfaatkan.

Adanya penataan perpustakaan yang sesuai standar dapat menumbuhkan kecintaan siswa terhadap kegiatan membaca. Hal ini sudah pasti akan memperkaya pengalaman belajar siswa. Bahkan dapat membantu siswa, guru, dan warga sekolah lainnya dalam mengikuti perkembangan ilmu pengetahun.

Selain pencerahan tentang literasi dan perpustakaan yang diberikan oleh Bu Atu, kegiatan MPS kali ini juga diisi dengan sharing kegiatan literasi di sekolah masing-masing. Misalnya saja, kegitan literasi yang sudah dilaksanakan oleh MTsN 3 Jombang sudah pada tahap menghasilkan karya siswa berupa tiga buah judul buku yang sudah diterbitkan Maret 2018.

Diskusi ini makin seru dan menarik karena banyak sekolah yang termotivasi untuk melaksanakan gerakan literasi sekolah secara maksimal. Kembali pada peran perpustakaan yang menjadi sumber informasi bagi siswa.

Semoga keberadaan perpustakaan sekolah dapat menambah wawasan siswa. Sekaligus mengoptimalkan kerja otak dan kemampuan interpersonal. Salam literasi. Maju bersama perpustakaan sekolah.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Bagus sekali Bu... Sepakat Salam literasi

23 Jan
Balas

Smart bsrsama perpustakaan dan literasi

23 Jan

Salam literasi

23 Jan
Balas

Salam literasi dan semoga literat Bu Arna.

23 Jan

Salah satu tulisan yang bermanfaat yang bisa saya pelajari hari ini... Terima kasih

23 Jan
Balas

Semoga bermanfaat

23 Jan



search

New Post