Osnely Jasmi, M.Pd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Pembelajaran Menulis melalui Writing Step By Step

Mata pelajaran Bahasa Inggris merupakan mata pelajaran wajib untuk tingkat SMP sehingga siswa dituntut untuk mampu mempelajari dan memahaminya. Tujuan pembelajaran Bahasa Inggris adalah untuk mengembangkan kemampuan mendengar ( Listening), berbicara ( Speaking) , membaca ( Reading) , dan menulis ( Writing). Dalam tulisan kali ini akan dibahas tentang pengembangan ketrampilan menulis yang terkadang sering terlupakan atau banyaknya kendala yang dihadapi guru seperti perbendaharaan kata , kemampuan menyusun kata menjadi kalimat dan beberapa permasalahan lainnya .

Dalam tulisan sederhana ini akan dipaparkan salah satu cara / strategi dalam pengembangan ketrampilan menulis dan diharapkan dapat menambah perbendaharaan strategi guru - guru bahasa Inggris dalam mengembangkan ketrampilan menulis khususnya pada pengembangan teks deskriptif yaitu melalui ‘ Writing Step by Step ‘

a. Persiapan :

Siapkan gambar gambar ( sesuai dengan tema , contoh : gambar kegiatan di supermarket, pantai , taman hiburan , dll )

b. Langkah - langkah kegiatan :

1. Siswa dibagi atas 5 atau 6 kelompok ( masing - masing kelompok terdiri dari 4 atau 5 orang / atau menyesuaikan )

2. Meja disusun melingkar sehingga memudahkan siswa untuk berpindah - pindah.

3. Masing - masing kelompok diberikan 1 gambar dan 1 helai kertas . Siswa harus menulis nama kelompok dan nama anggota kelompok di kertas yang diberikan.

4. Masing- masing kelompok diberi waktu 5 menit untuk menulis kata - kata ( kata benda, kata sifat , kata kerja ) yang berkaitan dengan gambar.

5. Setelah 5 menit pertama guru membunyikan pluit atau apapun untuk meminta siswa berhenti menulis.

6. Guru meminta siswa untuk pindah . kelompok 1 akan pindah ke kelompok 2 dan kelompok 2 akan pindah ke kelompok 3 , begitu seterusnya dengan catatan gambar dan kertas mereka ditinggalkan di meja .

7. Guru memberi waktu 5 menit lagi untuk kelompok menuliskan kata yang berkaitan dengan gambar ( menambahkan kosakata dari kelompok sebelumnya. ) Setelah 5 menit siswa diminta untuk pindah lagi ke kelompok berikutnya.

8. Guru memberi waktu lagi kepada siswa untuk membuat kalimat dari kata = kata yang telah ada ( abaikan dulu grammar / tata bahasa ) ( 5 menit ).

9. Siswa berpindah lagi ke kelompok berikutnya untuk membuat kalimat berdasarkan kata- kata yang ada dalam kertas kerja.( 5 menit )

10. Terakhir masing - masing kelompok akan kembali ke kelompoknya. Kelompok 1 akan kembali ke meja kelompok 1 . kelompok 2 akan kembali ke meja kelompok 2 begitu seterusnya…

11. Siswa masing- masing kelompok melihat hasil kerja kelompok lain di kertas kerja mereka kemudian melakukan revisi atau memperbaiki kalimat - kalimat yang telah dibuat kelompok lain dan bahkan boleh menambahkan kalimat lainnya.

12. Tugas terakhir masing - masing kelompok adalah menyusun kalimat menjadi sebuah paragraph yang baik.

13. Siswa diminta untuk mempresentasikan hasil tulisan mereka di dinding kelas dan diberikan kesempatan kepada siswa lain untuk window shopping.

14. Guru memberikan arahan akhir tentang penulisan teks deskriptif.

Writing step by step merupakan salah satu alternatif bagi guru bahasa Inggris dalam pembelajaran writing . tehinik pembelajaran ini dapat disesuaikan dengan tingkatan kelas untuk kelas VII dapat menggunakan gambar yang sederhana . tehnik ini baik sekali karena siswa SMP sangat suka bergerak , mereka agak bosan untuk duduk terus di meja melaksanakan pembelajaran..

Bapak/ibuk guru bahasa Inggris dapat mengaplikasikannya dalam pembelajaran . Semoga bermanfaat …

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Tulisan keren. Inspiratif. Salam literasi, sukses selalu.

01 Feb
Balas

Semakin mantap Ibu, indahnya berbagi Ilmu

01 Feb
Balas



search

New Post