Tina S. Atmasasmita

Lahir di Bogor, tahun 1973. Telah dikaruniai 2 (dua) orang putri. Mulai mengajar pada tahun 1996 di Kota Bogor, Alhamdulillah pada tahun 2005 Allah memberi kese...

Selengkapnya
Navigasi Web

Seminar Laporan Hasil PTK #TantanganGurusiana Hari ke-19

Seminar Laporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas

(Oleh : Meriam Mochas)

Saat seorang guru telah selesai menyusun Laporan hasil Penelitian Tindakan Kelas, tugas guru belum berakhir jika dokumen laporan kegiatan PTK tersebut akan diajukan untuk memperoleh angka kredit bahan usul kenaikan pangkat/jabatan. Tugas guru selanjutnya adalah mempublikasikan laporan kegiatan PTK tersebut. Publikasi laporan PTK dapat dilakukan melalui media cetak, seperti : jurnal ilmiah, majalah, bulletin, atau surat kabar.

Jika tidak memungkinkan publikasi dengan cara tersebut, laporan hasil PTK dapat didiskusikan melalui kegiatan tatap muka, yang lebih populer kita kenal dengan nama seminar. Laporan kegiatan PTK guru dibahas dan didiskusikan melalui kegiatan seminar yang bersifat ilmiah. Seminar ilmiah ini akan bermanfaat untuk banyak pihak. Tidak hanya bagi penyaji dan panitia seminar, melainkan juga bagi peserta seminar.

Laporan hasil PTK yang diseminarkan harus dilengkapi dengan beberapa surat keterangan pendukung. Surat-surat Keterangan pendukung yang melengkapi laporan hasil kegiatan PTK, diantaranya : 1) Lembar Pernyataan Keaslian Karya, dan 2) Surat Ijin Melaksanakan Penelitian, 3) Surat Pernyataan Melaksanakan Penelitian, 4) Lembar Pengesahan Laporan Hasil PTK, dan 5) Surat Keterangan Perpustakaan. Poin nomor 4) dan 5) biasanya dibuatkan oleh pihak sekolah setelah laporan hasil PTK diseminarkan. Bagian ini akan disampaikan penulis Insya Allah pada materi TantanganGurusiana hari ke-20.

Pada materi TantangaGurusiana hari ke-19 ini penulis akan memfokuskan pada teknis pelaksanaan seminar PTK dan dokumen-dokumen yang harus dipersiapkan sebelum pelaksanaan seminar PTK. Seminar laporan PTK guru terdiri dari tahapan : Persiapan Seminar dan Pelaksanaan Seminar.

1. Persiapan Seminar PTK

Hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum mengadakan seminar PTK :

- Menentukan Waktu dan Tempat pelaksanaan seminar

- Mempertimbangkan guru peserta seminar yang akan diundang, jangan sampai mengganggu proses KBM

- Menetapkan perangkat panitia seminar (Moderator, Penyaji, Notulis, Pendokumentasi kegiatan)

- Mempersiapkan Administrasi Seminar (Surat undangan seminar, Surat ijin penelitian, Berita acara seminar, Daftar hadir peserta seminar, dan lain-lain)

- Mempersiapkan sarana penunjang seminar (Bahan presentasi seminar, proyektor, media audio visual, dll)

2. Pelaksanaan Seminar PTK

Susunan acara pelaksanaan kegiatan seminar laporan PTK :

- Pembukaan kegiatan seminar (oleh Moderator)

- Kata pengantar (dari Kepala sekolah)

- Pemaparan laporan hasil kegiatan PTK (oleh guru penyaji)

- Diskusi dan tanya jawab dengan peserta seminar

- Pembacaan kesimpulan oleh notulis

- Penutup

- Tidak lupa semua tahapan kegiatan dalam seminar itu harus didokumentasikan.

ADMINISTRASI SEMINAR PTK

1. Surat undangan seminar PTK

Surat undangan Seminar PTK dibuat seperti kita membuat surat undangan rapat, dan undangan dinas lainnya. Yang benar-benar perlu diperhatikan adalah guru peserta seminar yang diundang sebaiknya tidak terganggu tugas utamanya untuk melaksanakan KBM. Pelaksanaan seminar ini juga bisa disisipkan menjadi sebuah sesi pada pelaksanaan workshop, atau IHT kurikulum di sekolah atau di MGMP Mata pelajaran.

2. Surat Ijin Penelitian

Conto

IJIN MELAKSANAKAN PENELITIAN

Nomor :

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama :

NIP : 19

Jabatan : Kepala Sekolah

Unit Kerja :

Dengan ini memberi ijin kepada :

Nama :

NIP. : 19

Jabatan : Guru Mata Pelajaran

Unit Kerja :

Tugas : Mengajar Mapel …..

Untuk melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada bulan ………. sampai dengan ……………………. di kelas ……………………….. Segala biaya yang diperlukan dibebankan kepada guru yang bersangkutan.

Demikian surat ini dibuat untuk dipergunakan sebagaimanamestinya.

…………, ……………………...

Kepala ………………,

………………………………….

NIP. 19

3. Berita Acara Seminar PTK

BERITA ACARA PELAKSANAAN SEMINAR LAPORAN HASIL PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)

Pada hari ini :

Tanggal :

Pukul :

Bertempat di :

Pada sekolah :

Alamat :

Telah diselenggarakan acara Seminar Hasil Penelitian :

Dengan judul ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

Hasil Karya :

NIP :

Jabatan :

Pangkat/Golongan :

Tempat Tugas :

Alamat Rumah :

Nomor Telepon :

Pada acara seminar tersebut :

Sebagai Penyaji :

Sebagai Moderator :

Sebagai Notulen :

Susunan acara seminar tersebut : (a) Pembukaan, (b) Sambutan Kepala Sekolah /Pengawas Sekolah, (c) Pemaparan Laporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas, (d) Tanggapan, pertanyaan, kritik/saran, dan masukan dari peserta seminar serta tanggapan dari penyaji, (e ) Penutup.

Jumlah peserta yang hadir : 24 orang (Daftar hadir terlampir)

Adapun notulen jalannya seminar, print out bahan tayang paparan penyaji serta foto kegiatan seminar sebagaimana terlampir dalam berita acara ini.

Demikian berita acara ini dibuat dengan sebenarnya, untuk dapat dipergunakan sebagaimanamestinya.

……………, …………………………

Kepala Sekolah, Peneliti,

…………………………………. ………………………………….

NIP. 19 NIP. 19

4. Daftar Hadir Peserta Seminar PTK

DAFTAR HADIR SEMINAR

LAPORAN HASIL PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Hari/Tanggal :

Waktu :

Tempat :

Judul : “ ……………………………………………………………………………………………….”

Penyaji :

Moderator :

NO

NAMA GURU

MAPEL YANG DIAMPU

TANDA TANGAN

1

1.

2.

2

3

3.

4.

4

5

5.

6.

6

7

7.

8.

8

9

9.

10.

10

11

11.

12.

12

13

13.

14.

14

15

15.

16.

16

17

17.

18.

18

19

19.

20.

20

Mengetahui

Kepala Sekolah, Penyaji,

…………………………………………….. …………………………………

NIP.19…………………………………. NIP. 19 ……………………

Demikianlah sedikit pengalaman penulis dalam menyelenggarakan seminar laporan hasil penelitian tindakan kelas pada tahun 2019.

#Belajar_PTK

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post