Ovrina Resti Arisandi,M.TPd.

Assalamualaikum Wr.Wb. Hallo temans..Salam kenal dari bumi rafflesia, Provinsi Bengkulu. Penulis dilahirkan di salah satu Desa di salah satu daerah kabupa...

Selengkapnya
Navigasi Web
MENGENAL LEBIH DEKAT  MODEL BLENDED LEARNING
https://bit.ly/2T7sZo7

MENGENAL LEBIH DEKAT MODEL BLENDED LEARNING

#TantanganGurusiana ke-4

MENGENAL LEBIH DEKAT

MODEL BLENDED LEARNING

Blended learning adalah sebuah kemudahan pembelajaran yang menggabungkan berbagai cara penyampaian, model pengajaran, dan gaya pembelajaran, memperkenalkan berbagai pilihan media dialog antara fasilitator dengan orang yang mendapat pengajaran. Blended learning juga sebagai sebuah kombinasi pengajaran langsung (face-to-face) dan pengajaran online, tapi lebih daripada itu sebagai elemen dari interaksi sosial.

Teknologi dan pendidikan tidak dapat dipisahkan, dimana semua hal itu harus sejalan. Blended learning adalah salah satu solusi yang bisa dilaksanakan oleh guru dalam pembelajaran. Menurut Thorne (dalam Sjukur, 2012: 370) blended learning adalah kesempatan untuk mengintegrasikan inovasi dan teknologi yang ditawarkan oleh pembelajaran daring dengan interaksi dan partisipasi pembelajaran konvensional. Kegiatan blended learning ditandai dengan menggabungkan pembelajaran konvensional dan daring. Penggabungan pembelajaran disesuikan dengan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai.

Pada hasil penelitian yang dilakukan oleh Wicaksono, dkk dengan judul “ Pembelajaran Blended Learning melalui Google Classroom di Sekolah Dasar” disimpulkan bahwa membuat siswa merasa nyaman dan aktif dalam mengonstruksi pengetahuannya. Hal senada juga dilakukan oleh Suhartono pada tahun 2016 dengan judul “Menggagas Pendekatan Blended Learning di Sekolah Dasar” bahwa blended learning dapat dilaksanakan di Sekolah Dasar yang telah memiliki perangkat komputer baik yang telah tersambung dengan internet atau belum. Hasil kedua penelitian tersebut dapat dimanfaatkan untuk menjadi lebih baik, bahwa blended learning dapat dilakukan dimana saja. Tidak harus menggunakan komputer sebagai prioritas selama pembelajaran daring.

"Beberapa pihak yang fokus mengembangkan sistem pendidikan secara daring antara lain Google Indonesia, Kelas Pintar, Microsoft, Quipper, Ruangguru, Sekolahmu, dan Zenius," pernyataan Kemendikbud pada 16 Maret 2020 lalu. Google Classroom adalah bagian dari G Suite for Education yang juga hadir dalam versi aplikasi seluler. Untuk menggunakannya, pengajar dan murid wajib memiliki akun Google agar saling terhubung. Selain itu, lantaran bagian dari G Suite, Google Classroom terikat bersama Drive, Calender, Form, Jamboard, Hangouts Meet, Docs, Sheets, Slide, termasuk Gmail. Layanan-layanan yang terdapat pada Google Classroom itu dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran. Google Classroom memungkinkan kegiatan belajar mengajar menjadi lebih produktif dan bermakna dengan menyederhanakan tugas, meningkatkan kolaborasi, dan membina komunikasi. Pengajar dapat membuat kelas, memberikan tugas, mengirim masukan, dan melihat semuanya di satu tempat (https://tirto.id/eG7S diakses pada hari Senin, tanggal 13 April 2020)

Guru dan siswa dapat mengunjungi situs https://classroom.google.com atau mengunduh aplikasi melalui playstore di android atau app store di iOS dengan kata kunci google classroom. Penggunaan aplikasi tersebut tanpa dipungut biaya, sehingga pemanfaatannya dapat dilakukan sesuai kebutuhan.

********

@rienaasmawibengkulu_150520

sumber :

https://tirto.id/eG7S

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Bagus bu, mantap. Salam literasi

16 May
Balas

Alhamdulillah...Terima kasih bu Salam literasi

16 May



search

New Post