Lukman Hakim

Teacher | CEO of Delta Pustaka Publishing | Chief Reviewer of Scientific Journal | Chief Reviewer of Learning Inovation Journal...

Selengkapnya
Navigasi Web
Mudahnya Bikin Laporan PD (disertai Contoh)

Mudahnya Bikin Laporan PD (disertai Contoh)

Salah satu bagian yang dinilai dalam PAK adalah Pengembangan Diri. Pengembangan diri merupakan unsur wajib yang harus terpenuhi. Penilaian pengembangan diri sebelum terbitnya PermenPANRB 16 2009, hanya menggunakan sertifikat/piagam, tetapi setelah terbitnya PermenPANRB 16 2009, penilaian pengembangan diri tidak hanyak menggunakan sertifikat saja, tetapi harus ada laporan pengembangan diri untuk setiap kegiatan.

Buku 4 Pedoman Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dijelaskan bahwa Pengembangan diri adalah upaya untuk meningkatkan profesionalisme diri agar memiliki kompetensi yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan atau kebijakan pendidikan nasional serta perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni. Kegiatan tersebut dilakukan melalui pendidikan dan pelatihan (diklat) fungsional dan teknis atau melalui kegiatan kolektif guru.

Laporan yang saya bahas disini adalah pengembangan diri berupa pendidikan dan latihan (diklat) fungsional. Sebenarnya membuat laporan PD berupa diklat sangatlah mudah, jika kita mengikuti diklat dengan serius dengan catatan singkat setiap materi. Diklat fungsional biasanya disertai petunjuk teknis kegiatan. Nah, petunjuk teknis inilah yang akan menjadi rujukan dalam membuat laporan.

Laporan yang akan saya bahas dalam artikel ini adalah laporan pendidikan dan latihan (Diklat). Buku 4 juga menjelaskan tentang sistematika penulisan laporan pengembangan diri. Laporan PD terdiri tiga bagian, yaitu bagian awal, bagian isi, dan bagian akhir.

Bagian awal terdiri dari: Memuat judul diklat yang diikuti, keterangan tentang kapan waktu pelaksanaan diklat, di mana kegiatan diklat diselenggarakan, tujuan dari penyelenggaraan diklat, lama waktu pelaksanaan diklat, surat penugasan, penyelenggara/pelaksana diklat, surat persetujuan dari kepala Sekolah/madrasah, serta fotokopi sertifikat atau keterangan dari pelaksana diklat.

Bagian isi terdiri dari: (a) Tujuan dan alasan mengikuti diklat/pengembangan diri yang dilakukan; (b) Deskripsi materi yang diberikan dalam diklat/pengembangan diri serta uraian kesesuaian dengan peningkatan keprofesian guru yang bersangkutan; (c) Tindak lanjut yang akan atau telah dilaksanakan oleh guru peserta diklat/pengembangan diri berdasarkan hasil dari mengikuti diklat tersebut; (d) Dampak terhadap peningkatan kompetensi guru dalam peningkatan mutu KBM dan peserta didikya; dan (e) Penutup.

Bagian penutup.

Contoh laporan PD dapat diundur di tautan berikut: http://bit.ly/laporanPD

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terimakasih , tulisan yg bermanfaat.

11 Jan
Balas

Terima kasih, Pak Hakim. Tulisan sangat bermanfaat bagi saya yang akan naik pangkat

12 Jan
Balas



search

New Post