Pamula Trisna Suri

Lulusan dari FIK UNY tahun 2009, lahir di Purworejo dan tumbuh besar di kota berhati nyaman, Yogyakarta. Merantau ke Pulau sumbawa selama kurang lebih li...

Selengkapnya
Navigasi Web
Domino Soal

Domino Soal

Selamat pagii...

Bulan November biasanya musim hujan mulai datang. Sebagai guru PJOK saya mengatur progam semester pada bulan ini belajara di dalam kelas. Pembelajaran di dalam kelas biasnya dikeluhkan oleh siswa, mereka cenderung senang bermain di lapangan.

Kali ini materi di dalam kelas saya kemas dengan sebuah permainan yaitu domino soal. Media ini saya buat untuk memudahkan siswa belajar dengan cara yang menyenangkan dan menantang mereka agar mencari tahu jawaban atas soal-soal yang mereka hadapi. Permainan ini sangat menarik sehingga dua jam pelajaran akan terasa lebih menyenangkan.

Domino soal saya buat dari kertas hvs yang di laminating (agar awet) dengan warna yang berbeda tiap materi, contohnya untuk permainan bola besar berwarna hijau, beladiri berwarna merah dan kebugaran berwarna kuning. Kartu yang disebut dengan domino dibuat dengan dua sisi, sisi kanan adalah soal dan sisi kiri adalah jawaban.

Cara permainan ini adalah dengan membagi siswa menjadi beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri dari 3-4 siswa. Setiap kelompok mendapatkan paket soal domino dan dibagi rata kepada masing-masing siswa. Urutan pemain bisa sesuai kesepakatan atau dengan diundi. Orang pertama meletakkan domino soal kemudian urutan selanjutnya mencari jawaban atas pertanyaan atau mencari pertanyaan atas jawaban.

Memainkan domino soal ini harus jeli karena setiap kartu berkaitan dengan kartu lainnya, jika soal atau jawaban yang diberikan salah maka akan merusak susunan domino dan harus diulang dari awal. Permainan ini selesai jika ujung kanan dan kiri bertemu antara soal dengan jawaban. Pemenangnya ada siswa yang menghasibakan kartu domino terlebih dahulu.

Lakukan permainan ini beberapa kali hingga semua soal dan jawaban yang ada dalam kartu soal sudah mereka kuasi. Padq akhir pertemuan bisa diambil kesimpulan dengan menanyakan beberapa soal untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa.

Selamat mencoba.

Salam Literasi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wow..ide yang luar biasa...semoga sehat dan sukses selalu...

14 Nov
Balas

Terimakasih mbak..

14 Nov

Luar biasa bu..

19 Feb
Balas



search

New Post