Pamula Trisna Suri

Lulusan dari FIK UNY tahun 2009, lahir di Purworejo dan tumbuh besar di kota berhati nyaman, Yogyakarta. Merantau ke Pulau sumbawa selama kurang lebih li...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pemanasan melalui permainan

Pemanasan melalui permainan

Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan merupakan salah satu pelajaran wajib yang harus diikuti seluruh siswa. Baik dari jenjang Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah Atas, bahkan dibeberapa perguruan tinggi mewajibkan mahasiswanya untuk mengambil mata kuliah olahraga.

Olahraga dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran jasmani seseorang. Melalui olahraga seorang guru melakukan pendidikan. Baik dari sikap, pengetahuan maupun keterampilan. Keterampilan siswa dapat dipantau melalui aktivitas di lapangan.

Sebelum beraktivitas, siswa hendaknya melakukan pergangan dan pemanasan yang berfungsi untuk melemaskan otot-otot dan menaikkan suhu tubuh. Pemanasan yang dilakukan biasanya dilakukan dengan lari keliling lapangan, akan tetapi kini telah berkembang menggunakan permainan.

Menurut beberapa penelitian tindakan kelas, pemanasan melalui permainan sangat efektif dilakukan. Seluruh siswa bergerak aktif dan merasa gembira melakukan aktivitas tersebut. Perasaan gembira yang siswa rasakan akan berpengaruh terhadap konsentrasi dan daya tangkap siswa untuk langkah selanjutnya.

Pemanasan yang digunakan sebaiknya mengarah kepada materi yang akan diajarkan. Permainan yang di lakukan pun tidak monoton atau itu-itu saja agar siswa tidak bosan. Guru hendaknya mempunyai inovasi permainan untuk mendukung proses pembelajaran yang efektif dan efisien.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Luar biasa.... Seneng rasanya bisa baca tulisannya

25 Oct
Balas

Hee, masih belajar bu...

26 Oct

Mantaffff Bun...pemanasan dalam setiap aktivitas akan membuat otot-otot tidak kaget dalam melakukan gerakan ya....Kapan balik ke Jogja nih?

24 Oct
Balas

Assalamualaikum bunda Pamula. Waah...menginspirasi banget. Betul bunda bilang, pemanasan yang bisa membuat anak-anak merasa gembira membuat materi pelajaran berikutnya jadi terasa mudah. Jazakillah khoir untuk inspirasinya, bunda. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

24 Oct
Balas

Saya pernah menulis di sini, Mengangkat permainan tradisional melalui pendidikan jasmani bu, bisa dikolaborasi ya..salam kenal

24 Oct
Balas

. Heheh.. Iya bu, permainan tradisional mulai luntur nih. Perlu dimunculkan kembal

24 Oct

Etul bunda, agar muncul semangat. Barakallah

24 Oct
Balas

Betul Bu..pemanasan penting supaya tidak terjadi salah gerak...Salam kenal .

24 Oct
Balas

Waah, senang sekali bisa berkenalan dgn ibu. Heheh.. Iya bu, permainan tradisional mulai luntur nih. Perlu dimunculkan kembali.

24 Oct
Balas



search

New Post